Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak Terhadap Pembinaan Perilaku Ihsan Dan Hasil Belajar Siswa kelas X Di MAN 1 Bone
Hasni/02.18.1081 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang iPengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak
Terhadap Pembinaan Perilaku Ihsan Dan Hasil Belajar Siswa kelas X Di Man 1
Bone. Pokok permasalahanya Bagaimana penguasaan materi akidah akhlak pada
siswa kelas X di MAN 1 Bone, Bagaimana pengaruh penguasaan materi akidah
akhlak terhadap perilaku ihsan di kelas X MAN 1 Bone dan Bagaimana pengaruh
pengguasaan materi akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui penguasaan materi akidah akhlak, pengaruh penguasaan materi
akidah akhlak terhadap perilaku ihsan dan pengaruh pengguasaan materi akidah
akhlak terhadap hasil belajar siswa adapun Kegunaan penelitian yang dilakukan
adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Man 1 Bone yang
berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, Tes dan dokumentasi,yaitu suatu metode yang digunakan dengan
mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek
yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya
penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan
teologi normatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah SPSS.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dikemukakan hasil Pertama,
bahwa Penguasaan materi akidah akhlak Penguasaan akidah akhlak berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Man 1 Bone tahun ajaran
2022/2023. hal ini dibuktikan hasil dari evalusi belajar siswa berdasarkan hasil pret
test yang diberikan guru kepada siswa agar siswa mampu menguasai materi akidah
akhlak dengan baik dari hasil penelitian yg di lakukan bahwa 36 siswa kelas X
menguasai materi yg diberikan. Kedua, Pengaruh materi akidah akhlak terhadap
perilaku ihsan siswa Perilaku siswa berdasarkan hasil angket memiliki dua ketegori
yaitu sangat baik dan baik. Persentase siswa yang berada pada ketegori sangat baik
mencapai 43,28% dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa dan persentasi siswa yang
berada pada kategori baik mencapai 40,46 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa.
Maka bisa dilihat hasil perilaku siswa kelas X Man 1 Bone memiliki hasil yang baik.
Ketiga, materi akidah akhlak berpengaruh terhadap hasil belajar, terlihat bahwa nilai
tertinggi yang diperoleh siswa mencapai 100 dan nilai terendah 70. Perolehan nilai
siswa secara keseluruhan mulai dari nilai tertinggi yaitu 100 sebanyak tujuh belas
orang (47,2%), kemudian nilai 90 sebanyak 3 orang (8,3%), selanjutnya nilai 80
sebanyak sepuluh orang (27,8%), dan nilai 70 sebanyak enpat orang (11,1%), serta
terdapat dua orang yang tidak hadir karena sakit (5,6%). Jadi dari hasil presentasi
nilai siswa dari yang tertinggi hingga terendah dapat disimpulkan bahwa setelah
proses pembelajaran, hasil belajar siswa dapat dikatakan lebih baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Penguasaan materi akidah pada siswa kelas X Man 1 Bone tahun ajaran
2022/2023.cukup berhasil.Hal ini dibuktikan dari hasil devalusi belajar
siswa Berdasarkan hasil angket yang diberikan peneliti kepada siswa agar
siswa terbukti siswa mampu menguasai materi akidah akhlak dengan baik.
Dari hasil penelitian yg di lakukan bahwa 36 siswa kelas X menguasai materi
yg diberikan.
2. Pengaruh materi akidah akhlak terhadap perilaku ihsan siswa berdasarkan
hasil angket memiliki dua ketegori yaitu sangat baik dan baik. Persentase
siswa yang berada pada ketegori sangat baik mencapai 43,28% dengan
jumlah siswa sebanyak 17 siswa dan persentasi siswa yang berada pada
kategori baik mencapai 40,46 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Maka
bisa dilihat hasil perilaku siswa kelas X Man 1 Bone memiliki hasil yang baik.
3. Penggaruh materi akidah akhlak dan berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar siswa kelas X Man 1 Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig-
nya (P-value) sebesar 0,000 pada uji regresi linier berganda. Dimana jika P-
value (0,000) < α (0,05) maka menolak H0
B. Saran
Peneliti menyampaikan saran berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Bagi guru, diharapkan menyadari akan perlunya meningkatkan penguasaan
materi khususnya dalam materi Akhlak agar dapat membentuk perilaku yang
menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma agama.
2. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut
ini:
a. Mengkaji lebih dalam lagi sumber dan referensi yang terkait dengan
pengaruh penguasaan materi Akhlak terhadap perilaku . sehingga
penelitian selanjutnya lebih banyak memiliki dasar teori agar hasil
penelitiannya dapat lebih baik lagi.
b. Memahami tata aturan penelitian untuk dapat menjalankan proses
penelitian dari awal pembuatan judul skripsi hingga mempresentasikan
hasil skripsi yang telah di buat.
