Implementasi Total Quality Management Oleh Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi Di Smkn 4 Bone
Asriani/02.18.3105 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Total Quality Management Oleh
Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di SMKN 4 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Total Quality Management di
SMKN 4 Bone dan Peran Total Quality Management Dalam Meningkatkan Kualitas
Layanan di SMKN 4 Bone.
Jenis penelitian ini yang di gunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang
menjadi objek wawancara yaitu kepala tata usaha dan staf tata usaha. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pertama : Karakteristik Total Quality Management dan
Pelayanan Administrasi di SMKN 4 Bone, Total Quality Management adalah suatu
pendekatan yang berorientasi pada pelanggan atau masyarakat secara sistematik dan
perbaikan terus menerus dan terdiri dari strategi penilaian bagi pelanggan, sistem
organisasional, perbaikan kualitas berkelanjutan sudah cukup baik dalam memenuhi
kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan standar pelayanan administrasi
sekolah/madrasah. Kedua : Peran Total Quality Management Dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Di SMKN 4 Bone, kualitas layanan administrasi adalah suatu
kegiatan yang berhubungan dengan terpenuhnya harapan /kebutuhan pelanggan,
administrasi sekolah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan
penilaian dalam memberi petunjuk pada pelaksanaan sekolah terkhusus bagian tata
usaha, perannya sudah cukup baik karena upaya yang dilakukan agar pelanggan
puas terhadap layanan yang diberikan dengan memudahkan pelanggan dalam
memberikan informasi dan layanan dan urusan administrasi kesiswaan,strategi
penilaian bagi pelanggan, perumusan strategi, pendidikan, pelatihan dan komunikasi,
penyempurnaan proses dan penilaian, pengukuran dan umpan balik, semua sudah
baik dalam penerapannya hanya saja di bagian pelatihan staf tata usaha belum
pernah mengikuti pelatihan karena belum ada panggilan yang masuk.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan peneliti di SMKN 4 Bone Kecamatan Barebbo Kabupaten
bone, maka peneliti menyimpulkan :
1. Karakteristik Total Quality Management Di SMKN 4 Bone yang terdiri
dari strategi penilaian pelanggan, sistem organisasional, dan perbaikian
kualitas berkelanjutan sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan
pelanggan karena strategi penilaian bagi pelanggan yang ada di SMKN
4 Bone sudah memberikan pelayanan yang cukup baik bagi pelanggan
dan sudah terkait dengan layanan administrasi umum. Dan sistem
organisasi yang ada di SMKN 4 Bone sudah baik dalam mengerjakan
tugasnya dan dalam melayani siswa atau alumni, saling bekerjasama
apabila ada yang mengalami kendala terhadap tugas yang ada. Dan
dapat dilihat dari sistem kepegawaiannya yang sudah dilaksanakan
dengan baik. Adapun perbaikan kualitas berkelanjutan yang ada di
SMKN 4 Bone sudah baik dalam penerapannya karena sekolah siap
menghadapi dan mengikuti perubahan lingkungan eksternal dan
perubahan selera pada pelanggan supaya tetap berkembang dan tidak
ketinggalan, akan tetapi terlepas dari itu semua perubahan yang ada
sekolah akan tetap berdasarkan dengan aturan dan ketetapan yang
berlaku di SMKN 4 Bone ini. Adapun administrasi sarana dan prasarana
sudah baik juga dalam penerapannya Kepala Sekolah mengfasilitasi
akan kekurangan yang ada atau kendala dengan mengiyakan permintaan
Kepala Perpustakaan.
