Pengaruh Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs Irsyadussalam Desa Cakkeware Kec. Cenrana Kab. Bone
Masnawati/ 02.15. 3163 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang manajemen sarana dan prasarana yang baik
diharapkan dapat menciptakan sekolah islam yang bersih, rapi, indah sehingga
menciptakan kondisi yangmenyenangkan bagi guru maupun murid untuk berada di
sekolah Islam. Di samping ini juga diharapkan tersedianya alat-alat atau fasilitas
belajar yang memadai secara kualitatif, kuantitatif, dan relevan dengan kebutuhan
serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan
pengajaran, baik oleh guru sebagai pengajar maupun murid sebagai pelajar.
Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini yakni pengaruh
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Cakkeware.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, sosiologis dan psikologis. Dengan demikian jumlah populasi dalam
penelitian ini yaitu semua siswa yang ada di MTs Irsyadussalam Cakkeware
Kabupaten Bone Tahun 2018 yang berjumlah 74 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan
simultan antara pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi
belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware yang ditunjukkan dari F_hitung
(4,954) > F_tabel (4,063). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji
F diperoleh nilai 0,046 , dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil
daripada probabilitas α yang ditetapkan. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya
pengaruh yang positif dan simultan antara antara pemanfaatan sarana dan prasarana
pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware.
A. Simpulan
1. Pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Irsyadussalam
Cakkeware dalam ketegori maksimal.
2. Motivasi belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware dalam ketegori
cukup tinggi.
3. Adanya pengaruh yang positif dan simultan antara antara pemanfaatan sarana
dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs
Irsyadussalam Cakkeware.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang kiranya
menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan sarana dan prasarana yang
dilakukan guru pada MTs Isyadussalam Cakkeware sudah cukup baik, namun
alangkah baiknya guru lebih meningkatkan keterampilan guru dalam
menggunakan atau memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah, karena
kualitas dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat dilihat
bagaimana dia dapat mengunakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana
pendidikan yang telah tersedia dengan baik dan dapat memotivasi siswa lebih
bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar dan mencapai prestasi
dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai seorang
yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
diharapkan dapat menciptakan sekolah islam yang bersih, rapi, indah sehingga
menciptakan kondisi yangmenyenangkan bagi guru maupun murid untuk berada di
sekolah Islam. Di samping ini juga diharapkan tersedianya alat-alat atau fasilitas
belajar yang memadai secara kualitatif, kuantitatif, dan relevan dengan kebutuhan
serta dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan proses pendidikan dan
pengajaran, baik oleh guru sebagai pengajar maupun murid sebagai pelajar.
Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini yakni pengaruh
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Cakkeware.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
penelitian kuantitatif sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan
manajemen, sosiologis dan psikologis. Dengan demikian jumlah populasi dalam
penelitian ini yaitu semua siswa yang ada di MTs Irsyadussalam Cakkeware
Kabupaten Bone Tahun 2018 yang berjumlah 74 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan
simultan antara pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi
belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware yang ditunjukkan dari F_hitung
(4,954) > F_tabel (4,063). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji
F diperoleh nilai 0,046 , dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil
daripada probabilitas α yang ditetapkan. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya
pengaruh yang positif dan simultan antara antara pemanfaatan sarana dan prasarana
pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware.
A. Simpulan
1. Pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan di MTs Irsyadussalam
Cakkeware dalam ketegori maksimal.
2. Motivasi belajar siswa di MTs Irsyadussalam Cakkeware dalam ketegori
cukup tinggi.
3. Adanya pengaruh yang positif dan simultan antara antara pemanfaatan sarana
dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di MTs
Irsyadussalam Cakkeware.
B. Impilkasi
Dari seluruh bahasan dalam penelitian ini, ada beberapa saran yang kiranya
menjadi penting dikemukakan, di antaranya yaitu:
1. Berdasarkan hasil penelitian, pemanfaatan sarana dan prasarana yang
dilakukan guru pada MTs Isyadussalam Cakkeware sudah cukup baik, namun
alangkah baiknya guru lebih meningkatkan keterampilan guru dalam
menggunakan atau memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah, karena
kualitas dan kemampuan serta kreatifitas seorang guru dapat dilihat
bagaimana dia dapat mengunakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana
pendidikan yang telah tersedia dengan baik dan dapat memotivasi siswa lebih
bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar dan mencapai prestasi
dengan baik.
2. Bagi siswa sebagai subyek belajar diharapkan siswa dapat aktif dalam
mengikuti proses belajar mengajar, memanfaatkan semua sarana dan
prasarana yang sudah tersedia dan bisa menempatkan diri sebagai seorang
yang terdidik, sehingga harapan untuk meraih prestasi belajar secara
maksimal dapat diperolehnya. Selain itu diharapkan siswa dapat memberikan
masukan bagi guru demi terciptanya interaksi belajar mengajar yang kondusif
dan menarik.
3. Bagi peneliti yang akan datang diharapkan mampu lebih banyak mengeksplor
kemampuan terkait dengan penelitian dengan judul pengaruh pemanfaatan
sarana dan prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa. Sehingga
hasil penelitian selanjutnya semakin memperkaya kajian ilmu dibidang
pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20190314 | 314/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
314/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
