Penerapan Metode Permainan Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Bugis Siswa Di MI Miftahul Jannah Kab. Bone
Elda Alifda/02.18.5083 - Personal Name
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode permainan kartu
dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian Pre eksperimental design dengan desain One
Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Tes
digunakan untuk memperoleh data kemampuan membaca aksara lontara Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone. Kemudian dilakukan analisis
data menggunakan analisis statistic deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar
siswa dan analisis statistic inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan, penerapan metode permainan kartu dapat
meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siwa Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Jannah Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari nilai pre-test kemampuan
membaca siswa yaitu 52,83 setelah penerapan metode permainan kartu mengalami
peningkatan sebesar 76,67 pada post-tes. Selain itu, berdasarkan kemampuan
ketuntasan belajar siswa diperoleh prestasi ketuntasan sebesar 17% yang mencapai
KKM pada pre-test meningkat menjadi 83% yang mencapai KKM pada post-test.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
Penerapan metode permaianan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara Bugis siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Bone. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji Paired Samples Test
dengan menggunakan pengolah data melalui Statistical Packaged for Sosial Science
24, diperoleh t = 5,823 dan df = 11. Pada tabel distribusi t tabel diperoleh pula nilai t
0,05:11 = 2,201 karena t = 5,823 > t 0,05:11 = 2,201 maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Dapat juga dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk Post-Test mencapai 76,67,
sedangkan nilai rata-rata untuk Pre-Test mencapai 52,83 dengan kriteria ketuntasan
minimal pada mata pelajaran bahasa daerah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Bone mencapai 70 KKM.
B. Saran
Berdasarkan hasil temuan penelitian, maka penulis ingin memberikan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara
Bugis siswa dalam pembelajaran bahasa daerah menggunakan metode
permainan kartu huruf.
2. Penelitian ini hanya dilakukan di kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Boen pelajaran bahasa daerah dengan materi penguasaan
ana’sure’ dan indo’sure’. Penulis berharap untuk penelitian lebih lanjut dapat
dilakukan dalam kelas maupun jenjang lainnya.
3. Harapan penulis semoga skripsi ini dapat digunakan sebagai acuan dalam
melaksanakan pembelajaran yang akan datang.
dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian Pre eksperimental design dengan desain One
Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Tes
digunakan untuk memperoleh data kemampuan membaca aksara lontara Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah Kabupaten Bone. Kemudian dilakukan analisis
data menggunakan analisis statistic deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar
siswa dan analisis statistic inferensial untuk menguji hipotesis melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan, penerapan metode permainan kartu dapat
meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siwa Madrasah Ibtidaiyah
Miftahul Jannah Kabupaten Bone. Hal ini dapat dilihat dari nilai pre-test kemampuan
membaca siswa yaitu 52,83 setelah penerapan metode permainan kartu mengalami
peningkatan sebesar 76,67 pada post-tes. Selain itu, berdasarkan kemampuan
ketuntasan belajar siswa diperoleh prestasi ketuntasan sebesar 17% yang mencapai
KKM pada pre-test meningkat menjadi 83% yang mencapai KKM pada post-test.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa:
Penerapan metode permaianan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan
membaca aksara lontara Bugis siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Bone. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji Paired Samples Test
dengan menggunakan pengolah data melalui Statistical Packaged for Sosial Science
24, diperoleh t = 5,823 dan df = 11. Pada tabel distribusi t tabel diperoleh pula nilai t
0,05:11 = 2,201 karena t = 5,823 > t 0,05:11 = 2,201 maka H1 diterima dan H0 ditolak.
Dapat juga dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk Post-Test mencapai 76,67,
sedangkan nilai rata-rata untuk Pre-Test mencapai 52,83 dengan kriteria ketuntasan
minimal pada mata pelajaran bahasa daerah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Bone mencapai 70 KKM.
B. Saran
Berdasarkan hasil temuan penelitian, maka penulis ingin memberikan
beberapa saran sebagai berikut:
1. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara
Bugis siswa dalam pembelajaran bahasa daerah menggunakan metode
permainan kartu huruf.
2. Penelitian ini hanya dilakukan di kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Miftahul
Jannah Kabupaten Boen pelajaran bahasa daerah dengan materi penguasaan
ana’sure’ dan indo’sure’. Penulis berharap untuk penelitian lebih lanjut dapat
dilakukan dalam kelas maupun jenjang lainnya.
3. Harapan penulis semoga skripsi ini dapat digunakan sebagai acuan dalam
melaksanakan pembelajaran yang akan datang.
Ketersediaan
| STAR20220201 | 201/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
201/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
