Urgensi Pemberian Hukuman Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Smp Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone
Juliani/02.18.1131 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pemberian hukuman dalam pembinaan
akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni, bagaimana urgensi pemberian hukuman dalam pembinaan
akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone? Serta bagaimana bentuk
hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten
Bone? Serta bagaimana dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa
SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone?.Untuk memudahkan pemecahan masalah,
digunakan metode penelitian lapangan (Field Research), melakukan pendekatan
pendagogik, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik Wawancara
terstruktur, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
Display data dan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama urgensi pemberian
hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre yaitu sudah
terlaksana dengan baik dengan adanya pemberian hukuman bertujuan untuk
menjadikan siswa terarah pada hal kebaikan, sehingga metode ini bisa digunakan
sebagai alat pendidikan afektif yang dapat membawah perubahan pada siswa untuk
menjadi lebih baik. Kedua bentuk hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa
SMP Negeri 1 Ponre yaitu sudah terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya
dengan menggunakan bentuk-bentuk hukuman yang bersifat mendidik serta efektif
seperti pemberian nasehat, membersihkan sampah, push up dan menghafal ayat.
Adanya bentuk hukuman tersebut dapat lihat bahwa adanya perubahan sikap siswa
terhadap guru serta dapat menunjang nilai/prestasi siswa menjadi lebih tinggi. Ketiga
dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre yaitu
cukup positif karena siswa bisa menjadi lebih baik atau patuh terhadap peraturan dan
meningkatkan perstasinya dan dapat menumbuhkan akhlak yang baik atau terpuji
pada diri siswa itu sendiri. Adapun pengaruhnya terhadap perkembangan akhlak
siswa, yaitu bisa menjadi lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Urgensi pemberian hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP
Negeri 1 Ponre Kabupaten bone yaitu sudah terlaksana dengan baik dengan
melibatkan semua pihak diantaranya tenaga pengajar, guru bimbingan
konseling (BK) sehingga siswa menjadi lebih baik karna adanya metode ini
sebagai alat pendidikan afektif yang dapat membawah perubahan pada siswa
untuk menjadi lebih baik.
2. Bentuk hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre
Kabupaten bone yaitu bahwa hukuman yang diberikan kepada siswa yaitu
bersifat mendidik serta efektif seperti pemberian nasehat, membersihkan
sampah, push up dan menghafal ayat. Adanya bentuk hukuman tersebut sangat
baik karna dapat lihat bahwa adanya perubahan sikap siswa terhadap guru serta
dapat menunjang nilai/prestasi siswa menjadi lebih tinggi.
3. Dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre
Kabupaten Bone yaituberjalan secara efektif dan baik karena siswa bisa
menjadi lebih baik atau patuh terhadap peraturan yang berlaku serta
meningkatkan perstasinya dan dapat menumbuhkan akhlak yang baik atau
terpuji pada diri siswa itu sendiri. Adapun pengaruhnya terhadap perkembangan
akhlak siswa, yaitu siswa bisa menjadi lebih baik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru agar dapat memberikan hukuman
sebaik mungkin yang dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi
siswa.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap memberikan semangat dan
dukungan kepada siswa untuk berakhlak terpuji baik dalam lingkungan sekolah,
keluarga maupun masyarakat.
akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone. Hal penting yang dikaji
dalam skripsi ini yakni, bagaimana urgensi pemberian hukuman dalam pembinaan
akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone? Serta bagaimana bentuk
hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten
Bone? Serta bagaimana dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa
SMP Negeri 1 Ponre Kabupaten Bone?.Untuk memudahkan pemecahan masalah,
digunakan metode penelitian lapangan (Field Research), melakukan pendekatan
pendagogik, psikologis dan sosiologis dengan menggunakan teknik Wawancara
terstruktur, Observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
Display data dan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama urgensi pemberian
hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre yaitu sudah
terlaksana dengan baik dengan adanya pemberian hukuman bertujuan untuk
menjadikan siswa terarah pada hal kebaikan, sehingga metode ini bisa digunakan
sebagai alat pendidikan afektif yang dapat membawah perubahan pada siswa untuk
menjadi lebih baik. Kedua bentuk hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa
SMP Negeri 1 Ponre yaitu sudah terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya
dengan menggunakan bentuk-bentuk hukuman yang bersifat mendidik serta efektif
seperti pemberian nasehat, membersihkan sampah, push up dan menghafal ayat.
Adanya bentuk hukuman tersebut dapat lihat bahwa adanya perubahan sikap siswa
terhadap guru serta dapat menunjang nilai/prestasi siswa menjadi lebih tinggi. Ketiga
dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre yaitu
cukup positif karena siswa bisa menjadi lebih baik atau patuh terhadap peraturan dan
meningkatkan perstasinya dan dapat menumbuhkan akhlak yang baik atau terpuji
pada diri siswa itu sendiri. Adapun pengaruhnya terhadap perkembangan akhlak
siswa, yaitu bisa menjadi lebih baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Urgensi pemberian hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP
Negeri 1 Ponre Kabupaten bone yaitu sudah terlaksana dengan baik dengan
melibatkan semua pihak diantaranya tenaga pengajar, guru bimbingan
konseling (BK) sehingga siswa menjadi lebih baik karna adanya metode ini
sebagai alat pendidikan afektif yang dapat membawah perubahan pada siswa
untuk menjadi lebih baik.
2. Bentuk hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre
Kabupaten bone yaitu bahwa hukuman yang diberikan kepada siswa yaitu
bersifat mendidik serta efektif seperti pemberian nasehat, membersihkan
sampah, push up dan menghafal ayat. Adanya bentuk hukuman tersebut sangat
baik karna dapat lihat bahwa adanya perubahan sikap siswa terhadap guru serta
dapat menunjang nilai/prestasi siswa menjadi lebih tinggi.
3. Dampak hukuman dalam pembinaan akhlak terpuji siswa SMP Negeri 1 Ponre
Kabupaten Bone yaituberjalan secara efektif dan baik karena siswa bisa
menjadi lebih baik atau patuh terhadap peraturan yang berlaku serta
meningkatkan perstasinya dan dapat menumbuhkan akhlak yang baik atau
terpuji pada diri siswa itu sendiri. Adapun pengaruhnya terhadap perkembangan
akhlak siswa, yaitu siswa bisa menjadi lebih baik.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala sekolah dan guru agar dapat memberikan hukuman
sebaik mungkin yang dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi
siswa.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap memberikan semangat dan
dukungan kepada siswa untuk berakhlak terpuji baik dalam lingkungan sekolah,
keluarga maupun masyarakat.
Ketersediaan
| STAR20220076 | 76/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
76/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
