Pengaruh Inovasi Terhadap Peningkatan Pendapatan Melaui Mediasi Hasil Produksi Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Petani Jagung Di Kel. Pompanua Kec. Ajangale)
Nurul Fadilah/01.16.3139 - Personal Name
A. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil perhitungan analisis yang telah dipaparkan pada bab IV
maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
3. Inovasi berpengaruh terhadap hasil produksi pada petani jagung di Kel. Pompanua
Kec. Ajangale. Hasil produksi akan meningkat jika dilakukan inovasi-inovasi yang
dapat meningkatkan hasil produksi.
4. Inovasi berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan penadapatan pada
petani jagung di Kel. Pompanua Kec. Ajangale. Semakin meningkat atau semakin
baik inovasi yang dilakukan maka akan meningkatkan pendapatan dari inovasi
tersebut.
5. Hasil produksi berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pada petani jagung
di Kel. Pompanua Kec. Ajangale. Semakin besar jumlah produksipada setiap
panen dapat meningkatkan jumlah pendapatan petani jagung.
6. Inovasi secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan
melaui hasil produksi sebagai mediasi pada petani jagung di Kel. Pompanua Kec.
Ajangale. Semakin meningkat atau perkembang inovasi yang dilakukan dengan
peningkatan hasil produksi dapat meningkatkan jumlah pendapatan petani jagung.
58
B. IMPLIKASI
Diharapkan masyarakat khususnya petani jagung di Kel. Pompanua Kec.
Ajangale selaku pengelola usaha tersebut agar dapat semakin meningkatkan inovasi
pada produk yang hasilkan karena semakin menarik produk akan membuat peluang
besar untuk menarik lebih banyak konsumen dalam pertumbuhan penjualan. Membuka
gerai atau toko di wilayah yang berbeda. Ini adalah salah satu dari strategi pemasaran
agar konsumen yang tertarik dengan produk yang dipasarkan tidak hanya datang di satu
tempat saja melainkan terdapat juga konsumen lain yang datang pada gerai toko yang
berbeda. Selain itu cara ini juga mempermudah untuk menjangkau konsumen di sudut
yang berbeda dan diharapkan dapat manarik konsumen lebih banyak. Menggunakan
teknologi baru sebagai pendukung sarana produksi gerabah yang lebih inovatif dan
efisien. Memperkenalakan produknya melalui publikasi majalah properti dan koran
agar konsumen dapat lebih mengenal perusahaan tersebut.
Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan variabel lain yang
berpengaruh terhadap variabel peningkatan pendapatan, misalnya seperti keandalan
tenaga penjualan dan kepercayaan pada tenaga penjualan. Peneliti selanjutnya juga
dapat meneliti variabel dependen yang lain misalnya seperti keunggulan kompetitif.
Hal ini dilakukan agar penelitian selanjutnya dapat memberikan manfaat dengan sudut
pandang yang berbeda terhadap masyarakat.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis yang telah dipaparkan pada bab IV
maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
3. Inovasi berpengaruh terhadap hasil produksi pada petani jagung di Kel. Pompanua
Kec. Ajangale. Hasil produksi akan meningkat jika dilakukan inovasi-inovasi yang
dapat meningkatkan hasil produksi.
4. Inovasi berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan penadapatan pada
petani jagung di Kel. Pompanua Kec. Ajangale. Semakin meningkat atau semakin
baik inovasi yang dilakukan maka akan meningkatkan pendapatan dari inovasi
tersebut.
5. Hasil produksi berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pada petani jagung
di Kel. Pompanua Kec. Ajangale. Semakin besar jumlah produksipada setiap
panen dapat meningkatkan jumlah pendapatan petani jagung.
6. Inovasi secara tidak langsung berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan
melaui hasil produksi sebagai mediasi pada petani jagung di Kel. Pompanua Kec.
Ajangale. Semakin meningkat atau perkembang inovasi yang dilakukan dengan
peningkatan hasil produksi dapat meningkatkan jumlah pendapatan petani jagung.
58
B. IMPLIKASI
Diharapkan masyarakat khususnya petani jagung di Kel. Pompanua Kec.
Ajangale selaku pengelola usaha tersebut agar dapat semakin meningkatkan inovasi
pada produk yang hasilkan karena semakin menarik produk akan membuat peluang
besar untuk menarik lebih banyak konsumen dalam pertumbuhan penjualan. Membuka
gerai atau toko di wilayah yang berbeda. Ini adalah salah satu dari strategi pemasaran
agar konsumen yang tertarik dengan produk yang dipasarkan tidak hanya datang di satu
tempat saja melainkan terdapat juga konsumen lain yang datang pada gerai toko yang
berbeda. Selain itu cara ini juga mempermudah untuk menjangkau konsumen di sudut
yang berbeda dan diharapkan dapat manarik konsumen lebih banyak. Menggunakan
teknologi baru sebagai pendukung sarana produksi gerabah yang lebih inovatif dan
efisien. Memperkenalakan produknya melalui publikasi majalah properti dan koran
agar konsumen dapat lebih mengenal perusahaan tersebut.
Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti dengan variabel lain yang
berpengaruh terhadap variabel peningkatan pendapatan, misalnya seperti keandalan
tenaga penjualan dan kepercayaan pada tenaga penjualan. Peneliti selanjutnya juga
dapat meneliti variabel dependen yang lain misalnya seperti keunggulan kompetitif.
Hal ini dilakukan agar penelitian selanjutnya dapat memberikan manfaat dengan sudut
pandang yang berbeda terhadap masyarakat.
Ketersediaan
| SFEBI20200167 | 167/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
167/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
