Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Al-Karimah di SD Inpres 10/73 Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Faridahh Rasyid/08.3T.0226 - Personal Name
Skripsi ini membahas masalah konsep pembentukan akhlak dalam materi pendidikan agama Islam di SD Inpres 10/73 Bajoe, serta pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak al-karimah yang difokuskan pada siswa SD Inpres 10/73 Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pembentukan akhlak dalam materi pendidikan agama Islam di SD Inpres 10/73 Bajoe, serta pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak al-karimah yang difokuskan pada siswa SD Inpres 10/73 Bajoe. Adapun kegunaan penelitian tentang pendidikan agama Islam diharapkan dapat menjadi bahan pemikiran dan pertimbangan bagi kepala sekolah dan pengajar untuk lebih meningkatkan pemahaman agama Islam kepada peserta didik yang nantinya dapat menjadi landasan pragmatik dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam khususnya dalam membentuk akhlak al-karimah bagi peserta didik di SD Inpres 10/73 Bajo’e, dan sebagai penambah wawasan dan cakrawala berpikir serta pengalaman secara langsung di lapangan melalui penelitian, juga dapat menjadi bahan pemikiran bahwa dengan memahami tujuan, materi dan metode pendidikan Agama Islam akan menjadi acuan dalam membentuk akhlakul karimah.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, induktif, dan analisa persentase. Dari hasil penelitian diperoleh konsep pembentukan akhlak di SD. Inp. 10/73 Bajoe dengan cara mengikuti proses membentuk atau merumuskan bahan pengajaran, menuruti suatu proses tertentu, mereduksi ciri-ciri objek. Guru menyiapkan bahan pengajaran dengan membentuk susunan yang berarti. Serta pendidikan agama Islam berpengaruh dalam pembentukan akhlak, nilai-nilai Islam (iman, takwa, dan akhlak) terinternalisasi dalam diri siswa SD. Inp. 10/73 Bajoe, terlihat dari budi pekerti, keramahan, dan sopan santun siswa apabila ada orang yang berkunjung ke sekolahnya, begitu juga siswa sangat menghormati dan menghargai guru-gurunya, serta selalu aktif dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan keagamaan.
A. Simpulan
Adapun simpulan yang dapat diambil dari skripsi ini yang membahas tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di SD. Inp. 10/73 Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, adalah sebagai berikut:
1.Konsep pembentukan akhlak di SD. Inp. 10/73 Bajoe dengan cara mengikuti proses membentuk atau merumuskan bahan pengajaran, menuruti suatu proses tertentu, mereduksi ciri-ciri objek. Guru menyiapkan bahan pengajaran dengan membentuk susunan yang berarti.
2.Pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak al-karimah di SD. Inp. 10/73 Bajoe berpengaruh dalam pembentukan akhlak, nilai-nilai ajaran Islam (iman, takwa, dan akhlak) terinternalisasi dalam diri siswa. Terlihat dari budi pekerti, keramahan, dan sopan santun siswa apabila ada orang yang berkunjung ke sekolahnya, begitu juga siswa sangat menghormati dan menghargai guru-gurunya, serta selalu aktif dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan keagamaan.
B. Saran-Saran
SD. Inp. 10/73 Bajoe sebagai bagian integral sistem pendidikan nasional, telah ikut mencerdaskan bangsa dan mengembangkan bangsa seutuhnya yaitu manusia berakhlak dan beriman serta bertaqwa kepada Allah swt. Karena itu diharapkan bantuan baik material maupun moril dari semua pihak, khususnya pemerintah guna mengembangkan yang lebih baik, sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan insan.
Pembinaan yang dilakukan di SD. Inp. 10/73 Bajoe selama ini, lebih berorientasi kepada ilmu pengetahuan yang bersifat umum. Karena itu, diharapkan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat setempat untuk turut serta memperhatikan kelangsungannya dengan memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan ilmunya terutama ilmu agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang konsep pembentukan akhlak dalam materi pendidikan agama Islam di SD Inpres 10/73 Bajoe, serta pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak al-karimah yang difokuskan pada siswa SD Inpres 10/73 Bajoe. Adapun kegunaan penelitian tentang pendidikan agama Islam diharapkan dapat menjadi bahan pemikiran dan pertimbangan bagi kepala sekolah dan pengajar untuk lebih meningkatkan pemahaman agama Islam kepada peserta didik yang nantinya dapat menjadi landasan pragmatik dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam khususnya dalam membentuk akhlak al-karimah bagi peserta didik di SD Inpres 10/73 Bajo’e, dan sebagai penambah wawasan dan cakrawala berpikir serta pengalaman secara langsung di lapangan melalui penelitian, juga dapat menjadi bahan pemikiran bahwa dengan memahami tujuan, materi dan metode pendidikan Agama Islam akan menjadi acuan dalam membentuk akhlakul karimah.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deduktif, induktif, dan analisa persentase. Dari hasil penelitian diperoleh konsep pembentukan akhlak di SD. Inp. 10/73 Bajoe dengan cara mengikuti proses membentuk atau merumuskan bahan pengajaran, menuruti suatu proses tertentu, mereduksi ciri-ciri objek. Guru menyiapkan bahan pengajaran dengan membentuk susunan yang berarti. Serta pendidikan agama Islam berpengaruh dalam pembentukan akhlak, nilai-nilai Islam (iman, takwa, dan akhlak) terinternalisasi dalam diri siswa SD. Inp. 10/73 Bajoe, terlihat dari budi pekerti, keramahan, dan sopan santun siswa apabila ada orang yang berkunjung ke sekolahnya, begitu juga siswa sangat menghormati dan menghargai guru-gurunya, serta selalu aktif dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan keagamaan.
A. Simpulan
Adapun simpulan yang dapat diambil dari skripsi ini yang membahas tentang Pengaruh Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di SD. Inp. 10/73 Bajoe Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone, adalah sebagai berikut:
1.Konsep pembentukan akhlak di SD. Inp. 10/73 Bajoe dengan cara mengikuti proses membentuk atau merumuskan bahan pengajaran, menuruti suatu proses tertentu, mereduksi ciri-ciri objek. Guru menyiapkan bahan pengajaran dengan membentuk susunan yang berarti.
2.Pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlak al-karimah di SD. Inp. 10/73 Bajoe berpengaruh dalam pembentukan akhlak, nilai-nilai ajaran Islam (iman, takwa, dan akhlak) terinternalisasi dalam diri siswa. Terlihat dari budi pekerti, keramahan, dan sopan santun siswa apabila ada orang yang berkunjung ke sekolahnya, begitu juga siswa sangat menghormati dan menghargai guru-gurunya, serta selalu aktif dan ikut terlibat dalam setiap kegiatan keagamaan.
B. Saran-Saran
SD. Inp. 10/73 Bajoe sebagai bagian integral sistem pendidikan nasional, telah ikut mencerdaskan bangsa dan mengembangkan bangsa seutuhnya yaitu manusia berakhlak dan beriman serta bertaqwa kepada Allah swt. Karena itu diharapkan bantuan baik material maupun moril dari semua pihak, khususnya pemerintah guna mengembangkan yang lebih baik, sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan insan.
Pembinaan yang dilakukan di SD. Inp. 10/73 Bajoe selama ini, lebih berorientasi kepada ilmu pengetahuan yang bersifat umum. Karena itu, diharapkan dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat setempat untuk turut serta memperhatikan kelangsungannya dengan memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan ilmunya terutama ilmu agama Islam.
Ketersediaan
| STAR20110111 | 111/2011 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
111/2011
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
