Strategi Guru Mengelola Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemik Covid-19 di SMPN 2 Patimpeng Kab. Bone
Nurnatasya/02.18.3142 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Guru Mengelola Kegiatan Belajar
Mengajar yang Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa
Pandemik Covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone”. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Mengelola Kegiatan belajar Mengajar
yang Efektif di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan). Data dikumpulkan melalui teknik
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh ditemukan bahwa strategi guru mengelola
kegiatan belajar mengajar yang efektif dapat dilihat dari keterampilan guru mengelola
kegiatan belajar mengajar yaitu: 1) Keterampilan membuka pembelajaran meliputi:
menyampaikan tujuan, masalah-masalah pokok, langkah-langkah pembelajaran dan
batas-batas tugas yang harus dikerjakan peserta didik. 2) Keterampilan menutup
pembelajaran meliputi: menyampaikan kesimpulan dan keterampilan mengetahui
tingkat pencapaian atau keberhasilan siswa. 3) Keterampilan guru dalam bertanya
meliputi: menunjukkan keantuasiasan dan kehangatan, keterampilan memberikan
waktu berpikir yang cukup kepada siswa dan mengatur lalu lintas bertanya. 4)
Keterampilan menjelaskan meliputi: menyajikan informasi secara lisan. 5)
Keterampilan memberikan penguatan meliputi: memberikan informasi atau respon
dan keterampilan dalam memberikan dorongan atau koreksi terhadap perbuatan dan
respon peserta didik. 6) Keterampilan mengelola kelas meliputi: keterampilan
menciptakan kondisi atau suasana belajar yang baik dan mengembalikan kondisi
belajar apabila ada gangguan.
Adapun kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di SMPN
SATAP 2 Patimpeng dapat dilihat dari ciri-ciri pembelajaran yang berkualitas,
dengan dimensi yaitu: Perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar
siswa, iklim pembelajaran, dan media pembelajaran. Kontribusi strategi guru
mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif berperan penting terhadap kualitas
pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng, dengan
adanya strategi pengelolaan yang baik saat kegiatan belajar mengajar dapat menarik
siswa untuk terus berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan
strategi pengelolaan yang baik akan membuat siswa tidak jenuh dan selalu
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran sekalipun dimasa pandemik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi guru mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif di SMPN SATAP
2 Patimpeng telah dilakukan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keterampilan
guru mengelola kegiatan belajar mengajar memberikan enam model dalam
mengelola kegiatan belajar mengajar yaitu: 1) Keterampilan membuka
pembelajaran meliputi menyampaikan tujuan, masalah-masalah pokok, langkah-
langkah dan batas-batas tugas pembelajaran yang harus dikerjakan peserta didik.
2) Keterampilan menutup pembelajaran meliputi menyampaikan atau memberikan
kesimpulan dan keterampilan dalam mengetahui tingkat pencapaian atau
keberhasilan siswa. 3) Keterampilan guru dalam bertanya meliputi menunjukkan
keantuasiasan dan kehangatan, memberikan waktu berpikir yang cukup kepada
siswa dan mengatur lalu lintas bertanya. 4) Keterampilan menjelaskan meliputi
menyajikan informasi secra lisan agar mudah dipahami oleh peserta didik. 5)
Keterampilan memberikan penguatan yaitu memberikan informasi atau respon dan
memberikan dorongan atau koreksi terhadap perbuatan dan respon peserta didik.
6) Keterampilan mengelola kelas yaitu menciptakan kondisi atau suasana belajar
yang baik dan mengembalikan kondisi belajar apabila ada gangguan.
2. Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2
Patimpeng dapat dilihat dari ciri-ciri pembelajaran yang berkualitas, dengan
dimensi yaitu: Perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa,
iklim pembelajaran, dan media pembelajaran.
3. Kontribusi strategi guru mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif sangat
berperan penting terhadap kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di
SMPN SATAP 2 Patimpeng, karena dengan adanya strategi pengelolaan yang
baik saat kegiatan belajar mengajar dapat menarik siswa untuk terus berpartisipasi
dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan strategi pengelolaan yang baik akan
membuat siswa tidak jenuh dan selalu bersemangat dalam mengikuti proses
pembelajaran sekalipun dimasa pandemik. Hal ini, akan membantu meningkatkan
kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang strategi guru mengelola kegiatan
belajar mengajar yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa
pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone maka saran yang akan
peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Guru diharapkan mampu mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif agar
proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik sekalipun dimasa pandemik.
2. Guru hendaknya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
sekalipun dimasa pandemik, misalnya menjaga iklim pembelajaran agar tetap
optimal dengan selalu masuk sesuai jadwal pembelajaran.
