Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone
Nur Insani/02.16.3026 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang implementasi fungsi-fungsi manajemen
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan
Mare Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi
penelitian (SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone) dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi fungsi-fungsi
manajemen di SD Inpres 3/77 Pattiro diterapkan berdasarkan tahapan-tahapan
di dalam proses manajemen antara lain perencanaan (planning),
pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan
(controlling). Hal tersebut belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Sebab
berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap kepala
sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. 2) Bahwa peran fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 3/77
Pattiro dapat dikategorikan sudah baik, karena melihat dari hasil wawancara
kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di SD Inpres 3/77
Pattiro. Hal ini dapat dilihat dari standar kompetensi lulusan, standar isi,
standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan, standar penilaian pendidikan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Implementasi fungsi-fungsi manajemen di SD Inpres 3/77 Pattiro diterapkan
berdasarkan tahapan-tahapan di dalam proses manajemen antara lain adalah
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan
(actuating), dan pengawasan (controlling). Hal tersebut belum sepenuhnya
terjadi pada sekolah SD Inpres 3/77 Pattiro. Sebab berdasarkan hasil
wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap kepala sekolah, tenaga
pendidik, dan tenaga kependidikan dapat diketahui bahwa fungsi-fungsi
manajemen dapat dikategorikan lumayan baik, namun belum sepenuhnya
maksimal, terbukti dari tidak terpenuhinya semua kegiatan dalam proses
pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen.
2. Peran fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD
Inpres 3/77 Pattiro, dapat dikategorikan sudah baik, karna melihat dari beberapa
tanggapan kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di SD
Inpres 3/77 Pattiro. Hal ini dapat dilihat dari standar kompetensi lulusan,
standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar
sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar
penilaian pendidikan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga SD Inpres 3/77 Pattiro saling
bekerjasama untuk turut andil dalam memaksimalkan implementasi fungsi-
fungsi manajemen.
2. Kepada kepala sekolah, hendaknya selalu menjalin komunikasi maupun
kerjasama yang baik dengan seluruh warga sekolah agar terciptanya hubungan
emosional yang baik serta mampu mewujudkan visi dan misi sekolah.
3. Kepada pendidik dan tenaga kependidikan, hendaknya dapat membantu kepala
sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen dengan baik sehingga
implementasi fungsi-fungsi manajemen berjalan dengan maksimal.
dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan
Mare Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lokasi
penelitian (SD Inpres 3/77 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone) dengan
cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi fungsi-fungsi
manajemen di SD Inpres 3/77 Pattiro diterapkan berdasarkan tahapan-tahapan
di dalam proses manajemen antara lain perencanaan (planning),
pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan
(controlling). Hal tersebut belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Sebab
berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap kepala
sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. 2) Bahwa peran fungsi-
fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpres 3/77
Pattiro dapat dikategorikan sudah baik, karena melihat dari hasil wawancara
kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di SD Inpres 3/77
Pattiro. Hal ini dapat dilihat dari standar kompetensi lulusan, standar isi,
standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan, standar penilaian pendidikan.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Implementasi fungsi-fungsi manajemen di SD Inpres 3/77 Pattiro diterapkan
berdasarkan tahapan-tahapan di dalam proses manajemen antara lain adalah
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan
(actuating), dan pengawasan (controlling). Hal tersebut belum sepenuhnya
terjadi pada sekolah SD Inpres 3/77 Pattiro. Sebab berdasarkan hasil
wawancara dan observasi yang dilakukan terhadap kepala sekolah, tenaga
pendidik, dan tenaga kependidikan dapat diketahui bahwa fungsi-fungsi
manajemen dapat dikategorikan lumayan baik, namun belum sepenuhnya
maksimal, terbukti dari tidak terpenuhinya semua kegiatan dalam proses
pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen.
2. Peran fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD
Inpres 3/77 Pattiro, dapat dikategorikan sudah baik, karna melihat dari beberapa
tanggapan kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di SD
Inpres 3/77 Pattiro. Hal ini dapat dilihat dari standar kompetensi lulusan,
standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar
sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar
penilaian pendidikan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada pihak sekolah, hendaknya seluruh warga SD Inpres 3/77 Pattiro saling
bekerjasama untuk turut andil dalam memaksimalkan implementasi fungsi-
fungsi manajemen.
2. Kepada kepala sekolah, hendaknya selalu menjalin komunikasi maupun
kerjasama yang baik dengan seluruh warga sekolah agar terciptanya hubungan
emosional yang baik serta mampu mewujudkan visi dan misi sekolah.
3. Kepada pendidik dan tenaga kependidikan, hendaknya dapat membantu kepala
sekolah dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen dengan baik sehingga
implementasi fungsi-fungsi manajemen berjalan dengan maksimal.
Ketersediaan
| STAR20200202 | 202/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
202/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
