Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN 2 Bone
Syaripurwati/02.14.5040 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru terhadap Prestasi
Belajar Siswa di MIN 2 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-
bentuk kreativitas mengajar guru di MIN 2 Bone dan untuk memaparkan pengaruh
kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di MIN 2 Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis dan menggunakan
instrument pedoman observasi dalam bentuk daftar check list, dokumentasi dengan
menggunakan alat seperti kamera untuk mengambil gambar, melakukan wawancara
dengan mengajukan pertanyaan, dan menyebarkan angket dengan daftar kertas
pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa MIN 2 Bone yang berjumlah 83 orang siswa dan guru 15 orang. Kemudian
ditarik sampel dengan teknik stratified dan random, sehingga yang menjadi sampel
penelitian berjumlah 24 siswa dan 6 orang guru.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu guru di MIN 2 Bone adalah guru
yang memiliki kreativitas yang baik dan mempengaruhi siswa ditandai dengan
semangat dan prestasi belajar siswa memuaskan,serta guru menggunakan berbagai
media dan metode seperti media gambar, dan hal tersebut dapat dibuktikan dari uji
statistik dengan jumlah persentase dalam kategori tinggi sebesar 2,6041%, dari hasil
persentase tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh kreativitas mengajar guru
terhadap prestasi belajar siswa benar adanya atau sangat terpengaruh, dan selain itu,
guru juga melakukan evaluasi dan remedial sehingga dapat melatih siswa seutuhnya.
Dari penelitian yang diperoleh penulis, sangat dapat membantu penulis
untuk mengetahui sejauh mana kreativitas seorang guru dalam mengajar dan sejauh
mana prestasi belajar siswa pada saat belajar. Maka dari itu perlu tetap dikembangkan
kreativitas para guru di MIN 2 Bone agar dapat menjadikan siswanya bisa berkreasi
sebaik mungkin sehingga prestasi yang dimiliki seorang siswa dapat meningkat.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka penulis akan mengemukakan
beberapa pokok pikiran yang dituangkan dalam bentuk simpulan sebagai berikut:
1. Kreativitas seorang guru dapat menjadikan anak didik (siswa) kreatif
dalam segala sesuatu, dan dapat menjadikan siswa semangat dan mampu
dalam belajar, selain itu juga, dapat menjadikan siswa bermutu. Para
guru di MIN 2 Bone menggunakan media gambar dalam mengajar,
mereka mengatakan dalam proses pembelajaran para guru menggunakan
media gambar seperti gambar kartun lalu diperlihatkan lewat kertas
pajangan atau lewat power point. Selain itu para guru menciptakan
suasana kelas yang efektif dan kondusif dengan cara berusaha
menjadikan siswa agar bisa berinteraksi antar sesama teman dan
membentuk suasana kelas dalam bentuk kelompok. Dari kreativitas yang
ada pada diri seorang guru tentunya ada faktor yang mempengaruhi
yaitu faktor internal dan eksternal seperti kurang semangatnya siswa
menerima materi yang diajarkan. Dari faktor tersebut dapat membantu
siswa dalam mencegah kemalasan dalam belajar, salah satu cara
menghadapi siswa yang malas dalam belajar dapat dengan mendekati
siswa secara halus lalu tidak membeda bedakan siswa, berusaha
memperhatikan siswa tersebut ketika mengajar. Dengan kreativitas
seorang guru, guru dapat lebih mudah mengatasi siswa yang pandai dan
kurang pandai dalam proses pembelajaran Dengan cara membentuk
kelompok dan mengatur meja dalam bentuk berkelompok, dan
memberikan bimbingan khusus pada siswa yang kurang pandai.
2. Pengaruh kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar, sangatlah
berpengaruh yang telah dibuktikan dari hasil penelitian ini dengan
memberikan angket pada siswa untuk dijadikan sebagai ukuran
bagaimana pengaruh kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar
siswa, dan hal tersebut dapat dilihat dari uji statistik dari berbagai
tabulasi pada tabel dengan jumlah persentase sebesar 2,6041%.
B. Saran
Berdasarakan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan
hasil-hasilnya, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada seluruh guru di MIN 2 Bone agar kiranya lebih
meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar agar siswa tetap semangat
dan berprestasi dalam belajar.
2. Diharapkan kepada guru-guru dan seluruh pihak MIN 2 Bone agar
menjadi teladan bagi siswa-siswanya agar siswanya mampu menciptakan
kreativitas yang baru, serta senantiasa bekerjasama dalam segala hal agar
dapat menghasilkan anak didik yang bermutu dan bermoral.
