Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Proses Pembelajaran di TK Sipakatau Desa Sijelling Kecamatan Tellusiattige Kabupaten Bone
Salmiani/02.18.6028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendamping Dalam Proses Pembelajaran
Di TK Sipakatau Desa Sijelling Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Adapun
ujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru pendamping
dalam membantu proses pembelajaran di TK sipakatau desa sijelling kecamatan
tellusiattinge kabupaten bone. 2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru
pendamping dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di tk
sipakatau desa sijelling kecamatan tellusiattinge kabupaten bone. 3) Untuk
mengetahui konstribusi peran guru pendamping dalam membantu proses
pembelajaran di tk sipakatau desa sijelling kecamatan tellusiattinge kabupaten bone.
Melalui penelitian lapangan yang dengan jenis kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi dan dukumentasi. Selanjutnya dianalisis
dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendamping dalam membantu
proses pembelajaran di TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
yaitu dengan berperan sebagai fasilator, inspirator, dan informator dilakukan
sebagaimana peran guru pada umumnya. Adapun dalam perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran guru pendamping mampu melaksanakannya dengan
bimbingan dan arahan yang selalu diberikan. Sehingga guru pemdamping dapat
memberikan konstribusi yang lebih bermanfaat di TK Sipakatau.
A. Simpulan
Peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di TK
Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
1. Peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di TK
Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Ada beberapa peran
guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran yaitu peran sebagai
fasilitator, peran sebagain inspirator, dan peran sebagai informator. Peran guru
sebagai fasilitator di TK sipakatau yaitu dengan menfasilitasi proses
pembelajaran serta bagaimana guru memberikan stimulus kepada anak didik
untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Peran sebagai
inspirator yaitu memberikan inspirasi kepada anak didik seperti memberikan
contoh teladan yang baik dalam bertutur dan berperilaku kepada anak didik.
eran sebagai informator adalah memberikan informasi ilmu pengetahuan di
luar dari tema seperti pengetahuan tentang agama ataupun tentang kehidupan
dimasrakat. misalnya menceritakan kisah nabi muhammad kepada anak
didik, selain tentang agama misalnya bahaya penggunaan HP kita sampaikan
kepada anak didik.
2. Peran guru pendamping dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran di TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone.
Peran dalam perencanaan guru pendamping yaitu membantu guru inti dalam
merumuskan perencanaan pembelajaran baik dalam pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH) dan perangkat pembelajaran lainnya. Peran
dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu melaksanakan tugas sesuai dengan
perencanaan yang telah disusun dengan melaksanakan tugas secara bergantian
pada kegiatan pembuka ataupun penutup. Evaluasi pembelajaran yaitu
membantu guru inti dalam mengevaluasi hasil karya anak maupun unjuk kerja
dengan cara membagi tugas dengan guru inti menilai capaian perkembangan
anak.
3. Kontribusi peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di
TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Guru pendamping
sudah melakukan tugasnya dengan baik yaitu dengan bersikap profesional,
dengan tugas utama mendidik, mengajar, melatih, menilai atau mengevaluasi
peserta didik dengan berperan sebagai fasilitator, inspirator dan informator
sehingga anak didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik serta besungguh-
bersungguh, taat pada peraturan dalam sekolah maupun diluar sekolah.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap guru memiliki peran yang sama dalam mendidik anak, dan sebagai guru
lebih mekasimalkan dalam melakukan perannya sebagai fasilitator, inspirator
dan informator.
2. Guru membuat dan menyiapak perangkat pembelajaran dengan sebaik-baiknya,
guru harus mampu untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi dan
mengantisipasi dengan sebaik-baiknya. Pembuatan perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi supaya lebih matang sehingga hasil yang dicapai dapat
memuaskan.
Di TK Sipakatau Desa Sijelling Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Adapun
ujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru pendamping
dalam membantu proses pembelajaran di TK sipakatau desa sijelling kecamatan
tellusiattinge kabupaten bone. 2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru
pendamping dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di tk
sipakatau desa sijelling kecamatan tellusiattinge kabupaten bone. 3) Untuk
mengetahui konstribusi peran guru pendamping dalam membantu proses
pembelajaran di tk sipakatau desa sijelling kecamatan tellusiattinge kabupaten bone.
Melalui penelitian lapangan yang dengan jenis kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi dan dukumentasi. Selanjutnya dianalisis
dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendamping dalam membantu
proses pembelajaran di TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
yaitu dengan berperan sebagai fasilator, inspirator, dan informator dilakukan
sebagaimana peran guru pada umumnya. Adapun dalam perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran guru pendamping mampu melaksanakannya dengan
bimbingan dan arahan yang selalu diberikan. Sehingga guru pemdamping dapat
memberikan konstribusi yang lebih bermanfaat di TK Sipakatau.
A. Simpulan
Peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di TK
Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone
1. Peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di TK
Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Ada beberapa peran
guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran yaitu peran sebagai
fasilitator, peran sebagain inspirator, dan peran sebagai informator. Peran guru
sebagai fasilitator di TK sipakatau yaitu dengan menfasilitasi proses
pembelajaran serta bagaimana guru memberikan stimulus kepada anak didik
untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Peran sebagai
inspirator yaitu memberikan inspirasi kepada anak didik seperti memberikan
contoh teladan yang baik dalam bertutur dan berperilaku kepada anak didik.
eran sebagai informator adalah memberikan informasi ilmu pengetahuan di
luar dari tema seperti pengetahuan tentang agama ataupun tentang kehidupan
dimasrakat. misalnya menceritakan kisah nabi muhammad kepada anak
didik, selain tentang agama misalnya bahaya penggunaan HP kita sampaikan
kepada anak didik.
2. Peran guru pendamping dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pembelajaran di TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone.
Peran dalam perencanaan guru pendamping yaitu membantu guru inti dalam
merumuskan perencanaan pembelajaran baik dalam pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Harian (RPPH) dan perangkat pembelajaran lainnya. Peran
dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu melaksanakan tugas sesuai dengan
perencanaan yang telah disusun dengan melaksanakan tugas secara bergantian
pada kegiatan pembuka ataupun penutup. Evaluasi pembelajaran yaitu
membantu guru inti dalam mengevaluasi hasil karya anak maupun unjuk kerja
dengan cara membagi tugas dengan guru inti menilai capaian perkembangan
anak.
3. Kontribusi peran guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di
TK Sipakatau Kecamatan Tellusiattinge Kabupaten Bone. Guru pendamping
sudah melakukan tugasnya dengan baik yaitu dengan bersikap profesional,
dengan tugas utama mendidik, mengajar, melatih, menilai atau mengevaluasi
peserta didik dengan berperan sebagai fasilitator, inspirator dan informator
sehingga anak didik dapat mengikuti pelajaran dengan baik serta besungguh-
bersungguh, taat pada peraturan dalam sekolah maupun diluar sekolah.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Setiap guru memiliki peran yang sama dalam mendidik anak, dan sebagai guru
lebih mekasimalkan dalam melakukan perannya sebagai fasilitator, inspirator
dan informator.
2. Guru membuat dan menyiapak perangkat pembelajaran dengan sebaik-baiknya,
guru harus mampu untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi dan
mengantisipasi dengan sebaik-baiknya. Pembuatan perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi supaya lebih matang sehingga hasil yang dicapai dapat
memuaskan.
Ketersediaan
| STAR20220235 | 235/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
235/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
