Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas V MIN 3 Bone

No image available for this title
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran
tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V MIN 3 Bone. Pokok
permasalahan adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 3 Bone. Metode
yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental
yang menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Posttest. Menggunakan
pendekatan paedagogis dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Setelah dianalisis diketahui bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran tebak kata
terhadap hasil belajar ipa siswa. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa pada hasil uji-T
diperoleh nilai t hitung = 9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima,
artinya ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penerapan metode
pembelajaran tebak kata yang memberikan pengaruh nyata dalam meningkatkan hasil
belajar peserta didik. Berdasarkan hasil terebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas
V MIN 3 Bone.
A. Kesimpulan
Metode pembelajaran tebak kata berpengaruh dalam meningkatkan
hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada distribusi yang
diperoleh pada nilai posttest >pretest dan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung =
9.648 > t tabel = 3. 258 artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini berarti
ada pengaruh metode pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar IPA
siswa kelas V.
B. Saran
Beberapa saran yang dapat penulis kemukakan berdasarkan hasil yang
diperoleh selama penelitian demi tercapainya hasil yang optimal, yaitu :
1. Diharapkan kepada Kepala Madrasah MIN 3 Bone agar menganjurkan
kepada guru mata pelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran
tebak katasebagai salah satu metode dalam proses pembelajaran.
2. Diharapkan kepada Guru, agar menjadikan metode pembelajaran tebak
kata sebagai alternatif pilihan dalam melaksanakan proses
pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA untuk membantu
peningkatan hasil belajar peserta didik.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar lebih fokus dalam menjalankan
metode pembelajaran tebak katayang diterapkan oleh guru sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Ketersediaan
STAR20230128128/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

128/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Tebak Kata

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top