Penerapan Media Lagu Islami Guru PAI dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI Siswa pada SD 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan media lagu islami guru PAI dalam
menumbuhkan minat belajar PAI siswa pada SD 3/77 Data Kecamatan Mare
. Simpulan
Berdasarkan Peneliti yang telah dilakukan oleh penulis tentang Penggunaan
Media Lagu Islami dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI Siswa di SD 3/77 Data
Kecamatan Mare Kabupaten Bone, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Bentuk penerapan media lagu Islami guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar
PAI pada Kelas III SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone
diterapkan dalam pembelajaran dalam kelas yang terdiri dari 5 tahapan. Pertama,
guru melakukan pemilihan lagu Islami yang relevan dengan materi pelajaran yang
sedang diajarkan serta mencerminkan nilai-nilai Islam dan pesan-pesan positif.
Kedua, guru fokus pada pemahaman lirik lagu Islami dengan memastikan siswa
memahami makna dan pesan yang terkandung. Ketiga, dilakukan pembahasan
nilai-nilai Islami dengan memfasilitasi diskusi siswa tentang nilai-nilai yang
terkandung dalam lirik lagu. Keempat, evaluasi hasil pembelajaran melibatkan
penilaian pemahaman siswa terhadap materi pelajaran menggunakan lagu Islami,
termasuk tes atau tugas yang berkaitan dengan lagu dan materi pembelajaran.
Terakhir, umpan balik diberikan kepada siswa tentang penampilan mereka dalam
menggunakan lagu Islami sebagai media pembelajaran, dan siswa juga diberi
kesempatan untuk memberikan umpan balik terhadap pengalaman mereka.
2. Upaya Guru dalam penerapan media lagu Islami Guru PAI dalam menumbuhkan
minat belajar PAI pada Kelas III SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten
Bone adalah pertama, guru memastikan lingkungan belajar yang mendukung
dengan menjaga ruang kelas agar nyaman, teratur, dan bersih serta menciptakan
suasana kondusif melalui pemilihan pencahayaan yang baik dan pengaturan suhu
yang nyaman. Kedua, guru menyusun rencana pembelajaran yang tepat serta
menggunakan berbagai metode pengajaran. Ketiga, guru mendorong partisipasi
aktif siswa dengan memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi, serta
memberikan tugas. Keempat, personalisasi pembelajaran dilakukan dengan
memberikan bahan pembelajaran yang relevan dan menarik bagi siswa, serta
memberikan bimbingan atau pengayaan. Kelima, motivasi dan pembangkit
semangat siswa menjadi fokus dengan pengajaran tentang pentingnya tujuan dan
motivasi dalam belajar, serta menciptakan suasana positif dan penuh semangat di
dalam kelas.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneliti yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Bagi Kepala Sekolah
Kepada sekolah menegah pertama agar terus membantu guru pendidikan
Agama Islam melalui proses belajar mengajar sekolah agar lebih ditinngkatkan lagi
pendidikan agama Islam dan yang mendukung pengembangan-pengembangan media
pembelajaran siswa.
2. Bagi Guru PAI
Kepada guru-guru yang ada di SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare
Kabupaten Bone khususnya guru pendidikan Agama Islam, agar mampu lebih teranpil
lagi dalam menerapkan media dan menggunakan media pendidikan agar siswa kelas
III SD Inpres 3/77 Data bisa lebih berkembang.
3. Bagi Siswa
Kepada Seluruh siswa di SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten
Bone hendaknya lebih memperhatikan arahan guru, karena tidak ada guru yang
menginginkan siswanya tidak baik. Maka beperstasi aktiflah dalam kegiatan-kegiatan
yang dilaksanakan sekolah dalam upaya pengembangan media pembelajaran agar bisa
menjadi lebih baik lagi dalam menempuh pendidikan Agama Islam.
Kabupaten Bone, Kabupaten Bone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui p nerapan media lagu Islami yang digunakan guru PAI serta upaya guru
dalam menumbuhkan minat belajar PAI di Kelas III SD Inpres 3/77 Data Kecamatan
Mare Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif (Qualitatif Research).
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan Pendidikan Islam. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif ada tiga
tahap reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk penerapan media lagu Islami
guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar PAI pada Kelas III SD Inpres 3/77 Data
Kecamatan Mare Kabupaten Bone diterapkan dalam pembelajaran dalam kelas yang
terdiri dari 5 tahapan. Pertama, guru melakukan pemilihan lagu Islami yang relevan
dengan materi pelajaran yang sedang diajarkan serta mencerminkan nilai-nilai Islam
dan pesan-pesan positif. Kedua, guru fokus pada pemahaman lirik lagu Islami dengan
memastikan siswa memahami makna dan pesan yang terkandung. Ketiga, dilakukan
pembahasan nilai-nilai Islami dengan memfasilitasi diskusi siswa tentang nilai-nilai
yang terkandung dalam lirik lagu. Keempat, evaluasi hasil pembelajaran melibatkan
penilaian pemahaman siswa terhadap materi pelajaran menggunakan lagu Islami,
termasuk tes atau tugas yang berkaitan dengan lagu dan materi pembelajaran.
Terakhir, umpan balik diberikan kepada siswa tentang penampilan mereka dalam
menggunakan lagu Islami sebagai media pembelajaran, dan siswa juga diberi
kesempatan untuk memberikan umpan balik terhadap pengalaman mereka; 2) Upaya
Guru dalam penerapan media lagu Islami Guru PAI dalam menumbuhkan minat
belajar PAI pada Kelas III SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone
adalah pertama, guru memastikan lingkungan belajar yang mendukung dengan
menjaga ruang kelas agar nyaman, teratur dan bersih serta menciptakan suasana
kondusif melalui pemilihan pencahayaan yang baik dan pengaturan suhu yang
nyaman. Kedua, guru menyusun rencana pembelajaran yang tepat serta menggunakan
berbagai metode pengajaran. Ketiga, guru mendorong partisipasi aktif siswa dengan
memberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi, serta memberikan tugas.
Keempat, personalisasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan bahan
pembelajaran yang relevan dan menarik bagi siswa, serta memberikan bimbingan
atau pengayaan. Kelima, motivasi dan pembangkit semangat siswa menjadi fokus
dengan pengajaran tentang pentingnya tujuan dan motivasi dalam belajar, serta
menciptakan suasana positif dan penuh semangat di dalam kelas.
Ketersediaan
STAR2024387387/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

387/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top