Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ASSURE Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMAN 12 Bone
Mirna/2.18.3136 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh dari Penerapan Model ASSURE dalam
pelaksanaan pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMAN
12 Bone. Kegunaan penelitian yang dilakukan mengacu pada kegunaan teoritis dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif khususnya penelitian desain kuasi eksperimen, dengan menggunakan
pendekatan paedagogik dan pendekatan manajemen.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran yang
terdiri dari 6 langkah-langkah yang pada umumnya dilaksanakan oleh guru pada
waktu tertentu. Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ASSURE
nilai rata-rata siswa sebesar 44,35 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 25. Dan
pengaruh model pembelajaran ASSURE dalam peningkatan hasil belajar dapat
ditunjukkan dengan perbandingan nilai Thitung sebesar 2,16 lebih besar dari pada Ttabel
dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,67. Jadi Thitung > Ttabel, disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kognitif
peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian statistik yang dilakukan
memberikan kesimpulan bahwa Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen
(menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar (72,26) dari kelompok
kontrol (61,77). Dengan perbedaan yang signifikan thitung > ttabel (4,06 > 1,67). N-gain
pada kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar
(0,51) dari kelompok kontrol (0,37). Hasil uji T menunjukkan perbedaan yang
signifikan thitung > ttabel (2,16 > 1,67). Dengan demikian, model pembelajaran ASSURE
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran Assure sebagai alternatif
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
53
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran Assure dan hasil belajar.
pelaksanaan pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMAN
12 Bone. Kegunaan penelitian yang dilakukan mengacu pada kegunaan teoritis dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif khususnya penelitian desain kuasi eksperimen, dengan menggunakan
pendekatan paedagogik dan pendekatan manajemen.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran yang
terdiri dari 6 langkah-langkah yang pada umumnya dilaksanakan oleh guru pada
waktu tertentu. Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ASSURE
nilai rata-rata siswa sebesar 44,35 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 25. Dan
pengaruh model pembelajaran ASSURE dalam peningkatan hasil belajar dapat
ditunjukkan dengan perbandingan nilai Thitung sebesar 2,16 lebih besar dari pada Ttabel
dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,67. Jadi Thitung > Ttabel, disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kognitif
peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian statistik yang dilakukan
memberikan kesimpulan bahwa Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen
(menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar (72,26) dari kelompok
kontrol (61,77). Dengan perbedaan yang signifikan thitung > ttabel (4,06 > 1,67). N-gain
pada kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar
(0,51) dari kelompok kontrol (0,37). Hasil uji T menunjukkan perbedaan yang
signifikan thitung > ttabel (2,16 > 1,67). Dengan demikian, model pembelajaran ASSURE
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran Assure sebagai alternatif
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
53
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran Assure dan hasil belajar.
Ketersediaan
| STAR20220149 | 149/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
149/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
