Upaya Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B Tk Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
Srinita/ 02.18.6004 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang upaya guru dalam mengembangkan
keterampilan sosial anak di kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone. Pokok masalah adalah bagaimana upaya guru dalam
mengembangkan keterampilan sosial anak di kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk Untuk
mengetahui upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak di
kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. 2) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan pengambat guru dalam mengembangkaan
keterampilan sosial anak kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1)Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam upaya
guru dalam mengembangkan keterampilan sosial Anak kelompok B TK Mallusetasi
Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone Yaitu : 1) bermain sosial 2) memberikan
kesempatan perkembangan sosial 3) memberikan wahana untuk pengembangan sosial
anak secara positif 4) menyediakan sarana dan prasarana. Kemudian untuk
mengetahui Untuk mengetahui faktor pendukung upaya guru dalam
mengembangkaan keterampilan sosial Anak Kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu adanya semangat yang anak miliki dan motivasi
yang guru berikan. Adapun faktor penghambat yang di alami oleh guru dalam
mengembangkan keterampilan sosial anak di Kelompok B yaitu keadaan emosi anak
dan kurangnya perhatian anak saat belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul upaya
guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak Kelompok B di TK
Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Terdapat empat upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak
Kelompok B di TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu:
a) Bermain sosial, b) Memberikan kesempatan perkembangan sosial, c)
Memberikan wahana untuk pengembangan sosial pada anak secara positif,dan d)
Menyediakan sarana dan prasarana.
2. Faktor Pendukung yang dialami oleh guru dalam mengembangkan keterampilan
sosial anak Kelompok B di TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten
Bone yaitu: a) adanya semangat yang anak miliki, b) motivasi yang guru berikan.
Adapun faktor penghambat yang di alami oleh guru dalam mengembangkan
keterampilan sosial anak Kelompok B yaitu a) keadaan emosi anak, b)
kurangnya perhatian anak saat belajar.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru di harapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta di setiap pembelajaran
bias menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif) sehingga memudahkan
anak dalam menyerap materi pelajaran terkhususnya pada keterampilan social
anak.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Mallusetasi agar dapat
memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan sarana dan
prasarana yang dimiliki oleh sekolah yang bermuarah pada peningkatan
kualitas anak saat belajar di sekolah.
3. Kepada Orang tua, di harapkan dalam mendampingi anak di rumah bias
memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan interaksi sosial.
4. Kepada anak, di harapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya diri
untuk saling membantu dan bisasa saling bekerja sama sehingga
meminimalisir terjadinya konflik antara anak
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini.
keterampilan sosial anak di kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone. Pokok masalah adalah bagaimana upaya guru dalam
mengembangkan keterampilan sosial anak di kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk Untuk
mengetahui upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak di
kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. 2) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan pengambat guru dalam mengembangkaan
keterampilan sosial anak kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan psikologis, untuk memperoleh data yang
dinginkan menggunakan data primer dan sekunder. Selanjutnya dianalisis dengan
cara: 1)Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam upaya
guru dalam mengembangkan keterampilan sosial Anak kelompok B TK Mallusetasi
Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone Yaitu : 1) bermain sosial 2) memberikan
kesempatan perkembangan sosial 3) memberikan wahana untuk pengembangan sosial
anak secara positif 4) menyediakan sarana dan prasarana. Kemudian untuk
mengetahui Untuk mengetahui faktor pendukung upaya guru dalam
mengembangkaan keterampilan sosial Anak Kelompok B TK Mallusetasi Kecamatan
Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu adanya semangat yang anak miliki dan motivasi
yang guru berikan. Adapun faktor penghambat yang di alami oleh guru dalam
mengembangkan keterampilan sosial anak di Kelompok B yaitu keadaan emosi anak
dan kurangnya perhatian anak saat belajar.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul upaya
guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak Kelompok B di TK
Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Terdapat empat upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak
Kelompok B di TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone yaitu:
a) Bermain sosial, b) Memberikan kesempatan perkembangan sosial, c)
Memberikan wahana untuk pengembangan sosial pada anak secara positif,dan d)
Menyediakan sarana dan prasarana.
2. Faktor Pendukung yang dialami oleh guru dalam mengembangkan keterampilan
sosial anak Kelompok B di TK Mallusetasi Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten
Bone yaitu: a) adanya semangat yang anak miliki, b) motivasi yang guru berikan.
Adapun faktor penghambat yang di alami oleh guru dalam mengembangkan
keterampilan sosial anak Kelompok B yaitu a) keadaan emosi anak, b)
kurangnya perhatian anak saat belajar.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis dapat
memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada Guru, sebagai seorang guru di harapkan mampu menyajikan
pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif serta di setiap pembelajaran
bias menyiapkan APE (Alat Pembelajaran Edukatif) sehingga memudahkan
anak dalam menyerap materi pelajaran terkhususnya pada keterampilan social
anak.
2. Kepada lembaga pendidikan dalam hal ini di TK Mallusetasi agar dapat
memberdayakan seluruh potensi guru, lebih meningkatkan sarana dan
prasarana yang dimiliki oleh sekolah yang bermuarah pada peningkatan
kualitas anak saat belajar di sekolah.
3. Kepada Orang tua, di harapkan dalam mendampingi anak di rumah bias
memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan interaksi sosial.
4. Kepada anak, di harapkan saat belajar anak bisa lebih aktif dan percaya diri
untuk saling membantu dan bisasa saling bekerja sama sehingga
meminimalisir terjadinya konflik antara anak
5. Bagi para peneliti selanjutnya, sebaiknya bisa memberikan pengembangan
hasil temuan yang bersifat kebaharuan dalam penelitian berkaitan dengan
upaya guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini.
Ketersediaan
| STAR20220052 | 52/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
52/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
