Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Di TK ABA Mico Kec.Salomekko Kab.Bone
Supra/ 02.18.6002 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran
kompetensi kepribadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di
TK ABA Mico Kec. Salomekko Kab. Bone. 2) Untuk mengetahui bagaimana cara
guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan pedekatan psikologis dan sosiologis, untuk
memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder.
Selanjutnya dianalisasi dengan cara: 1. Meredukasi data, 2. Penyajian data, 3.
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru di TK
ABA Mico yaitu guru bertindak sesuai dengan norma hukum, norma agama dan
etika yang berlaku, guru menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi,
guru memilki sifat yang bijaksana, memiliki perilaku yang baik yang dapat
disenangi oleh siswa, guru berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan
berakhlak mulia terhadap sisiwa. Adapun menanamkan kedisiplinan anak usia
dini dengan pembiasaan, keteladanan, reward dan pendekatan undividual.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa urgensi kompetensi
keperibadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini sangat penting
untuk diajarkan dan dibiasakan sejak dini. Karena disiplin anak membentuk
A. Kesimpulan
Kompetensi kepribadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia
dini di TK ABA Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
a. Kompetensi kepribadian guru di TK ABA Mico Kecamatan Salomekko
Kabupaten Bone sudah baik sebab guru mampu menjalankan kompetensi
kepribadian guru yang stabil di mana guru mematuhi aturan yang ada di
sekolah dan ke sekolah dengan memakai seragam sekolah, secara dewasa
secara berwibahwa dengan arif dan berakhlak mulia
b. Cara guru menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone ada empat yaitu. Keteladanan dengan mengarkan anak
membaca doa sebelum dan sesudah makan, datang ke sekolah dengan tepat
waktuPembiasaan dengan membiasakan anak membuang sampah pada
tempatnya, mengajarkan kepada anak tentang menjaga kebersihanReward
memberikan anaka motivasi dan tepuk tangan Pendekatan individual dengan
mengajak anak bercerita bersama
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
a. Setiap guru memiliki kompetensi kepribadian yang berbeda-beda dalam
menanamkan kedisiplinan anak usia dini, Dan sebagai guru harus
semaksimal mungkin dalam memberikan contoh-contoh yang kepada
anak-anak karena perilaku guru akan anak tiru apa yang gurunya lakukan.
b. Menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kecamatan.
Salomekko Kabupaten Bone yaitu dengan keteladanan, pembiasaan,
reward dan pendekatan individual. Maka sebelum menanamkan
kedisiplinan kepada anak didik terlebih dahulu guru harus menanamkan
kedisiplinan pada dirinya sendiri. Maka kompetensi kepribadian dalan
menanamkan kedisiplinana anak usia dini sangat penting dalam
menanamkan kedisiplinana anak usia dini di TK ABA Mico
kompetensi kepribadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di
TK ABA Mico Kec. Salomekko Kab. Bone. 2) Untuk mengetahui bagaimana cara
guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan pedekatan psikologis dan sosiologis, untuk
memperoleh data yang diinginkan menggunakan data primer dan sekunder.
Selanjutnya dianalisasi dengan cara: 1. Meredukasi data, 2. Penyajian data, 3.
Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru di TK
ABA Mico yaitu guru bertindak sesuai dengan norma hukum, norma agama dan
etika yang berlaku, guru menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi,
guru memilki sifat yang bijaksana, memiliki perilaku yang baik yang dapat
disenangi oleh siswa, guru berperilaku yang mencerminkan ketakwaan dan
berakhlak mulia terhadap sisiwa. Adapun menanamkan kedisiplinan anak usia
dini dengan pembiasaan, keteladanan, reward dan pendekatan undividual.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa urgensi kompetensi
keperibadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini sangat penting
untuk diajarkan dan dibiasakan sejak dini. Karena disiplin anak membentuk
A. Kesimpulan
Kompetensi kepribadian guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia
dini di TK ABA Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
a. Kompetensi kepribadian guru di TK ABA Mico Kecamatan Salomekko
Kabupaten Bone sudah baik sebab guru mampu menjalankan kompetensi
kepribadian guru yang stabil di mana guru mematuhi aturan yang ada di
sekolah dan ke sekolah dengan memakai seragam sekolah, secara dewasa
secara berwibahwa dengan arif dan berakhlak mulia
b. Cara guru menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kec.
Salomekko Kab. Bone ada empat yaitu. Keteladanan dengan mengarkan anak
membaca doa sebelum dan sesudah makan, datang ke sekolah dengan tepat
waktuPembiasaan dengan membiasakan anak membuang sampah pada
tempatnya, mengajarkan kepada anak tentang menjaga kebersihanReward
memberikan anaka motivasi dan tepuk tangan Pendekatan individual dengan
mengajak anak bercerita bersama
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan, maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
a. Setiap guru memiliki kompetensi kepribadian yang berbeda-beda dalam
menanamkan kedisiplinan anak usia dini, Dan sebagai guru harus
semaksimal mungkin dalam memberikan contoh-contoh yang kepada
anak-anak karena perilaku guru akan anak tiru apa yang gurunya lakukan.
b. Menanamkan kedisiplinan anak usia dini di TK ABA Mico Kecamatan.
Salomekko Kabupaten Bone yaitu dengan keteladanan, pembiasaan,
reward dan pendekatan individual. Maka sebelum menanamkan
kedisiplinan kepada anak didik terlebih dahulu guru harus menanamkan
kedisiplinan pada dirinya sendiri. Maka kompetensi kepribadian dalan
menanamkan kedisiplinana anak usia dini sangat penting dalam
menanamkan kedisiplinana anak usia dini di TK ABA Mico
Ketersediaan
| STAR20220105 | 105/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
105/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
