Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Dengan Menggunakan Media Permainan Puzzel Pada Anak Usia Dini Kelompok B Usia 5 Dan 6 Tahun Di RA Al Ma'arif Bilae Desa Lappo Ase Kec.Awanpone
Risnawati/02.18.6037 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Membaca Huruf Hijaiyyah dengan
menggunakan medipuzzel Di RA Al-Ma’ArifBilae Desa Lappo Ase Kec.
AwangponeKab.Bone Dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa
permasalahan diantaranya, sebelumya guru mengajarkan huruf hijaiyyah dengan
media gambar huruf hijayyah sehingga anak kurang termotivasi dalam membaca
huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media dan metode apa
yang diberikan pada anak dalam membaca huruf hijaiyyah serta kendala dan
usaha untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif
dengan menggunakan media permainan puzzel. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah media puzzel. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa media yang
diberikan dalam membaca huruf hijaiyyah adalah media puzzle. Metode yang
digunakan yaitu demonstrasi. Kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya
media puzzle. Usaha dalam mengatasi kendala tersebut membuat media puzzle
yang baru dan membuat hiasan dinding yang bertulisakan huruf hijaiyyah serta
anak bisa bermain sambil belajar Dengan hal ini dapat dijelaskan bahwa
penggunaan media puzzle sangat efektif dalam membaca huruf hijaiyyah pada
kelompok B di RA Al-Ma’ArifBilae Desa Lappo Ase Kec. AwangponeKab.Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul
kemampuan membaca huruf hijayyah dengan menggunakan media permainan
puzzel pada anak usia dini kelompok B di RA al-ma’arifbilae desa lappo ase
kec.awangponekab.bonedapat disimpulkan sebagai berikut:
1. kemampuan awal peserta didik dalam membaca huruf hijayyah di sekolah RA
al-ma’arifbilae desa lappo ase kec.awangponekab.bone secara umum
kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyahsebagian kecilnya anak masih
belum bisa memahaminya dalam membaca huruf hijayyah sehingga
kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyah belum berkembang di
sekolah sehingga kemampuan awal anak sebelum menggunakan media puzzel
minat anak dalam membaca huruf hijayyah berkurang akan tetapi setelah anak
melakukan media puzzel kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyah
meningkat.
2. kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijayyah dengan media puzzel
pada anak usia dini di sekolah RA al-ma’arifbilae desa lappo ase
kec.awangponekab.bone karna pada media puzzle merupakan suatu gambar
yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar huruf hijayyahyang bertujuan
untuk mengasah anak untuk mengulang kembali bacaan huruf
hijayyah,melafaskan bunyi huruf hijayyah,membaca huruf hijayyah dengan
harokat,melati kosa kata anak dan meningkatkan daya ingat anak dalam
membaca huruf hijayyah sehingga anak dengan muda bisa mengenal huruf
hijayyah. Karna Permainan puzzle huruf hijaiyah yang digunakan juga
menimbulkan respon anak terhadap pembelajaran sangat antusias dan sebagian
besar aktif mengikuti pembelajaran. Hal ini ditunjukkan ketika anak ingin
segera bermain puzzle, dan paha hasil penelitian kemampuan anak dalam
membaca huruf hijayyah semakin meningkat sehingga anak mulai bisa
mengenal huruf hijayyah baik secara berurutan ataupun secara acak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas
penggunaan media puzzle dalam membaca huruf hijaiyyah, maka peneliti
mengemukakan beberapa saran yaitu:
1. Bagi pembaca diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu tentang
efektivitas penggunaan media puzzle dalam membaca huruf hijaiyyah
2. Bagi kepala sekolah diharapkan lebih memperhatikan sarana dan prasarana
sekolah baik media maupun alat permainan edukatif yang ada di kelas,
khususnya tentang pengenalan huruf hijaiyyah, agar guru tidak menemukan
kesulitan selama kegiatan pembelajaran dan para pesrta didik semakin
bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3. Bagi guru, perlu kiranya untuk lebih bervariatif dalam memberikan kegiatan
pembelajaran khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyyah melalui bermain
puzzle, sehingga anak dapat lebih antusias dan lebih tertarik dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran. Motivasi dan bimbingan perlu lebih ditingkatkan oleh
guru agar dapat memacu semangat belajar anak.
4. Peneliti selanjutnya, penelitian efektivitas penggunaan media puzzle dalam
membaca huruf hijaiyyah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, menjadi motovasi bagi peneliti selanjutnya untuk
melengkapi penelitian ini dengan beberapa variasi media puzzle yang lebih
baik. Seperti menggunakan berbagai tema, sehingga lebih memotivasi anak
dalam membaca huruf hijaiyyah.
menggunakan medipuzzel Di RA Al-Ma’ArifBilae Desa Lappo Ase Kec.