2. Peran Total Quality Management dalam meningkatkan kualitas
Layanan Administrasi di SMKN 4 Bone sudah cukup baik karena
upaya yang dilakukan agar pelanggan puas terhadap layanan yang
diberikan dengan memudahkan pelanggan dalam memberikan informasi
dan layanan dan urusan administrasi kesiswaan itu juga memudahkan
sekolah dalam pencatatan peserta didik dari masa penerimaan sampai
saat peserta didik itu tamat atau selesai. Dan pengelolaan yang baik
harus berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan. Strategi dalam
meningkatkan kualitas layanannya terlebih dahulu diadakan persiapan
sagar apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Kemudian memberikan respon yang cepat ramah supaya pelanggan puas
terhadap layanan yang diberikan. Adapun penerapan sistem administrasi
kurikulum sudah baik dalam pelaksanaannya dilihat dari bagaimana
administrasi merencakan dan menyediakan apa saja yang dibutuhkan
sekolah. Dan mengenai pendidik dan staf, tenaga pendidik sering
mengikuti pelatihan guna menambah pengetahuan, pengalaman dan
keterampilannya. Adapun staf yang ada di SMKN 4 Bone belum pernah
sama sekali mengikuti pelatihan untuk mengembangkan potensinya
terkhusus dibidang layanan admnistrasi karena belum ada panggilan
yang masuk. Dan untuk mengetahui perbaikan berjalan sesuai dengan
ketetapannya itu dengan selalu memantau, memeriksa dan apabila ada
kendala atau kesalahan maka secepat mungkin menyelesaikan atau
memperbaiki supaya tidak berlangsung lama dan dapat berjalan dengan
baik dan lancar. Adapun perbaikan kualitas layanan harus terus
dikembangkan, tidak boleh cepat puas, harus selalu memaksimalkan
layanan yang diberikan supaya pelayanan yang diberikan selalu prima,
maksimal dan pelanggan akan selalu puas terhadap layanan yang
diberikan.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan di atas, maka di bawah ini akan di
uraikan implikasi berupa saran dari penelitian yang telah dilakukan, adapun
saran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
Kepada Kepala Tata Usaha dan staf diharapkan dapat memaksimalkan lagi
layanan yang diberikan kepada pelanggan dan juga setiap staf Tata Usaha
diharapkan untuk mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan, dan
keterampilannya karena itu merupakan penunjang akan tercapainya
kualitas layanan yang lebih baik bagi pelanggan.
Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Di SMKN 4 Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Total Quality Management di
SMKN 4 Bone dan Peran Total Quality Management Dalam Meningkatkan Kualitas
Layanan di SMKN 4 Bone.
Jenis penelitian ini yang di gunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang
menjadi objek wawancara yaitu kepala tata usaha dan staf tata usaha. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa pertama : Karakteristik Total Quality Management dan
Pelayanan Administrasi di SMKN 4 Bone, Total Quality Management adalah suatu
pendekatan yang berorientasi pada pelanggan atau masyarakat secara sistematik dan
perbaikan terus menerus dan terdiri dari strategi penilaian bagi pelanggan, sistem
organisasional, perbaikan kualitas berkelanjutan sudah cukup baik dalam memenuhi
kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan standar pelayanan administrasi
sekolah/madrasah. Kedua : Peran Total Quality Management Dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Di SMKN 4 Bone, kualitas layanan administrasi adalah suatu
kegiatan yang berhubungan dengan terpenuhnya harapan /kebutuhan pelanggan,
administrasi sekolah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan
penilaian dalam memberi petunjuk pada pelaksanaan sekolah terkhusus bagian tata
usaha, perannya sudah cukup baik karena upaya yang dilakukan agar pelanggan
puas terhadap layanan yang diberikan dengan memudahkan pelanggan dalam
memberikan informasi dan layanan dan urusan administrasi kesiswaan,strategi
penilaian bagi pelanggan, perumusan strategi, pendidikan, pelatihan dan komunikasi,
penyempurnaan proses dan penilaian, pengukuran dan umpan balik, semua sudah
