Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Dalam Pengelolaan Data Siswa Di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen dalam
Pengelolaan Data Siswa di MTs Al-Hidayah Bakke Kecamatan Barebbo Kabupaten
Bone” Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pemanfaatan sistem informasi
manajemen, pengelolaan data siswa dan kontribusi sistem informasi manajemen
dalam pengelolaan data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian yang digunakan
oleh peneliti adalah penelitian Kualitatif (Qualitatif Research). Peneliti menggunakan
pendekatan manajemen. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data
(Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan atau
verifikasi (Conclution drawing/Veryfication).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi manajemen
dalam pengelolaan data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke dapat terlaksana dengan
baik. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada pertama, dapat dilihat di antaranya:
penggunaan komputer yang didalamnya terdapat perangkat lunak yang mendukung
serta adanya peran sumber daya manusia yang menjalankan perangkat tersebut
sehingga dalam proses pengelolaan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang
diinginkan. Kedua, pengelolaan data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke, hal tersebut
dapat dilihat pada pengumpulan data, pengelolaan data dan penyajian data dengan
menggunakan aplikasi EMIS yang memberikan manfaat berupa kemudahan dalam
proses penyimpanan data, proses pencarian informasi, keamanan data, penginputan
data dan penyimpanan informasi. Ketiga, kontribusi sistem informasi manajemen
dalam pengelolaan data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke ialah telah tersedianya
fasilitas di sekolah salah satunya komputer yang dapat digunakan dalam mengakses
atau mencari informasi yang dibutuhkan, kontribusi selanjutnya adalah kerjasama
yang dilakukan oleh para pihak sekolah dalam proses pengelolaan data siswa melalui
pelatihan yang dilakukan oleh para staf, operator, dan guru-guru yang ada di sekolah.
A. Simpulan
Berdasarkan deskripsi pada bab sebelumnya dan pengamatan yang penulis
lakukan di MTs Al-Hidayah Bakke maka penulis dapat mengemukakan simpulan
sebagai berikut:
1. Pemanfaatan sistem informasi manajemen di MTs Al-Hidayah Bakke dapat
dilihat di antaranya: penggunaan komputer yang didalamnya terdapat
perangkat lunak yang mendukung serta adanya peran sumber daya manusia
yang menjalankan perangkat tersebut sehingga dalam proses pengelolaan
berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang dicapai.
2. Proses pengelolaan data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke terdiri atas tiga
langkah yaitu pengumpulan data, pengelolaan data dan penyajian data dengan
menggunakan aplikasi EMIS yang memberikan manfaat berupa kemudahan
dalam proses penyimpanan data, proses pencarian informasi, keamanan data,
penginputan data dan penyimpanan informasi.
3. Sistem informasi manajemen telah memberikan kontribusi dalam pengelolaan
data siswa di MTs Al-Hidayah Bakke hal ini dapat dilihat dari beberapa
pendapat yang telah dikemukakan oleh informan yaitu kontribusinya telah
tersedianya fasilitas di sekolah salah satunya komputer yang dapat digunakan
dalam mengakses atau mencari informasi yang dibutuhkan, kontribusi
selanjutnya adalah kerjasama yang dilakukan oleh para pihak sekolah dalam
proses pengelolaan data siswa melalui pelatihan yang dilakukan oleh para staf,
operator, dan guru-guru yang ada di dalam sekolah.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala staf tata usaha dan operator di MTs Al-Hidayah Bakke, dalam
pelaksanaan sistem informasi manajemen hendaknya tetap memperhatikan
informasi-informasi yang ada supaya dapat di sesuaikan dengan tujuan yang
akan di capai.
2. Bagi kepala sekolah, agar dapat lebih memperhatikan fasilitas dalam proses
pengelolaan yang dijalankan agar dapat memaksimalkan hasil yang dicapai.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
kepada semua pihak sekolah agar pemanfaatan sistem informasi manajemen
dalam pengelolaan data siswa terus ditingkatkan dan dikembangkan.
Ketersediaan
STAR2023001313/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

13/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top