Implementasi Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Study Kasus Pada Sales Promosi UD Mitra Makassar Kabupaten Bone)
Andi Saputra/01.18.3121 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai implementasi etika bisnis sales promosi UD Mitra
Makassar Kabupaten Bone dipandang dalam perspektif islam. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana etika bisnis seorang sales
ketika melakukan promosi ke pelanggan. Penelitian yang digunakan yaitu dengan
pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dihasilkan yaitu dalam
mengimplementasikan etika bisnis, sales promosi UD Mitra Makassar kabupaten
Bone menerapkan sistem pelayanan yang baik, 3S (senyum, salam dan sapa), dan
menjaga kepercayaan pelanggan, Sedangkan dalam pandangan ekonomi islam
terhadap implementasi etika bisnis islam, sales promosi menerapkan prinsip tauhid,
kebebasan, keadilan, kejujuran dan amanah (tanggung jawab)
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di UD Mitra Makassar
Kabupaten Bone mengenai implementasi etika bisnis sales promosi dalam
perspektif ekonomi Islam, maka dapat ditarik kesimpulan:
1. Implementasi etika bisnis sales promosi yang dilakukan sales promosi UD
Mitra Makassar Kabupaten Bone yang mana dalam pengaplikasiannya
menerapkan sistem pelayanan yang baik agar supaya pelanggan merasa
nyaman dalam bertransaksi pada produk UD Mitra Makassar Kabupaten
Bone, selain itu sales promosi juga menerapkan 3S yaitu senyum, salam dan
sapa. 3S merupakan sikap yang menunjukan sopan dan santun, sopan dalam
berprilaku dan santun dalam bertutur kata. Sales promosi juga sangat menjaga
kepercayaan para pelanggan dengan senantiasa memberikan informasi yang
dianggap penting bagi pelanggan, misalnya ketika ada promo. Implementasi
etika bisnis yang dilakukan oleh sales promosi UD mitra Makassar Kabupaten
Bone telah sesuai dengan apa yang diharapkan.
2. Pandangan Islam terhadap implementasi etika bisnis sales promosi UD mitra
Makassar Kabupaten Bone telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Terbukti
dengan diterapkannya prinsip tauhid, kebebasan, keadilan, amanah dan
tanggung jawab sebagaimana yang telah di praktikkan oleh rasulullah SAW.
B. Saran
Bagi UD Mitra Makassar Kabupaten Bone khususnya pada sales
hendaknya tetap mempertahankan etika bisnis dalam melakukan promosi kepada
pelanggan. Kemudian hendaknya melakukan inovasi karena melihat saingan pasar
yang menerapkan sistem yang sama agar supaya bisa menarik pelanggan, dengan
catatan para karyawan khususnya sales promosi harus lebih giat lagi dalam
melakukan promosi serta menjelaskan produk-produk yang terdapat dalam UD
Mitra Makassar kabupaten Bone.
C. Implikasi
Setelah penelitian penelitian ini diselesaikan oleh peneliti, diharapkan para
sales promosi lebih lebih memperhatikan dan meningkatkan mengenai
implemetasi etika bisnis dalam perspektif ekonomi, karena hal tersebut
merupakan suatu keharusan dalam melakukan suatu bisnis yang dianjurkan oleh
agama.
Makassar Kabupaten Bone dipandang dalam perspektif islam. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana etika bisnis seorang sales
ketika melakukan promosi ke pelanggan. Penelitian yang digunakan yaitu dengan
pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dihasilkan yaitu dalam
mengimplementasikan etika bisnis, sales promosi UD Mitra Makassar kabupaten
Bone menerapkan sistem pelayanan yang baik, 3S (senyum, salam dan sapa), dan
menjaga kepercayaan pelanggan, Sedangkan dalam pandangan ekonomi islam
terhadap implementasi etika bisnis islam, sales promosi menerapkan prinsip tauhid,
kebebasan, keadilan, kejujuran dan amanah (tanggung jawab)
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di UD Mitra Makassar
Kabupaten Bone mengenai implementasi etika bisnis sales promosi dalam
perspektif ekonomi Islam, maka dapat ditarik kesimpulan:
1. Implementasi etika bisnis sales promosi yang dilakukan sales promosi UD
Mitra Makassar Kabupaten Bone yang mana dalam pengaplikasiannya
menerapkan sistem pelayanan yang baik agar supaya pelanggan merasa
nyaman dalam bertransaksi pada produk UD Mitra Makassar Kabupaten
Bone, selain itu sales promosi juga menerapkan 3S yaitu senyum, salam dan
sapa. 3S merupakan sikap yang menunjukan sopan dan santun, sopan dalam
berprilaku dan santun dalam bertutur kata. Sales promosi juga sangat menjaga
kepercayaan para pelanggan dengan senantiasa memberikan informasi yang
dianggap penting bagi pelanggan, misalnya ketika ada promo. Implementasi
etika bisnis yang dilakukan oleh sales promosi UD mitra Makassar Kabupaten
Bone telah sesuai dengan apa yang diharapkan.
2. Pandangan Islam terhadap implementasi etika bisnis sales promosi UD mitra
Makassar Kabupaten Bone telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Terbukti
dengan diterapkannya prinsip tauhid, kebebasan, keadilan, amanah dan
tanggung jawab sebagaimana yang telah di praktikkan oleh rasulullah SAW.
B. Saran
Bagi UD Mitra Makassar Kabupaten Bone khususnya pada sales
hendaknya tetap mempertahankan etika bisnis dalam melakukan promosi kepada
pelanggan. Kemudian hendaknya melakukan inovasi karena melihat saingan pasar
yang menerapkan sistem yang sama agar supaya bisa menarik pelanggan, dengan
catatan para karyawan khususnya sales promosi harus lebih giat lagi dalam
melakukan promosi serta menjelaskan produk-produk yang terdapat dalam UD
Mitra Makassar kabupaten Bone.
C. Implikasi
Setelah penelitian penelitian ini diselesaikan oleh peneliti, diharapkan para
sales promosi lebih lebih memperhatikan dan meningkatkan mengenai
implemetasi etika bisnis dalam perspektif ekonomi, karena hal tersebut
merupakan suatu keharusan dalam melakukan suatu bisnis yang dianjurkan oleh
agama.
Ketersediaan
| SFEBI20220209 | 209/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
209/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
