Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas V MIN 3 Bone
Nur Afiah/02.18.5093 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran
tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V MIN 3 Bone. Pokok
permasalahan adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 3 Bone. Metode
yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental
yang menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest. Menggunakan
pendekatan paedagogis dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Setelah dianalisis diketahui bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tebak kata
terhadap hasil belajar ipa siswa. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada hasil uji-T
diperoleh nilai t hitung = 9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima,
artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan metode
pembelajaran tebak kata yang memberikan pengaruh nyata dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Berdasarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas
V MIN 3 Bone.
A. Kesimpulan
Metode pembelajaran tebak kata berpengaruh dalam meningkatkan
hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada distribusi yang
diperoleh pada nilai posttest >pretest dan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung =
9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti
ada pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar IPA
siswa kelas V.
B. Saran
Beberapa saran yang dapat penulis kemukakan berdasarkan hasil yang
diperoleh selama penelitian demi tercapainya hasil yang optimal, yaitu :
1. Diharapkan kepada Kepala Madrasah MIN 3 Bone agar menganjurkan
kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran
tebak katasebagai salah satu metode dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada Guru, agar menjadikan metode pembelajaran tebak
kata sebagai alternatif pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA untuk membantu
peningkatan hasil belajar peserta didik.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih fokus dalam menjalankan
metode pembelajaran tebak katayang diterapkan oleh guru sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V MIN 3 Bone. Pokok
permasalahan adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 3 Bone. Metode
yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental
yang menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest. Menggunakan
pendekatan paedagogis dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Setelah dianalisis diketahui bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tebak kata
terhadap hasil belajar ipa siswa. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada hasil uji-T
diperoleh nilai t hitung = 9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima,
artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan metode
pembelajaran tebak kata yang memberikan pengaruh nyata dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Berdasarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas
V MIN 3 Bone.
A. Kesimpulan
Metode pembelajaran tebak kata berpengaruh dalam meningkatkan
hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada distribusi yang
diperoleh pada nilai posttest >pretest dan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung =
9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti
ada pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar IPA
siswa kelas V.
B. Saran
Beberapa saran yang dapat penulis kemukakan berdasarkan hasil yang
diperoleh selama penelitian demi tercapainya hasil yang optimal, yaitu :
1. Diharapkan kepada Kepala Madrasah MIN 3 Bone agar menganjurkan
kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran
tebak katasebagai salah satu metode dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada Guru, agar menjadikan metode pembelajaran tebak
kata sebagai alternatif pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA untuk membantu
peningkatan hasil belajar peserta didik.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih fokus dalam menjalankan
metode pembelajaran tebak katayang diterapkan oleh guru sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20230128 | 128/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
128/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
