Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dengan Menggunakan Metode Bercerita Di Kelompok B RA Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai akhlak dengan
menggunakan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone. Latar belakang dari penelitian ini adalah peneliti ingin
melihat bagaimana gambaran perkembangan akhlak anak menggunakan metode
bercerita di kelompok B RA Rabbani. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui gambaran perkembangan akhlak anak di kelompok B RA Rabbani. 2)
Untuk mengetahui cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui
penerapan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara 1)
Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penrikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak anak
terhadap orang lain yaitu: 1) Berkata jujur, 2) Saling tolong menolong, 3) Sopan
santun atau berkata baik, 4) Saling berbagi, 5) Toleransi. Dengan menggunakan
teknik metode bercerita di RA Rabbani yaitu: 1) Memilih cerita, 2) Menggunakan alat
peraga, 3) Pembukaan bercerita
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita di
kelompok B RA Rabbani maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penanaman nilai-nilai akhlak menurut Imam Al-Ghazali terdiri atas 4, yaitu:
(a) Akhlak terhadap Allah, (b) Akhlak terhadap orangtua, (c) Akhlak terhadap
diri sendiri, (d) Akhlak terhadap orang lain. Gamabaran akhlak terhadap orang
lain di kelompok B RA Rabbani dengan menggunakan metode bercerita
terdiri atas 5, yaitu: (a) Berkata jujur, (b) Saling tolong menolong, (c) Sopan
santun atau berkata baik, (d) Saling berbagi, (e) Sikap toleransi terhadap orang
lain.
2. Cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani yaitu: guru telah mengetahui
langkah-langkah metode bercerita baik dalam pemilihan tema, menggunakan
alat peraga dan pembukaan dalam bercerita.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah
sebagai berikut:
1. Bagi pendidik, agar dapat lebih meningkatkan kualitas diri untuk lebih kreatif
dan inovatif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani terkait membangun suasana
belajar yang nyaman dan tentram pada murid kelompok B RA Rabbani.
2. Bagi murid kelompok B RA Rabbani, agar dapat istiqomah atau teguh
pendirian sampai dewasa mengenai perkembagan moral agama atau akhlak
yang telah didapatkan di RA Rabbani.
3. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan pengembangan
yang lebih kompleks terhadap temuan-temuan baru yang berkaitan dengan
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita.
Ketersediaan
STAR20230373373/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

373/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Nilai Akhlak

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top