Pengaruh Video Animasi Terhadap Peningkatan Minat Belajar Anak Di Ra Al Ma’arif Bilae Desa Lappo Ase Kec. Awangpone Kabupaten Bone
Desi Ratnasari/02.18.6045 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh video animasi terhadap peningkatkan minat
belajar anak di RA Al Ma’Arif Bilae Desa Lappo Ase Kec.Awangpone Kabupaten
Bone. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksprimen pada kelas kelompok A dan B dengan jumlah siswa sebanyak 35
anak. dengan dua pendekatan yakni; pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode esprimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi yang
menggunakan rancangan mencari nilai rata-rata sebelum dan setelah penerapan video
animasi dan Dokumentasi di RA Al Ma’arif Bilae Desa Lappo Ase Kec.Awagpone
Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh minat belajar pada anak dilihat dari
Hasil penelitian sebelum penayangan terlebih dahulu melakukan observasi untuk
mengetahui kemampuan awal anak pada nilai rata-rata hanya mencapai 14,057 dan
setelah penerapan nilai rata-rata mencapai 30,971. Hasil perhitungan nilai t 0
dibandingkan dengan t tabel memperoleh bahwa t tabel yang taraf signifikasi 5% = 1,690
lebih kecil daripada hasil perhitungan t 0 = 5.830. Dari perhitungan t 0 lebih besar
daripada t tabel maka H 0 di tolak dan H 1 diterima maka dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh video animasi terhadap peningkatan belajar anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan judul pengaruh
video animasi terhadap peningkatan belajar pada anak di RA Al Ma’Arif Bilae Desa
Lappo Ase Kacamatan Awangpone Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasaan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Minat belajar anak sebelum penerapan video animasi di RA Al Ma Arif
Bilae, dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada setiap anak
masih terbilang kurang dalam ketertarikan, serta keterlibatan dalam
belajar, dilihat dari nilai rata-rata skor sebelum penerapan video animasi
diperoleh 14,057. Namun setelah peneliti melakukan penerapan video
animasi dilihat dari hasil observasi anak lebih memiliki ketertarikan, rasa
senang, perhatian, serta anak lebih terlibat dalam belajar. Dan dapat dilihat
dari hasil skor rata-rata setelah penerapan video animasi diperoleh 30,971
Dapat disimpulkan bahwa pengaruh video animasi terhadap peningkatan
minat belajar pada anak di RA Al Ma Arif Bilae Desa Lappo Ase
Kacematan Awangpone Kabupaten Bone dapat dikatakan meningkat
sesuai harapan peneliti.
2. Video animasi memilki pengaruh positif dan signifikan dalam
meningkatkan minat belajar pada anak di RA Al Ma’Arif Bilae di lihat
dari observasi dan hasil teknik analisis data mencari nilai t o . Jika t o lebih
besar dari t tabel atau sama dengan t tabel maka H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Sedangkan jika t o lebih kecil dari pada t tabel maka H 0 diterima dan H 1
ditolak. hasil perhitungan nilai t o dibandingkan dengan t tabel yang taraf
signifikasi 5%. Memperoleh bahwa t tabel yang taraf signifikasi 5% = 1.690
lebih kecil dari pada hasil perhitungan t o = 5.830. Karena t o lebih besar
dari pada t tabel maka H 0 ditolak dan H 1 diterima, ini berarti adanya
pengaruh video animasi dalam meningkatkan minat belajar pada anak RA
Al Ma’Arif Desa Lappo Ase Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
3. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka saran yang dapat
peneliti berikan sebagai berikut;
a. Video Animasi dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam peningkatan
minat belajar di sekolah-sekolah.
b. Video Animasi sebaiknya diberikan kepada anak dalam dua kali
seminggu, agar dapat meningkatkan minat belajar terkhusus pada rasa
senang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian anak dalam belajar.
c. Guru hendaknya mendampingi anak ketika penayangan video animasi
agar guru mengetahui apakah anak merasa senang, tertarik, terlibat serta
dapat memperhatikan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar
anak.
