Efektivitas Penggunaan Media Kotak Berhitung Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar (Sd) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten Sinjai
A.Risca Sari/ 02.18.5065 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media kotak
berhitung dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan perbedaan
prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan media kotak berhitung dan
siswa yang diajar menggunakan media konvensional pada mata pelajaran
matematika Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten Sinjai.
Adapun metode jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
Quasi-Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Pendekatan
keilmuan yang digunakan dalam analisis hasil penelitian adalah pendekatan
paedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes uraian.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) analisis data deskriptif memiliki rata-
rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 46,0 mengalami peningkatan sebesar
40,7 menjadi 86,7 pada post-test dan presentase ketuntasan 0% meningkat
menjadi 100%. Sementara nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol yaitu 41,3
mengalami peningkatan sebesar 29,9 menjadi 71,2 pada post-test dan presentase
ketuntasan 0% meningkat menjadi 95%. Maka pembelajaran matematika dengan
menggunakan media kotak berhitung efektif dalam meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa pada materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20 Sekolah Dasar
(SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten Sinjai. 2) terdapat perbedaan
prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan media kotak berhitung dan
siswa yang diajar menggunakan media konvensional pada materi penjumlahan
bilangan 1 sampai 20 Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten
Sinjai. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis statistik inferensial menggunakan
Independent Sampel T-Test (peningkatan skor pre-test ke post-test) siswa yang
diajar menggunakan media kotak berhitung dan siswa yang diajar menggunakan
media konvensional (p-value = 0,001 < 0,05).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang efektiviitas penggunaan
media kotak berhitung dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa,
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Pembelajaran matematika dengan menggunakan media kotak berhitung
lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada
materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20 di kelas I.
2. Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar
menggunakan media kotak berhitung dengan siswa yang diajar
menggunakan media konvensional pada mata pelajaran matematika
materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran
sebagai berikut :
1. Sebaiknya guru menggunakan media kotak berhitung dalam
pembelajaran matematika, khususnya pada materi penjumlahan bilangan
1 sampai 20 karena media kotak berhitung dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam
menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran, dan
perlu menekankan keefektifan siswa dalam belajar.
2. Penulis berharap skripsi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk
melaksanakan penelitian dan pembelajaran yang akan datang.
berhitung dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dan perbedaan
prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan media kotak berhitung dan
siswa yang diajar menggunakan media konvensional pada mata pelajaran
matematika Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten Sinjai.
Adapun metode jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
Quasi-Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group. Pendekatan
keilmuan yang digunakan dalam analisis hasil penelitian adalah pendekatan
paedagogik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes uraian.
Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) analisis data deskriptif memiliki rata-
rata pre-test pada kelas eksperimen yaitu 46,0 mengalami peningkatan sebesar
40,7 menjadi 86,7 pada post-test dan presentase ketuntasan 0% meningkat
menjadi 100%. Sementara nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol yaitu 41,3
mengalami peningkatan sebesar 29,9 menjadi 71,2 pada post-test dan presentase
ketuntasan 0% meningkat menjadi 95%. Maka pembelajaran matematika dengan
menggunakan media kotak berhitung efektif dalam meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa pada materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20 Sekolah Dasar
(SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten Sinjai. 2) terdapat perbedaan
prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan media kotak berhitung dan
siswa yang diajar menggunakan media konvensional pada materi penjumlahan
bilangan 1 sampai 20 Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 103 Bontompare Kabupaten
Sinjai. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis statistik inferensial menggunakan
Independent Sampel T-Test (peningkatan skor pre-test ke post-test) siswa yang
diajar menggunakan media kotak berhitung dan siswa yang diajar menggunakan
media konvensional (p-value = 0,001 < 0,05).
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang efektiviitas penggunaan
media kotak berhitung dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa,
dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Pembelajaran matematika dengan menggunakan media kotak berhitung
lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada
materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20 di kelas I.
2. Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar
menggunakan media kotak berhitung dengan siswa yang diajar
menggunakan media konvensional pada mata pelajaran matematika
materi penjumlahan bilangan 1 sampai 20.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan beberapa saran
sebagai berikut :
1. Sebaiknya guru menggunakan media kotak berhitung dalam
pembelajaran matematika, khususnya pada materi penjumlahan bilangan
1 sampai 20 karena media kotak berhitung dapat meningkatkan prestasi
belajar matematika siswa. Guru juga harus kreatif dan inovatif dalam
menyiapkan media pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran, dan
perlu menekankan keefektifan siswa dalam belajar.
2. Penulis berharap skripsi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk
melaksanakan penelitian dan pembelajaran yang akan datang.
Ketersediaan
| STAR20220156 | 156/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
156/
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
