Manajemen sekolah dalam meningkatkan prestasi lulusan secara priodik di SMAN 1 Kajuara
Hasnidar/02.12.3092 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Lulusan Secara Periodik Di SMA Negeri 1 Kajuara”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai manajemen sekolah di SMA Negeri 1 kajuara dan prestasi lulusan secara periodik di SMA Negeri 1 kajuara.rnUntuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan atau verifikasirnBerdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah di SMA Negeri 1 Kajuara dimulai pada proses perencanaan yang mengacu pada visi misi sekolah. Proses perencanaan SMA Negeri 1 Kajuara yang terfokus pada prestasi lulusan yang berkualitas dengan melalui beberapa tahap yaitu menetapkan tujuan, program, waktu biaya dan petugas yang mengelolah media, cara merealisasikan rencana SMA Negeri 1 Kajuara yaitu dengan mengorganisasikan guru dan pegawai sebagai pengelolah proses belajar mengajar, proses penggerakan yang tetap mementingkan kerja sama sehingga informasi dan komunikasi berjalan lancar dan terakhir melakukan proses pengendalian, dalam meningkatkan prestasi lulusan secara priodik di SMA Negeri 1 Kajuara cukup meningkat dengan adanya manajemen sekolah yang mengatur semua program sekolah dan dapat dilihat dari nilai hasil ujian praktik, nilai hasil ujian sekolah dan nilai hasil ujian nasional siswa. Sedangkan peran manajemen sekolah dalam meningkatkan prestasi lulusan di SMA Negeri 1 Kajuara yaitu mengelolah kurikulum dengan baik, menyediakan sarana dan prasarana, mengelolah kelas yang efektif dan melakukan pembinaan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.rnA.Simpulan rnBerdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan dalam bab IV mengenai manajemen sekolah dalam Meningkatkan prestasi lulusan Secara priodik di SMA Negeri 1 Kajuara maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:rn1.Manajemen sekolah di SMA Negeri 1 Kajuara dimulai pada proses perencanaan yang mengacu pada visi misi sekolah. Proses perencanaan SMA Negeri 1 Kajuara yang terfokus pada media pembelajaran yang berkualitas yang berbasis komputer dengan melalui beberapa tahap yaitu menetapkan tujuan, program, waktu biaya dan petugas yang mengelolah media. Cara merealisasiakan rencana SMA Negeri 1 Kajuara yaitu dengan mengorganisasikan guru dan pegawai sebagai pengelolah media pembelajaran. Proses penggerakan yang tetap mementingkan kerja sama sehingga informasi dan komunikasi berjalan lancar. Dan target SMA Negeri 1 Kajuara untuk meningkatkan prestasi lulusan secara priodik yang berkualitas dapat terwujud melalui proses pengendalian yang dilakukan oleh pihak sekolah. rn2. Prestasi lulusan secara priodik di SMA Negeri 1 Kajuara yaitu dalam meningkatkan prestasi lulusan harus dilihat dari nilai hasil ujian praktik, nilai hasil ujian sekolah dan nilai hasil ujian nasional siswa.dan mengelola manajemen sekolah dengan baik.rn3.Peran manajemen sekolah dalam meningkatkan prestasi lulusan di SMA Negeri 1 Kajuara yaitu mengelolah kurikulum dengan baik, menyediakan sarana dan prasarana, mengelolah kelas yang efektif dan melakukan pembinaan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.rnB. SaranrnSetelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Diharapkan kepada SMA Negeri 1 Kajuara lebih meningkatkan penerapan dan pemahaman mengenai manajemen sekolah tanpa meninggalkan beberapa tahap dalam setiap fungsi manajemen. rn2.Pihak sekolah sebaiknya tidak hanya fokus pada bidang studi yang masuk ujian nasional, namun harus juga memperhatikan bidang studi lainnya. Dan disiapkan petugas khusus yang mengelolah media pembelajaran tanpa dikelolah sendiri bidang studi yang bersangkutan, agar penggunaan dan perawatannya lebih baik dan teratur. Untuk memperbanyak media yang ada di ruang media butuh informasi dari guru-guru. Karena pengelolaan dimaksudkan agar media yang akan digunakan oleh guru itu tersedia, tidak cepat rusak, tahan lama, sehingga media pembelajaran di sekolah lebih efektif.rn3.Sarana dan prasarana serta media pendidikan sudah memadai, namun perlu ditingkatkan lagi pemanfaatannya mengingat pentingnya media pembelajaran dalam pendidikan.rnrn
Ketersediaan
| ST20160164 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
164/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
