Urgensi Keterampilan Guru PAI Dalam Menjelaskan Pelajaran Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 3 Awangpone
Nirmalasari/02.18.1124 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang “Urgensi Keterampilan Guru PAI dalam
Menjelaskan pelajaran Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII
SMP Negeri 3 Awangpone”. Hal yang dapat dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui keterampilan menjelaskan guru PAI dalam pelajaran, konsentrasi belajar
siswa, dan kontribusi keterampilan menjelaskan guru PAI dalam pelajaran untuk
meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Awangpone.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan normatif,
sosiologis, psikologis dan melakukan penelitian dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Keterampilan guru PAI dalam
menjelaskan pelajaran SMP Negeri 3 Awangpone dapat diketahui dari komponen-
komponen sebagai berikut: kejelasan, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian
tekanan, dan balikan. Dari komponen-komponen tersebut sangat penting dan harus
dikuasai oleh guru agar penjelasan yang diberikan mudah dimengerti dan dipahami
oleh siswa.KeduaKonsentrasi belajar siswa SMP Negeri 3 Awangpone dapat
diketahui dari perilaku belajar sebagai berikut: perilaku kognitif, perilaku Afektif,
perilaku psikomotor dan perilaku berbahasa. Dari Perilaku belajar tersebut, bahwa
setiap siswa memiliki konsentrasi belajar yang berbeda-beda. Namun perhatian atau
konsentrasi belajar siswa sudah cukup bagus.Ketiga Berdasarkan hasil penelitian ada
Kontribusi keterampilan guru PAI dalam menjelaskan pelajaran untuk meningkatkan
konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Awangpone. Hal ini dapat dilihat
dari penjelasan yang menggunakan keterampilan guru PAI dalam menjelaskan
pelajaran dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Keterampilanguru PAI dalam menjelaskan pelajaran SMP Negeri 3 Awangpone
dapat diketahui dari komponen-komponen sebagai berikut: kejelasan,
penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan, dan balikan. Dari
komponen-komponen tersebut sangat penting dan harus dikuasai oleh guru agar
penjelasan yang diberikan mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.
2. Konsentrasi belajar siswa SMP Negeri 3 Awangpone dapat diketahui dari
perilaku belajar sebagai berikut: perilaku kognitif, perilaku Afektif, perilaku
psikomotor dan perilaku berbahasa. Dari Perilaku belajar tersebut, bahwa setiap
siswa memiliki konsentrasi belajar yang berbeda-beda. Namun perhatian atau
konsentrasi belajar siswa sudah cukup bagus.
3. Berdasarkan hasil penelitian ada Kontribusi keterampilan guru PAI dalam
menjelaskan pelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Awangpone. Hal ini dapat dilihat dari penjelasan yang
menggunakan keterampilan guru PAI dalam menjelaskan pelajaran dapat
meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana pada siswa.
2. Kepada guru PAI SMP Negeri 3 Awangpone hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan
dalam memahami siswa dalam pelajaran sehingga proses belajar mengajar di
dalam kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Menjelaskan pelajaran Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII
SMP Negeri 3 Awangpone”. Hal yang dapat dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui keterampilan menjelaskan guru PAI dalam pelajaran, konsentrasi belajar
siswa, dan kontribusi keterampilan menjelaskan guru PAI dalam pelajaran untuk
meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Awangpone.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan normatif,
sosiologis, psikologis dan melakukan penelitian dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Keterampilan guru PAI dalam
menjelaskan pelajaran SMP Negeri 3 Awangpone dapat diketahui dari komponen-
komponen sebagai berikut: kejelasan, penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian
tekanan, dan balikan. Dari komponen-komponen tersebut sangat penting dan harus
dikuasai oleh guru agar penjelasan yang diberikan mudah dimengerti dan dipahami
oleh siswa.KeduaKonsentrasi belajar siswa SMP Negeri 3 Awangpone dapat
diketahui dari perilaku belajar sebagai berikut: perilaku kognitif, perilaku Afektif,
perilaku psikomotor dan perilaku berbahasa. Dari Perilaku belajar tersebut, bahwa
setiap siswa memiliki konsentrasi belajar yang berbeda-beda. Namun perhatian atau
konsentrasi belajar siswa sudah cukup bagus.Ketiga Berdasarkan hasil penelitian ada
Kontribusi keterampilan guru PAI dalam menjelaskan pelajaran untuk meningkatkan
konsentrasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Awangpone. Hal ini dapat dilihat
dari penjelasan yang menggunakan keterampilan guru PAI dalam menjelaskan
pelajaran dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Keterampilanguru PAI dalam menjelaskan pelajaran SMP Negeri 3 Awangpone
dapat diketahui dari komponen-komponen sebagai berikut: kejelasan,
penggunaan contoh dan ilustrasi, pemberian tekanan, dan balikan. Dari
komponen-komponen tersebut sangat penting dan harus dikuasai oleh guru agar
penjelasan yang diberikan mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa.
2. Konsentrasi belajar siswa SMP Negeri 3 Awangpone dapat diketahui dari
perilaku belajar sebagai berikut: perilaku kognitif, perilaku Afektif, perilaku
psikomotor dan perilaku berbahasa. Dari Perilaku belajar tersebut, bahwa setiap
siswa memiliki konsentrasi belajar yang berbeda-beda. Namun perhatian atau
konsentrasi belajar siswa sudah cukup bagus.
3. Berdasarkan hasil penelitian ada Kontribusi keterampilan guru PAI dalam
menjelaskan pelajaran untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Awangpone. Hal ini dapat dilihat dari penjelasan yang
menggunakan keterampilan guru PAI dalam menjelaskan pelajaran dapat
meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian
kepada siswa dalam memberikan sarana dan prasarana pada siswa.
2. Kepada guru PAI SMP Negeri 3 Awangpone hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan
dalam memahami siswa dalam pelajaran sehingga proses belajar mengajar di
dalam kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20220165 | 165/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
165/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