Mengajar yang Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Masa
Pandemik Covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone”. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru Mengelola Kegiatan belajar Mengajar
yang Efektif di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan). Data dikumpulkan melalui teknik
obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang diperoleh ditemukan bahwa strategi guru mengelola
kegiatan belajar mengajar yang efektif dapat dilihat dari keterampilan guru mengelola
kegiatan belajar mengajar yaitu: 1) Keterampilan membuka pembelajaran meliputi:
menyampaikan tujuan, masalah-masalah pokok, langkah-langkah pembelajaran dan
batas-batas tugas yang harus dikerjakan peserta didik. 2) Keterampilan menutup
pembelajaran meliputi: menyampaikan kesimpulan dan keterampilan mengetahui
tingkat pencapaian atau keberhasilan siswa. 3) Keterampilan guru dalam bertanya
meliputi: menunjukkan keantuasiasan dan kehangatan, keterampilan memberikan
waktu berpikir yang cukup kepada siswa dan mengatur lalu lintas bertanya. 4)
Keterampilan menjelaskan meliputi: menyajikan informasi secara lisan. 5)
Keterampilan memberikan penguatan meliputi: memberikan informasi atau respon
dan keterampilan dalam memberikan dorongan atau koreksi terhadap perbuatan dan
respon peserta didik. 6) Keterampilan mengelola kelas meliputi: keterampilan
menciptakan kondisi atau suasana belajar yang baik dan mengembalikan kondisi
belajar apabila ada gangguan.
Adapun kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di SMPN
SATAP 2 Patimpeng dapat dilihat dari ciri-ciri pembelajaran yang berkualitas,
dengan dimensi yaitu: Perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar
siswa, iklim pembelajaran, dan media pembelajaran. Kontribusi strategi guru
mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif berperan penting terhadap kualitas
pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng, dengan
adanya strategi pengelolaan yang baik saat kegiatan belajar mengajar dapat menarik
siswa untuk terus berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan
strategi pengelolaan yang baik akan membuat siswa tidak jenuh dan selalu
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran sekalipun dimasa pandemik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Strategi guru mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif di SMPN SATAP
2 Patimpeng telah dilakukan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari keterampilan
guru mengelola kegiatan belajar mengajar memberikan enam model dalam
mengelola kegiatan belajar mengajar yaitu: 1) Keterampilan membuka
pembelajaran meliputi menyampaikan tujuan, masalah-masalah pokok, langkah-
langkah dan batas-batas tugas pembelajaran yang harus dikerjakan peserta didik.
2) Keterampilan menutup pembelajaran meliputi menyampaikan atau memberikan
kesimpulan dan keterampilan dalam mengetahui tingkat pencapaian atau
keberhasilan siswa. 3) Keterampilan guru dalam bertanya meliputi menunjukkan
keantuasiasan dan kehangatan, memberikan waktu berpikir yang cukup kepada
siswa dan mengatur lalu lintas bertanya. 4) Keterampilan menjelaskan meliputi
menyajikan informasi secra lisan agar mudah dipahami oleh peserta didik. 5)
Keterampilan memberikan penguatan yaitu memberikan informasi atau respon dan
memberikan dorongan atau koreksi terhadap perbuatan dan respon peserta didik.
6) Keterampilan mengelola kelas yaitu menciptakan kondisi atau suasana belajar
yang baik dan mengembalikan kondisi belajar apabila ada gangguan.
2. Kualitas Pembelajaran pada Masa Pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2
Patimpeng dapat dilihat dari ciri-ciri pembelajaran yang berkualitas, dengan
dimensi yaitu: Perilaku pembelajaran guru, perilaku dan dampak belajar siswa,
iklim pembelajaran, dan media pembelajaran.
3. Kontribusi strategi guru mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif sangat
berperan penting terhadap kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19 di
SMPN SATAP 2 Patimpeng, karena dengan adanya strategi pengelolaan yang
baik saat kegiatan belajar mengajar dapat menarik siswa untuk terus berpartisipasi
dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan strategi pengelolaan yang baik akan
membuat siswa tidak jenuh dan selalu bersemangat dalam mengikuti proses
pembelajaran sekalipun dimasa pandemik. Hal ini, akan membantu meningkatkan
kualitas pembelajaran pada masa pandemik covid-19.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang strategi guru mengelola kegiatan
belajar mengajar yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa
pandemik covid-19 di SMPN SATAP 2 Patimpeng Kab. Bone maka saran yang akan
peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Guru diharapkan mampu mengelola kegiatan belajar mengajar yang efektif agar
proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik sekalipun dimasa pandemik.
2. Guru hendaknya selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
sekalipun dimasa pandemik, misalnya menjaga iklim pembelajaran agar tetap
optimal dengan selalu masuk sesuai jadwal pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR202200122 | 122/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
122/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
