Efektivitas Strategi Pemasaran Bank Syariah dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Menggunakan Media Sosial Instagram (Studi pada Bank Syariah Indonesia Cab. Sengkang)
Rismawati/01.18.5121 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang efektivitas strategi pemasaran bank syariah
dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram (Studi pada
Bank Syariah Indonesia Cab. Sengkang). Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni. Menganalisis strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang
dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram. Serta
mengidentifikasi keefektifan penggunaan media sosial instagram dalam peningkatan
jumlah nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam
pengumpulan data yang dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa1) Strategi pemasaran Bank Syariah
Indonesia Cabang Sengkang dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media
sosial instagram meliputi penentukan segmen pasar yang dituju melalui media sosial
Instagram yakni dengan berdasarkan pada wiayah kerja yang menjadi target BSI
Cabang Sengkang, penentuan
harga produk
untuk mempertahankan atau
meningkatkan bagiannya dalam pasar serta menghadapi atau mencegah persaingan,
melakukan prospek kepada nasabah melalui media Sosial Instagram yakni dengan
membagikan iklan kepada setiap akun Instagram yang menjadi target, menciptakan
suatu produk yang dapat diterima oleh nasabah yang memenuhi standar BUMN; 2)
Media sosial instagram kurang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah pada
Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang, hal ini dibuktikan dengan kurangnya
keinginan dan ketertarikan masyarakat yang menjadi target terutama pada masyarakat
wajo karena pengetahuan mereka tentang media sosial masih minim terkecuali pada
kaum milenial yang serba modern, masyarakat cenderung memilih datang langsung
ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan dan memilih produk yang diinginkan
ketimbang melalui instagram. Selain itu kebanyakan aset, dan laba atau keuntungan
perusahaan dengan melakukan penjualan secara langsung melalui sosialisasi secara
door to door atau kunjungan kantor-kantor/instansi,pelakubisnis dan masyarakat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pokok masalah yang diteliti dalam skripsi ini dan kaitannya
dengan hasil penelitian dan pembahasan yang terdapat dalam bab IV, maka
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang dalam
peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram meliputi
penentukan segmen pasar yang dituju melalui media sosial Instagram yakni
dengan berdasarkan pada wiayah kerja yang menjadi target BSI Cabang
Sengkang, penentuan harga produk untuk mempertahankan atau
meningkatkan bagiannya dalam pasar serta menghadapi atau mencegah
persaingan, melakukan prospek kepada nasabah melalui media Sosial
Instagram yakni dengan membagikan iklan kepada setiap akun Instagram
yang menjadi target, menciptakan suatu produk yang dapat diterima oleh
nasabah yang memenuhi standar BUMN.
2. Media sosial instagram kurang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah
pada Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang, hal ini dibuktikan dengan
kurangnya keinginan dan ketertarikan masyarakat yang menjadi target
terutama pada masyarakat wajo karena pengetahuan mereka tentang media
sosial masih minim terkecuali pada kaum milenial yang serba modern,
masyarakat cenderung memilih datang langsung ke kantor cabang untuk
mendapatkan pelayanan dan memilih produk yang diinginkan ketimbang
melalui instagram. Selain itu kebanyakan aset, dan laba atau keuntungan
perusahaan dengan melakukan penjualan secara langsung melalui sosialisasi
secara door to door atau kunjungan kantor-kantor/instansi, pelaku bisnis dan
masyarakat.
B. Saran
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa strategi pemasaran
yang diterapkanmelalui media Instagram belum optimal. Oleh karenaitu, peneliti
memberikan saran sehingga kedepannya dapat lebih maksimal terhadap
peningkatan nasabah.
1. Penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang dilakukan oleh penulis,namun
tidak menutup kemungkinan akan ada penelitian selanjutnya yang
mengangkat tema yang sejenis ini.Jadi diharapkan ini menjadi acuan
penelitian yang lebih sempurna lagi kedepannya.
