Efektivitas Penggunaan Media Papan Pintar Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa kelas I SD Inpres 6/86 Biru
Rismawati/02.18.5043 - Personal Name
Skripsi ini menyajikan penelitian tentang efektivitas penggunaan media
papan pintar huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas 1 SD
Inpres 6/86 Biru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan media papan pintar huruf dalam meningkatkan minat membaca
siswa . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
Pretest-Posttest. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa setelah penggunaaan media papan pintar huruf ini efektif
terhadap meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres
6/86 Biru. Dengan Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS pada
nilai pretest dan posttest minat membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai
probabilitas (signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa minat membaca siswa lebih baik setelah penggunaan media papan pintar
huruf. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media papan pintar ini efektif
terhadap keterampilan membaca siswa.
A. Kesimpulan
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunan media papan pintar
huruf terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan
Siswa kelas 1 SD Inpres 6/86 Biru, hal ini terlihat dari perbedaan hasil belajar
siswa sebelum dan sesudah menggunakan media, dimana nilai post-test lebih
tinggi dibandingkan pre-test.
Media papan pintar huruf mampu membantu siswa lebih cepat
mengenal huruf, merangkai suku kata, membaca kata, hingga kalimat
sederhana dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Proses
pembelajaran dengan media ini juga meningkatkan motivasi, minat, dan
keaktifan siswa dalam belajar membaca, sehingga suasana kelas lebih kondusif
dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media papan
pintar huruf merupakan alternative media yang efektif dan relevan untuk
pembelajaran membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar, serta dapat
dijadikan solusi untuk mengatasi kesulitan membaca awal siswa, dapat dilihat
dari hasil uji hipotesis dilakukan dengan mengunakan uji paired sampel t-Test..
Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan di dapatkan pada pre-test
dan post-test nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan
bahwa penggunaan media papan pintar huruf dalam meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa SD Inpres 6/86 Biru atau dengan kata lain hipotesis
penelitian di terima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dilakukan, saran yang dapat
peneliti diberikan adalah:
1. Bagi Guru
a. Guru disarankan untuk mengunakan media papan pintar huruf sebagai
salah satu alternative media pembelajaran membaca permulaan karena
terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
b. Guru sebaiknya lebih kreatif dalam mengembangkan variasi aktifitas
dengan papan pintar, misalnya permainan menyusun kata, mencocokkan
huruf dengan gambar, atau lomba membaca, agar pembelajaran lebih
menarik dan tidak monoton.
2. Bagi Siswa
a. Siswa diharapkan lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan memanfaatkan media papan pintar huruf.
b. Siswa juga dapat menggunakan media ini secara mandiri atau
berkelompok untuk melatih keterampilan membaca di luar jam pelajaran.
3. Bagi Sekolah
a. Pihak sekolah sebaiknya mendukung penyediaan media pembelajaran
inovatif seperti papan pintar huruf untuk menunjang proses belajar
mengajar.
b. Sekolah dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk
mendorong guru-guru lain mengintegrasikan media serupa dalam
pembelajaran di kelas rendah.
4. Bagi peneliti Selanjutnya
a. Penelitian ini hanya berfokus pada peningkatan kemampuan membaca
permulaan dengan satu kelas sampel. Peneliti selanjutnya dapat
memperluas cakupan penelitian dengan melibatkan lebih banyak
sekolah dan kelas sebagai pembanding.
b. Peneliti selanjutnya juga dapat mengkaji efektifitas media papan pintar
huruf terhadap aspek lain seperti keterampilan menulis permulaan,
motivasi belajar, atau sikap sosial siswa.
c. Perlu dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif untuk menggali
pengalaman, respon, dan kendala siswa maupun guru dalam
penggunaan media ini.
papan pintar huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas 1 SD
Inpres 6/86 Biru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan
penggunaan media papan pintar huruf dalam meningkatkan minat membaca
siswa . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
Pretest-Posttest. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa setelah penggunaaan media papan pintar huruf ini efektif
terhadap meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres
6/86 Biru. Dengan Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS pada
nilai pretest dan posttest minat membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai
probabilitas (signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa minat membaca siswa lebih baik setelah penggunaan media papan pintar
huruf. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media papan pintar ini efektif
terhadap keterampilan membaca siswa.
A. Kesimpulan
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunan media papan pintar
huruf terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan
Siswa kelas 1 SD Inpres 6/86 Biru, hal ini terlihat dari perbedaan hasil belajar
siswa sebelum dan sesudah menggunakan media, dimana nilai post-test lebih
tinggi dibandingkan pre-test.
Media papan pintar huruf mampu membantu siswa lebih cepat
mengenal huruf, merangkai suku kata, membaca kata, hingga kalimat
sederhana dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Proses
pembelajaran dengan media ini juga meningkatkan motivasi, minat, dan
keaktifan siswa dalam belajar membaca, sehingga suasana kelas lebih kondusif
dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media papan
pintar huruf merupakan alternative media yang efektif dan relevan untuk
pembelajaran membaca permulaan di kelas rendah sekolah dasar, serta dapat
dijadikan solusi untuk mengatasi kesulitan membaca awal siswa, dapat dilihat
dari hasil uji hipotesis dilakukan dengan mengunakan uji paired sampel t-Test..
Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan di dapatkan pada pre-test
dan post-test nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat dikatakan
bahwa penggunaan media papan pintar huruf dalam meningkatkan kemampuan
membaca permulaan siswa SD Inpres 6/86 Biru atau dengan kata lain hipotesis
penelitian di terima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dilakukan, saran yang dapat
peneliti diberikan adalah:
1. Bagi Guru
a. Guru disarankan untuk mengunakan media papan pintar huruf sebagai
salah satu alternative media pembelajaran membaca permulaan karena
terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
b. Guru sebaiknya lebih kreatif dalam mengembangkan variasi aktifitas
dengan papan pintar, misalnya permainan menyusun kata, mencocokkan
huruf dengan gambar, atau lomba membaca, agar pembelajaran lebih
menarik dan tidak monoton.
2. Bagi Siswa
a. Siswa diharapkan lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan memanfaatkan media papan pintar huruf.
b. Siswa juga dapat menggunakan media ini secara mandiri atau
berkelompok untuk melatih keterampilan membaca di luar jam pelajaran.
3. Bagi Sekolah
a. Pihak sekolah sebaiknya mendukung penyediaan media pembelajaran
inovatif seperti papan pintar huruf untuk menunjang proses belajar
mengajar.
b. Sekolah dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai dasar untuk
mendorong guru-guru lain mengintegrasikan media serupa dalam
pembelajaran di kelas rendah.
4. Bagi peneliti Selanjutnya
a. Penelitian ini hanya berfokus pada peningkatan kemampuan membaca
permulaan dengan satu kelas sampel. Peneliti selanjutnya dapat
memperluas cakupan penelitian dengan melibatkan lebih banyak
sekolah dan kelas sebagai pembanding.
b. Peneliti selanjutnya juga dapat mengkaji efektifitas media papan pintar
huruf terhadap aspek lain seperti keterampilan menulis permulaan,
motivasi belajar, atau sikap sosial siswa.
c. Perlu dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif untuk menggali
pengalaman, respon, dan kendala siswa maupun guru dalam
penggunaan media ini.
Ketersediaan
| STAR20250245 | 245/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
245/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