Belajar Siswa di MIN 2 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-
bentuk kreativitas mengajar guru di MIN 2 Bone dan untuk memaparkan pengaruh
kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di MIN 2 Bone.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan sosiologis dan menggunakan
instrument pedoman observasi dalam bentuk daftar check list, dokumentasi dengan
menggunakan alat seperti kamera untuk mengambil gambar, melakukan wawancara
dengan mengajukan pertanyaan, dan menyebarkan angket dengan daftar kertas
pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa MIN 2 Bone yang berjumlah 83 orang siswa dan guru 15 orang. Kemudian
ditarik sampel dengan teknik stratified dan random, sehingga yang menjadi sampel
penelitian berjumlah 24 siswa dan 6 orang guru.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu guru di MIN 2 Bone adalah guru
yang memiliki kreativitas yang baik dan mempengaruhi siswa ditandai dengan
semangat dan prestasi belajar siswa memuaskan,serta guru menggunakan berbagai
media dan metode seperti media gambar, dan hal tersebut dapat dibuktikan dari uji
statistik dengan jumlah persentase dalam kategori tinggi sebesar 2,6041%, dari hasil
persentase tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh kreativitas mengajar guru
terhadap prestasi belajar siswa benar adanya atau sangat terpengaruh, dan selain itu,
guru juga melakukan evaluasi dan remedial sehingga dapat melatih siswa seutuhnya.
Dari penelitian yang diperoleh penulis, sangat dapat membantu penulis
untuk mengetahui sejauh mana kreativitas seorang guru dalam mengajar dan sejauh
mana prestasi belajar siswa pada saat belajar. Maka dari itu perlu tetap dikembangkan
kreativitas para guru di MIN 2 Bone agar dapat menjadikan siswanya bisa berkreasi
sebaik mungkin sehingga prestasi yang dimiliki seorang siswa dapat meningkat.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, maka penulis akan mengemukakan
beberapa pokok pikiran yang dituangkan dalam bentuk simpulan sebagai berikut:
1. Kreativitas seorang guru dapat menjadikan anak didik (siswa) kreatif
dalam segala sesuatu, dan dapat menjadikan siswa semangat dan mampu
dalam belajar, selain itu juga, dapat menjadikan siswa bermutu. Para
guru di MIN 2 Bone menggunakan media gambar dalam mengajar,
mereka mengatakan dalam proses pembelajaran para guru menggunakan
media gambar seperti gambar kartun lalu diperlihatkan lewat kertas
pajangan atau lewat power point. Selain itu para guru menciptakan
suasana kelas yang efektif dan kondusif dengan cara berusaha
menjadikan siswa agar bisa berinteraksi antar sesama teman dan
membentuk suasana kelas dalam bentuk kelompok. Dari kreativitas yang
ada pada diri seorang guru tentunya ada faktor yang mempengaruhi
yaitu faktor internal dan eksternal seperti kurang semangatnya siswa
menerima materi yang diajarkan. Dari faktor tersebut dapat membantu
siswa dalam mencegah kemalasan dalam belajar, salah satu cara
menghadapi siswa yang malas dalam belajar dapat dengan mendekati
siswa secara halus lalu tidak membeda bedakan siswa, berusaha
memperhatikan siswa tersebut ketika mengajar. Dengan kreativitas
seorang guru, guru dapat lebih mudah mengatasi siswa yang pandai dan
kurang pandai dalam proses pembelajaran Dengan cara membentuk
kelompok dan mengatur meja dalam bentuk berkelompok, dan
memberikan bimbingan khusus pada siswa yang kurang pandai.
2. Pengaruh kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar, sangatlah
berpengaruh yang telah dibuktikan dari hasil penelitian ini dengan
memberikan angket pada siswa untuk dijadikan sebagai ukuran
bagaimana pengaruh kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar
siswa, dan hal tersebut dapat dilihat dari uji statistik dari berbagai
tabulasi pada tabel dengan jumlah persentase sebesar 2,6041%.
B. Saran
Berdasarakan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan
hasil-hasilnya, maka penulis menyarankan hal-hal sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada seluruh guru di MIN 2 Bone agar kiranya lebih
meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar agar siswa tetap semangat
dan berprestasi dalam belajar.
2. Diharapkan kepada guru-guru dan seluruh pihak MIN 2 Bone agar
menjadi teladan bagi siswa-siswanya agar siswanya mampu menciptakan
kreativitas yang baru, serta senantiasa bekerjasama dalam segala hal agar
dapat menghasilkan anak didik yang bermutu dan bermoral.
Ketersediaan
| STAR20180337 | 337/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
337/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
