Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di UPT SMPN ! Tellu Siattinge
Arfinawati/02.15.1016 - Personal Name
A. Simpulan
Berdasarkan uraian bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Strategi yang ditempuh oleh guru pendidikan agama Islam dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik UPT SMPN 1
Tellu Siattinge meliputi guru menggunakan metode pembelajaran yang
bervariasi seperti keteladanan dan pembiasaan tergantung nilai katrakter yang
ingin dikembangkan. Bentuk strategi lainnya adalah melakukan pembinaan
kesiswaan yakni berupa kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan di luar jam
pelajaran tatap muka di kelas dalam rangka memperluas pengetahuan dan
meningkatkan keterampilan peserta didik, serta mengiternalisasi (menghayati)
norma-norma agama dan norma-norma sosial melalui organisasi ROHIS,
pramuka, PMR, serta bimbingan BTQ.
2. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di UPT
SMPN 1 Tellu Siattinge yaitu tenaga pendidik sebagai teladan, sarana dan
prasarana yang memadai, kegiatan ekstra kurikuler, peraturan/tata tertib
sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah kebiasaan buruk peserta didik,
kurangnya kerja sama orang tua peserta didik dengan pihak sekolah, serta
kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.
55
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini dikemukakan
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru harus jadi publik figur yang dapat dijadikan teladan bagi peserta didik
yakni memiliki kepribadian yang mantap dan stabil.
2. Guru harus memiliki personal yang baik dan memiliki metode pembelajaran
yang menarik agar peserta didik termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
3. Peserta didik diharapkan memiliki semangat belajar yang baik dengan
menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada pada dirinya.
4. Orang tua hendaknya memiliki kerja sama yang baik dengan pihak sekolah
guna terciptanya sumber daya manusia yang baik.
Berdasarkan uraian bab pembahasan maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Strategi yang ditempuh oleh guru pendidikan agama Islam dalam
mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik UPT SMPN 1
Tellu Siattinge meliputi guru menggunakan metode pembelajaran yang
bervariasi seperti keteladanan dan pembiasaan tergantung nilai katrakter yang
ingin dikembangkan. Bentuk strategi lainnya adalah melakukan pembinaan
kesiswaan yakni berupa kegiatan ekstra kurikuler yang dilakukan di luar jam
pelajaran tatap muka di kelas dalam rangka memperluas pengetahuan dan
meningkatkan keterampilan peserta didik, serta mengiternalisasi (menghayati)
norma-norma agama dan norma-norma sosial melalui organisasi ROHIS,
pramuka, PMR, serta bimbingan BTQ.
2. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di UPT
SMPN 1 Tellu Siattinge yaitu tenaga pendidik sebagai teladan, sarana dan
prasarana yang memadai, kegiatan ekstra kurikuler, peraturan/tata tertib
sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah kebiasaan buruk peserta didik,
kurangnya kerja sama orang tua peserta didik dengan pihak sekolah, serta
kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya.
55
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini dikemukakan
implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Guru harus jadi publik figur yang dapat dijadikan teladan bagi peserta didik
yakni memiliki kepribadian yang mantap dan stabil.
2. Guru harus memiliki personal yang baik dan memiliki metode pembelajaran
yang menarik agar peserta didik termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.
3. Peserta didik diharapkan memiliki semangat belajar yang baik dengan
menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang ada pada dirinya.
4. Orang tua hendaknya memiliki kerja sama yang baik dengan pihak sekolah
guna terciptanya sumber daya manusia yang baik.
Ketersediaan
| STAR20190310 | 310/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
310/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
