Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Deposito Mud}a>rabah (Studi Pada PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang)
Risma/01.12.3108 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan
Volume Deposito Mud}a>rabah (Studi Pada PT Bank Sulselbar Cabang Syariah
Sengkang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah
Sengkang dan untuk mengetahui Untuk mengetahui mekanisme pengelolaan
Deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang, Kegunaan
penelitian ini, secara teoritis yaitu sebagai pengembangan keilmuan dan sebagai
panduan bagi marketing dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan
volume deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini
menggunakan metode obeservasi, wawancara, dokumentasi, dalam mengumpulkan
data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume deposito mud}a>rabah adalah melakukan funding, melakukan
promosi dengan cara menyebar brosur atau langsung kepada masyarakat,
berpartisipasi dalam acara-acara pameran sebagai salah satu bentuk promosi,
melakukan komunikasi secara aktif kepada nasabah, meningkatkan kualitas produk
deposito mud}a>rabah, pemberian hadiah, sovenir, dan cenderamata kepada nasabah
deposito mud}a>rabah, memasang sepanduk dan mekanisme pengelolaan deposito
mud}a>rabah yaitu perhitungan bagi hasilnya yaitu 53% untuk nasabah dan 47%
untuk Bank dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Deposito mud}a>rabah
di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang dilakukan dengan cara
pihak bank giat mempromosikan produk-produk yang ada pada PT Bank
Sulselbar Cabang Syariah Sengkang, meningkatkan kualitas produk, dan
komunikasi aktif kepada nasabah khususnya produk deposito mud}a>rabah.
Strategi pemasaran yang efektif digunakan dalam hal menyebar brosur
kepada masyarakat, membuat spanduk, door to door, dan mengikuti ajang
pameran. Selain itu, pihak bank juga melakukan promosi keluar kota
sengkang sehingga produk deposito mud}a>rabah diminati juga oleh
masyarakat diluar Kota Sengkang.
2. Mekanisme pengelolaan deposito mud}a>rabah pada PT Bank Sulselbar
Cabang Syariah Sengkang ialah melakukan funding (penghimpunan dana)
dan mempromosikan produk deposito mud}a>rabah kepada masyarakat.
Pengelolaan deposito mud}a>rabah didasarkan pada bagi hasil yang telah
disepakati antara pihak bank dan nasabah. Perhitungan bagi hasilnya yaitu
53% untuk nasabah dan 47% untuk bank. Kemudian memberika pelayanan
terbaik kepada nasabah deposito mud}a>rabah.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang sebaiknya lebih giat
mempromosikan produk deposito mud}a>rabah agar lebih banyak
masyarakat yang tertarik pada produk tersebut.
2. PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang sebaiknya memberikan
pelayanan yang terbaik pada nasabah.
Volume Deposito Mud}a>rabah (Studi Pada PT Bank Sulselbar Cabang Syariah
Sengkang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah
Sengkang dan untuk mengetahui Untuk mengetahui mekanisme pengelolaan
Deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang, Kegunaan
penelitian ini, secara teoritis yaitu sebagai pengembangan keilmuan dan sebagai
panduan bagi marketing dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan
volume deposito mud}a>rabah di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang.
Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini
menggunakan metode obeservasi, wawancara, dokumentasi, dalam mengumpulkan
data yang diperlukan. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume deposito mud}a>rabah adalah melakukan funding, melakukan
promosi dengan cara menyebar brosur atau langsung kepada masyarakat,
berpartisipasi dalam acara-acara pameran sebagai salah satu bentuk promosi,
melakukan komunikasi secara aktif kepada nasabah, meningkatkan kualitas produk
deposito mud}a>rabah, pemberian hadiah, sovenir, dan cenderamata kepada nasabah
deposito mud}a>rabah, memasang sepanduk dan mekanisme pengelolaan deposito
mud}a>rabah yaitu perhitungan bagi hasilnya yaitu 53% untuk nasabah dan 47%
untuk Bank dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Deposito mud}a>rabah
di PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang dilakukan dengan cara
pihak bank giat mempromosikan produk-produk yang ada pada PT Bank
Sulselbar Cabang Syariah Sengkang, meningkatkan kualitas produk, dan
komunikasi aktif kepada nasabah khususnya produk deposito mud}a>rabah.
Strategi pemasaran yang efektif digunakan dalam hal menyebar brosur
kepada masyarakat, membuat spanduk, door to door, dan mengikuti ajang
pameran. Selain itu, pihak bank juga melakukan promosi keluar kota
sengkang sehingga produk deposito mud}a>rabah diminati juga oleh
masyarakat diluar Kota Sengkang.
2. Mekanisme pengelolaan deposito mud}a>rabah pada PT Bank Sulselbar
Cabang Syariah Sengkang ialah melakukan funding (penghimpunan dana)
dan mempromosikan produk deposito mud}a>rabah kepada masyarakat.
Pengelolaan deposito mud}a>rabah didasarkan pada bagi hasil yang telah
disepakati antara pihak bank dan nasabah. Perhitungan bagi hasilnya yaitu
53% untuk nasabah dan 47% untuk bank. Kemudian memberika pelayanan
terbaik kepada nasabah deposito mud}a>rabah.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang sebaiknya lebih giat
mempromosikan produk deposito mud}a>rabah agar lebih banyak
masyarakat yang tertarik pada produk tersebut.
2. PT Bank Sulselbar Cabang Syariah Sengkang sebaiknya memberikan
pelayanan yang terbaik pada nasabah.
Ketersediaan
| SSYA20160175 | 175/2016 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
175/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Syariah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