belajar anak di RA Al Ma’Arif Bilae Desa Lappo Ase Kec.Awangpone Kabupaten
Bone. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksprimen pada kelas kelompok A dan B dengan jumlah siswa sebanyak 35
anak. dengan dua pendekatan yakni; pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode esprimen. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi yang
menggunakan rancangan mencari nilai rata-rata sebelum dan setelah penerapan video
animasi dan Dokumentasi di RA Al Ma’arif Bilae Desa Lappo Ase Kec.Awagpone
Kabupaten Bone.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh minat belajar pada anak dilihat dari
Hasil penelitian sebelum penayangan terlebih dahulu melakukan observasi untuk
mengetahui kemampuan awal anak pada nilai rata-rata hanya mencapai 14,057 dan
setelah penerapan nilai rata-rata mencapai 30,971. Hasil perhitungan nilai t 0
dibandingkan dengan t tabel memperoleh bahwa t tabel yang taraf signifikasi 5% = 1,690
lebih kecil daripada hasil perhitungan t 0 = 5.830. Dari perhitungan t 0 lebih besar
daripada t tabel maka H 0 di tolak dan H 1 diterima maka dapat dikatakan bahwa ada
pengaruh video animasi terhadap peningkatan belajar anak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dengan judul pengaruh
video animasi terhadap peningkatan belajar pada anak di RA Al Ma’Arif Bilae Desa
Lappo Ase Kacamatan Awangpone Kabupaten Bone. Maka yang menjadi simpulan
dalam pembahasaan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Minat belajar anak sebelum penerapan video animasi di RA Al Ma Arif
Bilae, dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada setiap anak
masih terbilang kurang dalam ketertarikan, serta keterlibatan dalam
belajar, dilihat dari nilai rata-rata skor sebelum penerapan video animasi
diperoleh 14,057. Namun setelah peneliti melakukan penerapan video
animasi dilihat dari hasil observasi anak lebih memiliki ketertarikan, rasa
senang, perhatian, serta anak lebih terlibat dalam belajar. Dan dapat dilihat
dari hasil skor rata-rata setelah penerapan video animasi diperoleh 30,971
Dapat disimpulkan bahwa pengaruh video animasi terhadap peningkatan
minat belajar pada anak di RA Al Ma Arif Bilae Desa Lappo Ase
Kacematan Awangpone Kabupaten Bone dapat dikatakan meningkat
sesuai harapan peneliti.
2. Video animasi memilki pengaruh positif dan signifikan dalam
meningkatkan minat belajar pada anak di RA Al Ma’Arif Bilae di lihat
dari observasi dan hasil teknik analisis data mencari nilai t o . Jika t o lebih
besar dari t tabel atau sama dengan t tabel maka H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Sedangkan jika t o lebih kecil dari pada t tabel maka H 0 diterima dan H 1
ditolak. hasil perhitungan nilai t o dibandingkan dengan t tabel yang taraf
signifikasi 5%. Memperoleh bahwa t tabel yang taraf signifikasi 5% = 1.690
lebih kecil dari pada hasil perhitungan t o = 5.830. Karena t o lebih besar
dari pada t tabel maka H 0 ditolak dan H 1 diterima, ini berarti adanya
pengaruh video animasi dalam meningkatkan minat belajar pada anak RA
Al Ma’Arif Desa Lappo Ase Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
3. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka saran yang dapat
peneliti berikan sebagai berikut;
a. Video Animasi dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam peningkatan
minat belajar di sekolah-sekolah.
b. Video Animasi sebaiknya diberikan kepada anak dalam dua kali
seminggu, agar dapat meningkatkan minat belajar terkhusus pada rasa
senang, ketertarikan, keterlibatan dan perhatian anak dalam belajar.
c. Guru hendaknya mendampingi anak ketika penayangan video animasi
agar guru mengetahui apakah anak merasa senang, tertarik, terlibat serta
dapat memperhatikan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar
anak.
Ketersediaan
| STAR20220414 | 414/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
414/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
