Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran ASSURE Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMAN 12 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh dari Penerapan Model ASSURE dalam
pelaksanaan pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMAN
12 Bone. Kegunaan penelitian yang dilakukan mengacu pada kegunaan teoritis dan
kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kuantitatif khususnya penelitian desain kuasi eksperimen, dengan menggunakan
pendekatan paedagogik dan pendekatan manajemen.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan Penerapan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran yang
terdiri dari 6 langkah-langkah yang pada umumnya dilaksanakan oleh guru pada
waktu tertentu. Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ASSURE
nilai rata-rata siswa sebesar 44,35 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 25. Dan
pengaruh model pembelajaran ASSURE dalam peningkatan hasil belajar dapat
ditunjukkan dengan perbandingan nilai Thitung sebesar 2,16 lebih besar dari pada Ttabel
dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu sebesar 1,67. Jadi Thitung > Ttabel, disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar kognitif
peserta didik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian statistik yang dilakukan
memberikan kesimpulan bahwa Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen
(menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar (72,26) dari kelompok
kontrol (61,77). Dengan perbedaan yang signifikan thitung > ttabel (4,06 > 1,67). N-gain
pada kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran Assure) lebih besar
(0,51) dari kelompok kontrol (0,37). Hasil uji T menunjukkan perbedaan yang
signifikan thitung > ttabel (2,16 > 1,67). Dengan demikian, model pembelajaran ASSURE
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran Assure sebagai alternatif
dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
53
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran Assure dan hasil belajar.
Ketersediaan
STAR20220149149/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

149/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top