baik dalam penerapannya hanya saja di bagian pelatihan staf tata usaha belum
pernah mengikuti pelatihan karena belum ada panggilan yang masuk.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya
yang dilakukan peneliti di SMKN 4 Bone Kecamatan Barebbo Kabupaten
bone, maka peneliti menyimpulkan :
1. Karakteristik Total Quality Management Di SMKN 4 Bone yang terdiri
dari strategi penilaian pelanggan, sistem organisasional, dan perbaikian
kualitas berkelanjutan sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan
pelanggan karena strategi penilaian bagi pelanggan yang ada di SMKN
4 Bone sudah memberikan pelayanan yang cukup baik bagi pelanggan
dan sudah terkait dengan layanan administrasi umum. Dan sistem
organisasi yang ada di SMKN 4 Bone sudah baik dalam mengerjakan
tugasnya dan dalam melayani siswa atau alumni, saling bekerjasama
apabila ada yang mengalami kendala terhadap tugas yang ada. Dan
dapat dilihat dari sistem kepegawaiannya yang sudah dilaksanakan
dengan baik. Adapun perbaikan kualitas berkelanjutan yang ada di
SMKN 4 Bone sudah baik dalam penerapannya karena sekolah siap
menghadapi dan mengikuti perubahan lingkungan eksternal dan
perubahan selera pada pelanggan supaya tetap berkembang dan tidak
ketinggalan, akan tetapi terlepas dari itu semua perubahan yang ada
sekolah akan tetap berdasarkan dengan aturan dan ketetapan yang
berlaku di SMKN 4 Bone ini. Adapun administrasi sarana dan prasarana
sudah baik juga dalam penerapannya Kepala Sekolah mengfasilitasi
akan kekurangan yang ada atau kendala dengan mengiyakan permintaan
Kepala Perpustakaan.
2. Peran Total Quality Management dalam meningkatkan kualitas
Layanan Administrasi di SMKN 4 Bone sudah cukup baik karena
upaya yang dilakukan agar pelanggan puas terhadap layanan yang
diberikan dengan memudahkan pelanggan dalam memberikan informasi
dan layanan dan urusan administrasi kesiswaan itu juga memudahkan
sekolah dalam pencatatan peserta didik dari masa penerimaan sampai
saat peserta didik itu tamat atau selesai. Dan pengelolaan yang baik
harus berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan. Strategi dalam
meningkatkan kualitas layanannya terlebih dahulu diadakan persiapan
sagar apa yang diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar.
Kemudian memberikan respon yang cepat ramah supaya pelanggan puas
terhadap layanan yang diberikan. Adapun penerapan sistem administrasi
kurikulum sudah baik dalam pelaksanaannya dilihat dari bagaimana
administrasi merencakan dan menyediakan apa saja yang dibutuhkan
sekolah. Dan mengenai pendidik dan staf, tenaga pendidik sering
mengikuti pelatihan guna menambah pengetahuan, pengalaman dan
keterampilannya. Adapun staf yang ada di SMKN 4 Bone belum pernah
sama sekali mengikuti pelatihan untuk mengembangkan potensinya
terkhusus dibidang layanan admnistrasi karena belum ada panggilan
yang masuk. Dan untuk mengetahui perbaikan berjalan sesuai dengan
ketetapannya itu dengan selalu memantau, memeriksa dan apabila ada
kendala atau kesalahan maka secepat mungkin menyelesaikan atau
memperbaiki supaya tidak berlangsung lama dan dapat berjalan dengan
baik dan lancar. Adapun perbaikan kualitas layanan harus terus
dikembangkan, tidak boleh cepat puas, harus selalu memaksimalkan
layanan yang diberikan supaya pelayanan yang diberikan selalu prima,
maksimal dan pelanggan akan selalu puas terhadap layanan yang
diberikan.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan di atas, maka di bawah ini akan di
uraikan implikasi berupa saran dari penelitian yang telah dilakukan, adapun
saran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
Kepada Kepala Tata Usaha dan staf diharapkan dapat memaksimalkan lagi
layanan yang diberikan kepada pelanggan dan juga setiap staf Tata Usaha
diharapkan untuk mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan, dan
keterampilannya karena itu merupakan penunjang akan tercapainya
kualitas layanan yang lebih baik bagi pelanggan.
Ketersediaan
| STAR20220063 | 63/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
63/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