AwangponeKab.Bone Dalam penelitian ini penulis menemukan beberapa
permasalahan diantaranya, sebelumya guru mengajarkan huruf hijaiyyah dengan
media gambar huruf hijayyah sehingga anak kurang termotivasi dalam membaca
huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media dan metode apa
yang diberikan pada anak dalam membaca huruf hijaiyyah serta kendala dan
usaha untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif
dengan menggunakan media permainan puzzel. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah media puzzel. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa media yang
diberikan dalam membaca huruf hijaiyyah adalah media puzzle. Metode yang
digunakan yaitu demonstrasi. Kendala yang dihadapi diantaranya kurangnya
media puzzle. Usaha dalam mengatasi kendala tersebut membuat media puzzle
yang baru dan membuat hiasan dinding yang bertulisakan huruf hijaiyyah serta
anak bisa bermain sambil belajar Dengan hal ini dapat dijelaskan bahwa
penggunaan media puzzle sangat efektif dalam membaca huruf hijaiyyah pada
kelompok B di RA Al-Ma’ArifBilae Desa Lappo Ase Kec. AwangponeKab.Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul
kemampuan membaca huruf hijayyah dengan menggunakan media permainan
puzzel pada anak usia dini kelompok B di RA al-ma’arifbilae desa lappo ase
kec.awangponekab.bonedapat disimpulkan sebagai berikut:
1. kemampuan awal peserta didik dalam membaca huruf hijayyah di sekolah RA
al-ma’arifbilae desa lappo ase kec.awangponekab.bone secara umum
kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyahsebagian kecilnya anak masih
belum bisa memahaminya dalam membaca huruf hijayyah sehingga
kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyah belum berkembang di
sekolah sehingga kemampuan awal anak sebelum menggunakan media puzzel
minat anak dalam membaca huruf hijayyah berkurang akan tetapi setelah anak
melakukan media puzzel kemampuan anak dalam membaca huruf hijayyah
meningkat.
2. kemampuan peserta didik dalam membaca huruf hijayyah dengan media puzzel
pada anak usia dini di sekolah RA al-ma’arifbilae desa lappo ase
kec.awangponekab.bone karna pada media puzzle merupakan suatu gambar
yang dibagi menjadi potongan-potongan gambar huruf hijayyahyang bertujuan
untuk mengasah anak untuk mengulang kembali bacaan huruf
hijayyah,melafaskan bunyi huruf hijayyah,membaca huruf hijayyah dengan
harokat,melati kosa kata anak dan meningkatkan daya ingat anak dalam
membaca huruf hijayyah sehingga anak dengan muda bisa mengenal huruf
hijayyah. Karna Permainan puzzle huruf hijaiyah yang digunakan juga
menimbulkan respon anak terhadap pembelajaran sangat antusias dan sebagian
besar aktif mengikuti pembelajaran. Hal ini ditunjukkan ketika anak ingin
segera bermain puzzle, dan paha hasil penelitian kemampuan anak dalam
membaca huruf hijayyah semakin meningkat sehingga anak mulai bisa
mengenal huruf hijayyah baik secara berurutan ataupun secara acak.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang efektivitas
penggunaan media puzzle dalam membaca huruf hijaiyyah, maka peneliti
mengemukakan beberapa saran yaitu:
1. Bagi pembaca diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu tentang
efektivitas penggunaan media puzzle dalam membaca huruf hijaiyyah
2. Bagi kepala sekolah diharapkan lebih memperhatikan sarana dan prasarana
sekolah baik media maupun alat permainan edukatif yang ada di kelas,
khususnya tentang pengenalan huruf hijaiyyah, agar guru tidak menemukan
kesulitan selama kegiatan pembelajaran dan para pesrta didik semakin
bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3. Bagi guru, perlu kiranya untuk lebih bervariatif dalam memberikan kegiatan
pembelajaran khususnya dalam pengenalan huruf hijaiyyah melalui bermain
puzzle, sehingga anak dapat lebih antusias dan lebih tertarik dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran. Motivasi dan bimbingan perlu lebih ditingkatkan oleh
guru agar dapat memacu semangat belajar anak.
4. Peneliti selanjutnya, penelitian efektivitas penggunaan media puzzle dalam
membaca huruf hijaiyyah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, menjadi motovasi bagi peneliti selanjutnya untuk
melengkapi penelitian ini dengan beberapa variasi media puzzle yang lebih
baik. Seperti menggunakan berbagai tema, sehingga lebih memotivasi anak
dalam membaca huruf hijaiyyah.
Ketersediaan
| STAR20220394 | 394/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
394/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
