Peranan Orang Tua dalam Penanaman Karakter Jujur pada Anak Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone
Elfina Rosa/02.18.6027 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peranan Orang Tua dalam Penanaman Karakter Jujur
pada Anak Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone. Pokok masalah adalah bagaimana penanaman karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dan
bagaimana upaya yang dilakukan oleh orang tua siswa dalam memberikan
penanaman karakter jujur pada anak kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji
penanaman karakter jujur pada anak kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan
oleh orang tua siswa dalam memberikan penanaman karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan paedagogik, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data dengan proses reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
yaitu terdiri atas a) Anak mampu menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan
sebenarnya., b) Anak mampu tidak memanipulasi informasi dan c) Berani mengakui
kesalahan, kekurangan ataupun keterbatasan dirinya. Terdapat tiga peran orang tua
dalam dalam penanaman karakter jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e
Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, yaitu terdiri atas: a) Menjalin
komunikasi, b) Mendorong atau Memberikan Motivasi dan c) Mengarahkan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul peran
orang tua dalam penanaman karakter jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e
Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran proses perilaku jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa
Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu terdiri atas: a) Anak mampu
menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya, b) Anak tidak
memanipulasi informasi, dan c) Anak berani mengakui kesalahan, kekurangan
ataupun keterbatasan dirinya.
2. Terdapat tiga peran orang tua dalam dalam penanaman karakter jujur pada anak
Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
yaitu terdiri atas: a) Menjalin komunikasi, b) Mendorong atau Memberikan
Motivasi, dan c) Mengarahkan.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru diharapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta disetiap pembelajaran bisa
2. menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif) sehingga memudahkan anak
dalam menyerap materi pelajaran khususnya dalam pembiasaan penanaman
karakter jujur pada anak.
3. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Sipaseng’e Desa Bacu agar
dapat memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan sarana dan
prasarana yang dimliki oleh sekolah yang bermuarah pada peningkatan
kualitas anak saat belajar di sekolah.
4. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
menjalin kedekatan dan menjadi teladan bagi anak dalam menanamkan prilaku
jujur.
5. Kepada anak, diharapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya diri
untuk mengungkapkan pendapatnya baik kesalahan ataupun kebenaran yang
terjadi.
6. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
penanaman karakter jujur yang dilakukan oleh orang tua pada usia dini.
pada Anak Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone. Pokok masalah adalah bagaimana penanaman karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dan
bagaimana upaya yang dilakukan oleh orang tua siswa dalam memberikan
penanaman karakter jujur pada anak kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji
penanaman karakter jujur pada anak kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu
Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan
oleh orang tua siswa dalam memberikan penanaman karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan pendekatan paedagogik, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data dengan proses reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan karakter jujur pada anak
kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
yaitu terdiri atas a) Anak mampu menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan
sebenarnya., b) Anak mampu tidak memanipulasi informasi dan c) Berani mengakui
kesalahan, kekurangan ataupun keterbatasan dirinya. Terdapat tiga peran orang tua
dalam dalam penanaman karakter jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e
Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, yaitu terdiri atas: a) Menjalin
komunikasi, b) Mendorong atau Memberikan Motivasi dan c) Mengarahkan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul peran
orang tua dalam penanaman karakter jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e
Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran proses perilaku jujur pada anak Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa
Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone yaitu terdiri atas: a) Anak mampu
menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya, b) Anak tidak
memanipulasi informasi, dan c) Anak berani mengakui kesalahan, kekurangan
ataupun keterbatasan dirinya.
2. Terdapat tiga peran orang tua dalam dalam penanaman karakter jujur pada anak
Kelompok B di TK Sipaseng’e Desa Bacu Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone,
yaitu terdiri atas: a) Menjalin komunikasi, b) Mendorong atau Memberikan
Motivasi, dan c) Mengarahkan.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru diharapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta disetiap pembelajaran bisa
2. menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif) sehingga memudahkan anak
dalam menyerap materi pelajaran khususnya dalam pembiasaan penanaman
karakter jujur pada anak.
3. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Sipaseng’e Desa Bacu agar
dapat memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan sarana dan
prasarana yang dimliki oleh sekolah yang bermuarah pada peningkatan
kualitas anak saat belajar di sekolah.
4. Kepada Orang tua, diharapkan dalam mendampingi anak di rumah bisa
menjalin kedekatan dan menjadi teladan bagi anak dalam menanamkan prilaku
jujur.
5. Kepada anak, diharapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya diri
untuk mengungkapkan pendapatnya baik kesalahan ataupun kebenaran yang
terjadi.
6. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat pembaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
penanaman karakter jujur yang dilakukan oleh orang tua pada usia dini.
Ketersediaan
| STAR20220237 | 237/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
237/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