Terhadap Pembinaan Perilaku Ihsan Dan Hasil Belajar Siswa kelas X Di Man 1
Bone. Pokok permasalahanya Bagaimana penguasaan materi akidah akhlak pada
siswa kelas X di MAN 1 Bone, Bagaimana pengaruh penguasaan materi akidah
akhlak terhadap perilaku ihsan di kelas X MAN 1 Bone dan Bagaimana pengaruh
pengguasaan materi akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui penguasaan materi akidah akhlak, pengaruh penguasaan materi
akidah akhlak terhadap perilaku ihsan dan pengaruh pengguasaan materi akidah
akhlak terhadap hasil belajar siswa adapun Kegunaan penelitian yang dilakukan
adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Man 1 Bone yang
berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi, Tes dan dokumentasi,yaitu suatu metode yang digunakan dengan
mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek
yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya
penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan paedagogik, psikologis dan
teologi normatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah SPSS.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dikemukakan hasil Pertama,
bahwa Penguasaan materi akidah akhlak Penguasaan akidah akhlak berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X Man 1 Bone tahun ajaran
2022/2023. hal ini dibuktikan hasil dari evalusi belajar siswa berdasarkan hasil pret
test yang diberikan guru kepada siswa agar siswa mampu menguasai materi akidah
akhlak dengan baik dari hasil penelitian yg di lakukan bahwa 36 siswa kelas X
menguasai materi yg diberikan. Kedua, Pengaruh materi akidah akhlak terhadap
perilaku ihsan siswa Perilaku siswa berdasarkan hasil angket memiliki dua ketegori
yaitu sangat baik dan baik. Persentase siswa yang berada pada ketegori sangat baik
mencapai 43,28% dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa dan persentasi siswa yang
berada pada kategori baik mencapai 40,46 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa.
Maka bisa dilihat hasil perilaku siswa kelas X Man 1 Bone memiliki hasil yang baik.
Ketiga, materi akidah akhlak berpengaruh terhadap hasil belajar, terlihat bahwa nilai
tertinggi yang diperoleh siswa mencapai 100 dan nilai terendah 70. Perolehan nilai
siswa secara keseluruhan mulai dari nilai tertinggi yaitu 100 sebanyak tujuh belas
orang (47,2%), kemudian nilai 90 sebanyak 3 orang (8,3%), selanjutnya nilai 80
sebanyak sepuluh orang (27,8%), dan nilai 70 sebanyak enpat orang (11,1%), serta
terdapat dua orang yang tidak hadir karena sakit (5,6%). Jadi dari hasil presentasi
nilai siswa dari yang tertinggi hingga terendah dapat disimpulkan bahwa setelah
proses pembelajaran, hasil belajar siswa dapat dikatakan lebih baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Penguasaan materi akidah pada siswa kelas X Man 1 Bone tahun ajaran
2022/2023.cukup berhasil.Hal ini dibuktikan dari hasil devalusi belajar
siswa Berdasarkan hasil angket yang diberikan peneliti kepada siswa agar
siswa terbukti siswa mampu menguasai materi akidah akhlak dengan baik.
Dari hasil penelitian yg di lakukan bahwa 36 siswa kelas X menguasai materi
yg diberikan.
2. Pengaruh materi akidah akhlak terhadap perilaku ihsan siswa berdasarkan
hasil angket memiliki dua ketegori yaitu sangat baik dan baik. Persentase
siswa yang berada pada ketegori sangat baik mencapai 43,28% dengan
jumlah siswa sebanyak 17 siswa dan persentasi siswa yang berada pada
kategori baik mencapai 40,46 dengan jumlah siswa sebanyak 19 siswa. Maka
bisa dilihat hasil perilaku siswa kelas X Man 1 Bone memiliki hasil yang baik.
3. Penggaruh materi akidah akhlak dan berpengaruh secara signifikan terhadap
hasil belajar siswa kelas X Man 1 Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig-
nya (P-value) sebesar 0,000 pada uji regresi linier berganda. Dimana jika P-
value (0,000) < α (0,05) maka menolak H0
B. Saran
Peneliti menyampaikan saran berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan, yaitu:
1. Bagi guru, diharapkan menyadari akan perlunya meningkatkan penguasaan
materi khususnya dalam materi Akhlak agar dapat membentuk perilaku yang
menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma agama.
2. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut
ini:
a. Mengkaji lebih dalam lagi sumber dan referensi yang terkait dengan
pengaruh penguasaan materi Akhlak terhadap perilaku . sehingga
penelitian selanjutnya lebih banyak memiliki dasar teori agar hasil
penelitiannya dapat lebih baik lagi.
b. Memahami tata aturan penelitian untuk dapat menjalankan proses
penelitian dari awal pembuatan judul skripsi hingga mempresentasikan
hasil skripsi yang telah di buat.
Ketersediaan
| STAR20240010 | 10/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
10/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
