Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Membangun Kemandirian Belajar Peserta Didik Di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Mirna/02.18.3014 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “ Peran Manajemen Sarana dan Prasarana
dalam Membangun Kemandirian Belajar Peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone”. Hal ini yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
penelitian kualitatif (qualitative research). Dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif ualitatif yaitu dengan reduksi data.Penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone dilakukan dengan perencanaan, pengadaan,
penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan dan
pengawasan. Adapun yang menjadi dasar untuk membangun kemandirian belajar
peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone
haru mememunihi aspek yaitu: 1) Metakognitif, yaitu kemampuan peserta didik
untuk belajar mandiri. 2) Motivasi yaitu memberikan dorongan dan semangat untuk
belajar mandiri. 3) Perilaku yaitu, mengatur diri dan memanfaatkan lingkungan.
Adapun kontribusi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Membangun
Kemandirian Belajar Peserta Didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone, yaitu dengan adanyan fasilitas sarana dan prasarana yang
tersedia dapat membangun kemandirian belajar peserta didik dengan memanfaatkan
fasilitas yang disediakan oleh sekolah.
A. Simpulan
Berdasrkan penelitian yang telah dilakukan penulis mengenai peran
manajemen sarana dan prasarana dalam memabngun kemandirian belajar
peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan Dua Boccoe Kabupaten
Bone sebagai berikut:
1. Peran manajemen sarana dan prasarana di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone sudah sesuai dengan fungsi
manajemen sarana dan prasarana yang meliputi perencanaan, pengadaan,
penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan, dan
pengawasan.
2. Kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone harus memenuhi beberapa aspek
yaitu: 1) Metakognitif yaitu, kemampuan peserta didik untuk belajar
mandiri. 2) Motivasi yaitu, memberikan dorongan atau semangat untuk
belajar mandiri terhadap peserta didik. 3) Perilaku yaitu, mengatur diri dan
memanfaatkan lingkungan. Di mana juga kemandirian belajar peserta
didik yaitu masih ada beberapa peserta didik yang kurang memperhatikan
kegiatan belajar yang berlangsung di sekolah atau masih memerluhkan
bantuan orang lain untuk belajar karena sarana dan prasarana yang
tersedia di sekolah belum terlaluh memadahi sehingga berpengaruh
terhadap proses belajar karena di mana sarana dan prasarana sekolah salah
satu faktor terpenting yang harus ad di sekolah.
3. Adapun kontribusi manajemen sarana dan prasarana dalam membangun
kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan
Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal tersebut dilihat dari adanya sarana dan
prasarana yang ada di sekolah dapat membangun kemandirian belajar
peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah
dengan baik tanpa harus merusaknya.
B. Implikasi
1. Diharapakan kepada pihak sekolah yang ada di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone agar dapat meningkatkan saran
dan prasarana sekolah sehingga kegiatan proses belajar berjalan dengan
baik.
2. Diharapkan kepada guru-guru untuk meningkatkan kegiatan belajar
peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah.
3. Diharapkan kepada peserta didik dapat meningkatkan kemandirian
belajarnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan
oleh sekolah.
dalam Membangun Kemandirian Belajar Peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone”. Hal ini yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
penelitian kualitatif (qualitative research). Dengan menggunakan teknik antara lain
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh diolah dengan teknik
metode kualitatif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis
deskriptif ualitatif yaitu dengan reduksi data.Penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang peran manajemen sarana dan prasarana dalam
membangun kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone dilakukan dengan perencanaan, pengadaan,
penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan dan
pengawasan. Adapun yang menjadi dasar untuk membangun kemandirian belajar
peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone
haru mememunihi aspek yaitu: 1) Metakognitif, yaitu kemampuan peserta didik
untuk belajar mandiri. 2) Motivasi yaitu memberikan dorongan dan semangat untuk
belajar mandiri. 3) Perilaku yaitu, mengatur diri dan memanfaatkan lingkungan.
Adapun kontribusi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Membangun
Kemandirian Belajar Peserta Didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone, yaitu dengan adanyan fasilitas sarana dan prasarana yang
tersedia dapat membangun kemandirian belajar peserta didik dengan memanfaatkan
fasilitas yang disediakan oleh sekolah.
A. Simpulan
Berdasrkan penelitian yang telah dilakukan penulis mengenai peran
manajemen sarana dan prasarana dalam memabngun kemandirian belajar
peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan Dua Boccoe Kabupaten
Bone sebagai berikut:
1. Peran manajemen sarana dan prasarana di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone sudah sesuai dengan fungsi
manajemen sarana dan prasarana yang meliputi perencanaan, pengadaan,
penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, penghapusan, dan
pengawasan.
2. Kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone harus memenuhi beberapa aspek
yaitu: 1) Metakognitif yaitu, kemampuan peserta didik untuk belajar
mandiri. 2) Motivasi yaitu, memberikan dorongan atau semangat untuk
belajar mandiri terhadap peserta didik. 3) Perilaku yaitu, mengatur diri dan
memanfaatkan lingkungan. Di mana juga kemandirian belajar peserta
didik yaitu masih ada beberapa peserta didik yang kurang memperhatikan
kegiatan belajar yang berlangsung di sekolah atau masih memerluhkan
bantuan orang lain untuk belajar karena sarana dan prasarana yang
tersedia di sekolah belum terlaluh memadahi sehingga berpengaruh
terhadap proses belajar karena di mana sarana dan prasarana sekolah salah
satu faktor terpenting yang harus ad di sekolah.
3. Adapun kontribusi manajemen sarana dan prasarana dalam membangun
kemandirian belajar peserta didik di SD Inpres 7/83 Pakkasalo Kecematan
Dua Boccoe Kabupaten Bone. Hal tersebut dilihat dari adanya sarana dan
prasarana yang ada di sekolah dapat membangun kemandirian belajar
peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh sekolah
dengan baik tanpa harus merusaknya.
B. Implikasi
1. Diharapakan kepada pihak sekolah yang ada di SD Inpres 7/83 Pakkasalo
Kecematan Dua Boccoe Kabupaten Bone agar dapat meningkatkan saran
dan prasarana sekolah sehingga kegiatan proses belajar berjalan dengan
baik.
2. Diharapkan kepada guru-guru untuk meningkatkan kegiatan belajar
peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah.
3. Diharapkan kepada peserta didik dapat meningkatkan kemandirian
belajarnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan
oleh sekolah.
Ketersediaan
| STAR20220031 | 31/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
31/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Taribiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
