Efektivitas Kinerja Karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Ditengah Wabah Covid-19
A. Halidah/01.18.5095 - Personal Name
Efektivitas kinerja karyawan juga merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan oleh
suatu lembaga keuangan, karena kinerja telah menjadi konsep penting dalam berbagai
pembahasan, khususnya dalam mendorong keberhasilan organisasi. Kinerja yang
tinggi sebagai suatu langkah untuk menuju pada proses tercapainya tujuan organisasi.
Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk meneliti mengenai efektivitas kinerja
karyawan dalam meningkatkan kepusan dan loyalitas nasabah di tengah wabah covid-
19, yang bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman
ditengah wabah covid-19 serta mengetahui efektivitas kinerja karyawan BSI KCP
Sengkang Sudirman dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah ditengah
wabah covid-19.
Berdasarka tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
menggambarkan realitas yang komplek dan memperoleh pemahaman makna daripada
generalisasi kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik ini
digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil
observasi, wawancara maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di BSI
KCP Sengkang Sudirman. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja
karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah covid-19, bahwa kinerja
karyawan pada beberapa indikator penilaian yaitu kualitas, produktivitas, serta
tanggung jawab, masuk pada kategori sudah terlaksana dengan baik. Covid-19 hanya
memberikan pengaruh pada keterbatasan interaksi antara karyawan dengan nasabah
juga sesama karyawan. 2) Efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan
kepuasan dan loyalitas nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah Covid-
19, masuk pada kategori kinerja karyawan sudah berjalan dengan efektif dengan
respon nasabah yang sudah merasa sangat puas, terhadap kinerja karyawan BSI KCP
Sengkang Sudirman. Menciptakan loyalitas nasabah, ada dua aspek pendukung yang
digunakan, yaitu (1) kualitas pelayanan, (2) perlakuan karyawan dan kedua aspek
tersebut telah dijalankan dengan baik, sedangkan covid-19 tidak memberikan dampak
yang besar bagi karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman dalam memberikan kinerja
yang efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengolahan data dan pembahasan
mengenai permasalahan Efektivitas kinerja karyawan BSI KCP Sengkang
Sudirman dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah ditengah wabah
covid-19 dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Kinerja karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah covid-19
menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada beberapa indicator penilaian
yaitu kualitas, produktivitas, serta tanggung jawab, masuk pada kategori
sudah terlaksana dengan baik. Kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan
sudah didapatkan dan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
memberikan hasil yang sesuai dengan target dan tujuan yang diharapkan,
serta sudah memenuhi kewajibannya sebagai karyawan, menjalankan
tanggung jawabnya dengan baik, dan menjalankan sesuai dengan instruksi
yang diberikan. Covid-19 hanya memberikan pengaruh pada keterbatasan
interaksi antara karyawan dengan nasabah juga sesama karyawan.
2. Efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas
nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah Covid-19, dengan
menjadikan kepuasan dan loyalitas nasabah sebagai tolak ukur tercapainya
dan syarat tercapainya tujuan, yang dima kinerja karyawan menujukkan
masuk pada kategori kinerja karyawan sudah berjalan dengan efektif dengan
respon nasabah yang sudah merasa sangat puas, terhadap kinerja karyawan
BSI KCP Sengkang Sudirman. Dalam menciptakan loyalitas nasabah terdapat
dua aspek pendukung dalam meningkatkan loyalitas nasabah, diantaranya (1)
kualitas pelayanan, (2) perlakuan karyawan. Dari kedua aspek itu karyawan
BSI KCP Sengkang sudirman telah menjalankan dengan baik sehingga
membuat nasabah merasa nyaman dan senang karena mendapatkan
pelayanan yang memuaskan yang membuat nasabah menjadi loyal terhadap
BSI KCP Sengkang Sudirman. Walaupun sejatinya masih berada di tengah-
tengah wabah covid-19 tapi hal tersebut tidak memberikan dampak yang
besar bagi karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman dalam memberikan
kinerja yang efektif.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan implikasi
kepada BSI KCP Sengkang sudirman dan juga untuk peneliti selanjutnya yang
berisikan saran-saran yang sesuia dengan penelitian ini. Bagi pihak BSI KCP
Sengkang Sudirman pada penilitian dapat diharapkan dapat mempertahan apa
yang telah dicapai dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya, memberikan
pelayanan yang berkualitas agar nasabah yang menggunakan jasa BSI KCP
Sengkang Sudirman dapat meningkat secara efektif.
Kemudian bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi khususnya bagi pihak-pihak yang meneliti dengan kajian yang
sama yaitu efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan kepuasan dan
loyalitas nasabah
suatu lembaga keuangan, karena kinerja telah menjadi konsep penting dalam berbagai
pembahasan, khususnya dalam mendorong keberhasilan organisasi. Kinerja yang
tinggi sebagai suatu langkah untuk menuju pada proses tercapainya tujuan organisasi.
Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk meneliti mengenai efektivitas kinerja
karyawan dalam meningkatkan kepusan dan loyalitas nasabah di tengah wabah covid-
19, yang bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman
ditengah wabah covid-19 serta mengetahui efektivitas kinerja karyawan BSI KCP
Sengkang Sudirman dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah ditengah
wabah covid-19.
Berdasarka tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan jenis penelitian
lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang
menggambarkan realitas yang komplek dan memperoleh pemahaman makna daripada
generalisasi kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik ini
digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil
observasi, wawancara maupun dokumentasi selama melakukan penelitian di BSI
KCP Sengkang Sudirman. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja
karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah covid-19, bahwa kinerja
karyawan pada beberapa indikator penilaian yaitu kualitas, produktivitas, serta
tanggung jawab, masuk pada kategori sudah terlaksana dengan baik. Covid-19 hanya
memberikan pengaruh pada keterbatasan interaksi antara karyawan dengan nasabah
juga sesama karyawan. 2) Efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan
kepuasan dan loyalitas nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah Covid-
19, masuk pada kategori kinerja karyawan sudah berjalan dengan efektif dengan
respon nasabah yang sudah merasa sangat puas, terhadap kinerja karyawan BSI KCP
Sengkang Sudirman. Menciptakan loyalitas nasabah, ada dua aspek pendukung yang
digunakan, yaitu (1) kualitas pelayanan, (2) perlakuan karyawan dan kedua aspek
tersebut telah dijalankan dengan baik, sedangkan covid-19 tidak memberikan dampak
yang besar bagi karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman dalam memberikan kinerja
yang efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengolahan data dan pembahasan
mengenai permasalahan Efektivitas kinerja karyawan BSI KCP Sengkang
Sudirman dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah ditengah wabah
covid-19 dapat ditarik kesimpulan bahwa :
1. Kinerja karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah covid-19
menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada beberapa indicator penilaian
yaitu kualitas, produktivitas, serta tanggung jawab, masuk pada kategori
sudah terlaksana dengan baik. Kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan
sudah didapatkan dan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan
memberikan hasil yang sesuai dengan target dan tujuan yang diharapkan,
serta sudah memenuhi kewajibannya sebagai karyawan, menjalankan
tanggung jawabnya dengan baik, dan menjalankan sesuai dengan instruksi
yang diberikan. Covid-19 hanya memberikan pengaruh pada keterbatasan
interaksi antara karyawan dengan nasabah juga sesama karyawan.
2. Efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas
nasabah BSI KCP Sengkang Sudirman ditengah wabah Covid-19, dengan
menjadikan kepuasan dan loyalitas nasabah sebagai tolak ukur tercapainya
dan syarat tercapainya tujuan, yang dima kinerja karyawan menujukkan
masuk pada kategori kinerja karyawan sudah berjalan dengan efektif dengan
respon nasabah yang sudah merasa sangat puas, terhadap kinerja karyawan
BSI KCP Sengkang Sudirman. Dalam menciptakan loyalitas nasabah terdapat
dua aspek pendukung dalam meningkatkan loyalitas nasabah, diantaranya (1)
kualitas pelayanan, (2) perlakuan karyawan. Dari kedua aspek itu karyawan
BSI KCP Sengkang sudirman telah menjalankan dengan baik sehingga
membuat nasabah merasa nyaman dan senang karena mendapatkan
pelayanan yang memuaskan yang membuat nasabah menjadi loyal terhadap
BSI KCP Sengkang Sudirman. Walaupun sejatinya masih berada di tengah-
tengah wabah covid-19 tapi hal tersebut tidak memberikan dampak yang
besar bagi karyawan BSI KCP Sengkang Sudirman dalam memberikan
kinerja yang efektif.
B. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan implikasi
kepada BSI KCP Sengkang sudirman dan juga untuk peneliti selanjutnya yang
berisikan saran-saran yang sesuia dengan penelitian ini. Bagi pihak BSI KCP
Sengkang Sudirman pada penilitian dapat diharapkan dapat mempertahan apa
yang telah dicapai dan lebih meningkatkan lagi kinerjanya, memberikan
pelayanan yang berkualitas agar nasabah yang menggunakan jasa BSI KCP
Sengkang Sudirman dapat meningkat secara efektif.
Kemudian bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat
menjadi referensi khususnya bagi pihak-pihak yang meneliti dengan kajian yang
sama yaitu efektivitas kinerja karyawan dalam meningkatkan kepuasan dan
loyalitas nasabah
Ketersediaan
| SFEBI20220152. | 152/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
152/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
