Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Dengan Menggunakan Metode Bercerita Di Kelompok B RA Rabbani Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone
Fatma Azisah/02.18.6015 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai akhlak dengan
menggunakan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone. Latar belakang dari penelitian ini adalah peneliti ingin
melihat bagaimana gambaran perkembangan akhlak anak menggunakan metode
bercerita di kelompok B RA Rabbani. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui gambaran perkembangan akhlak anak di kelompok B RA Rabbani. 2)
Untuk mengetahui cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui
penerapan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara 1)
Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penrikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak anak
terhadap orang lain yaitu: 1) Berkata jujur, 2) Saling tolong menolong, 3) Sopan
santun atau berkata baik, 4) Saling berbagi, 5) Toleransi. Dengan menggunakan
teknik metode bercerita di RA Rabbani yaitu: 1) Memilih cerita, 2) Menggunakan alat
peraga, 3) Pembukaan bercerita
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita di
kelompok B RA Rabbani maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penanaman nilai-nilai akhlak menurut Imam Al-Ghazali terdiri atas 4, yaitu:
(a) Akhlak terhadap Allah, (b) Akhlak terhadap orangtua, (c) Akhlak terhadap
diri sendiri, (d) Akhlak terhadap orang lain. Gamabaran akhlak terhadap orang
lain di kelompok B RA Rabbani dengan menggunakan metode bercerita
terdiri atas 5, yaitu: (a) Berkata jujur, (b) Saling tolong menolong, (c) Sopan
santun atau berkata baik, (d) Saling berbagi, (e) Sikap toleransi terhadap orang
lain.
2. Cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani yaitu: guru telah mengetahui
langkah-langkah metode bercerita baik dalam pemilihan tema, menggunakan
alat peraga dan pembukaan dalam bercerita.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah
sebagai berikut:
1. Bagi pendidik, agar dapat lebih meningkatkan kualitas diri untuk lebih kreatif
dan inovatif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani terkait membangun suasana
belajar yang nyaman dan tentram pada murid kelompok B RA Rabbani.
2. Bagi murid kelompok B RA Rabbani, agar dapat istiqomah atau teguh
pendirian sampai dewasa mengenai perkembagan moral agama atau akhlak
yang telah didapatkan di RA Rabbani.
3. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan pengembangan
yang lebih kompleks terhadap temuan-temuan baru yang berkaitan dengan
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita.
menggunakan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone. Latar belakang dari penelitian ini adalah peneliti ingin
melihat bagaimana gambaran perkembangan akhlak anak menggunakan metode
bercerita di kelompok B RA Rabbani. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
mengetahui gambaran perkembangan akhlak anak di kelompok B RA Rabbani. 2)
Untuk mengetahui cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui
penerapan metode bercerita di kelompok B RA Rabbani.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan cara 1)
Mereduksi data, 2) Mendeskripsikan data, 3) Penrikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak anak
terhadap orang lain yaitu: 1) Berkata jujur, 2) Saling tolong menolong, 3) Sopan
santun atau berkata baik, 4) Saling berbagi, 5) Toleransi. Dengan menggunakan
teknik metode bercerita di RA Rabbani yaitu: 1) Memilih cerita, 2) Menggunakan alat
peraga, 3) Pembukaan bercerita
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dengan judul
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita di
kelompok B RA Rabbani maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Penanaman nilai-nilai akhlak menurut Imam Al-Ghazali terdiri atas 4, yaitu:
(a) Akhlak terhadap Allah, (b) Akhlak terhadap orangtua, (c) Akhlak terhadap
diri sendiri, (d) Akhlak terhadap orang lain. Gamabaran akhlak terhadap orang
lain di kelompok B RA Rabbani dengan menggunakan metode bercerita
terdiri atas 5, yaitu: (a) Berkata jujur, (b) Saling tolong menolong, (c) Sopan
santun atau berkata baik, (d) Saling berbagi, (e) Sikap toleransi terhadap orang
lain.
2. Cara guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani yaitu: guru telah mengetahui
langkah-langkah metode bercerita baik dalam pemilihan tema, menggunakan
alat peraga dan pembukaan dalam bercerita.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah
sebagai berikut:
1. Bagi pendidik, agar dapat lebih meningkatkan kualitas diri untuk lebih kreatif
dan inovatif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak anak melalui penerapan
metode bercerita di kelompok B RA Rabbani terkait membangun suasana
belajar yang nyaman dan tentram pada murid kelompok B RA Rabbani.
2. Bagi murid kelompok B RA Rabbani, agar dapat istiqomah atau teguh
pendirian sampai dewasa mengenai perkembagan moral agama atau akhlak
yang telah didapatkan di RA Rabbani.
3. Bagi para peneliti selanjutnya, diharapkan untuk memberikan pengembangan
yang lebih kompleks terhadap temuan-temuan baru yang berkaitan dengan
penanaman nilai-nilai akhlak dengan menggunakan metode bercerita.
Ketersediaan
| STAR20230373 | 373/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
373/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