2. Guna lebih meningkatkan jumlah nasabah terhadap produk perbankan BSI
Cabang Sengkang, penulis menyarankan perlu mengemas kegiatan
pemasarannya secara terpadu melalui cara baik secara langsung maupun tidak
langsung.
dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram (Studi pada
Bank Syariah Indonesia Cab. Sengkang). Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini
yakni. Menganalisis strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang
dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram. Serta
mengidentifikasi keefektifan penggunaan media sosial instagram dalam peningkatan
jumlah nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam
pengumpulan data yang dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa1) Strategi pemasaran Bank Syariah
Indonesia Cabang Sengkang dalam peningkatan jumlah nasabah menggunakan media
sosial instagram meliputi penentukan segmen pasar yang dituju melalui media sosial
Instagram yakni dengan berdasarkan pada wiayah kerja yang menjadi target BSI
Cabang Sengkang, penentuan
harga produk
untuk mempertahankan atau
meningkatkan bagiannya dalam pasar serta menghadapi atau mencegah persaingan,
melakukan prospek kepada nasabah melalui media Sosial Instagram yakni dengan
membagikan iklan kepada setiap akun Instagram yang menjadi target, menciptakan
suatu produk yang dapat diterima oleh nasabah yang memenuhi standar BUMN; 2)
Media sosial instagram kurang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah pada
Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang, hal ini dibuktikan dengan kurangnya
keinginan dan ketertarikan masyarakat yang menjadi target terutama pada masyarakat
wajo karena pengetahuan mereka tentang media sosial masih minim terkecuali pada
kaum milenial yang serba modern, masyarakat cenderung memilih datang langsung
ke kantor cabang untuk mendapatkan pelayanan dan memilih produk yang diinginkan
ketimbang melalui instagram. Selain itu kebanyakan aset, dan laba atau keuntungan
perusahaan dengan melakukan penjualan secara langsung melalui sosialisasi secara
door to door atau kunjungan kantor-kantor/instansi,pelakubisnis dan masyarakat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan pokok masalah yang diteliti dalam skripsi ini dan kaitannya
dengan hasil penelitian dan pembahasan yang terdapat dalam bab IV, maka
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang dalam
peningkatan jumlah nasabah menggunakan media sosial instagram meliputi
penentukan segmen pasar yang dituju melalui media sosial Instagram yakni
dengan berdasarkan pada wiayah kerja yang menjadi target BSI Cabang
Sengkang, penentuan harga produk untuk mempertahankan atau
meningkatkan bagiannya dalam pasar serta menghadapi atau mencegah
persaingan, melakukan prospek kepada nasabah melalui media Sosial
Instagram yakni dengan membagikan iklan kepada setiap akun Instagram
yang menjadi target, menciptakan suatu produk yang dapat diterima oleh
nasabah yang memenuhi standar BUMN.
2. Media sosial instagram kurang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah
pada Bank Syariah Indonesia Cabang Sengkang, hal ini dibuktikan dengan
kurangnya keinginan dan ketertarikan masyarakat yang menjadi target
terutama pada masyarakat wajo karena pengetahuan mereka tentang media
sosial masih minim terkecuali pada kaum milenial yang serba modern,
masyarakat cenderung memilih datang langsung ke kantor cabang untuk
mendapatkan pelayanan dan memilih produk yang diinginkan ketimbang
melalui instagram. Selain itu kebanyakan aset, dan laba atau keuntungan
perusahaan dengan melakukan penjualan secara langsung melalui sosialisasi
secara door to door atau kunjungan kantor-kantor/instansi, pelaku bisnis dan
masyarakat.
B. Saran
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa strategi pemasaran
yang diterapkanmelalui media Instagram belum optimal. Oleh karenaitu, peneliti
memberikan saran sehingga kedepannya dapat lebih maksimal terhadap
peningkatan nasabah.
1. Penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang dilakukan oleh penulis,namun
tidak menutup kemungkinan akan ada penelitian selanjutnya yang
mengangkat tema yang sejenis ini.Jadi diharapkan ini menjadi acuan
penelitian yang lebih sempurna lagi kedepannya.
2. Guna lebih meningkatkan jumlah nasabah terhadap produk perbankan BSI
Cabang Sengkang, penulis menyarankan perlu mengemas kegiatan
pemasarannya secara terpadu melalui cara baik secara langsung maupun tidak
langsung.
Ketersediaan
| SFEBI20220080 | 80/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
80/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
