Penerapan Manajemen Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bone
Nurmi Awalia/02.18.3129 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Penerapan Manajemen Pembelajaran Matematika
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bone”. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone
dan kendala dalam penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian yang diperoleh bahwa penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ada beberapa manajemen
pembelajaran yang diterapkan meliputi 1)perencanaan pembelajaran, dalam
perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Bone dilakukan dengan penyusunan
rencana pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru sebagai pegangan dalam
mengajar di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan materi
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai pegangan dalam kegiatan belajar
mengajar, penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
untuk mendukung proses pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran. 2)
pengorganisasian pembelajaran dilakukan oleh guru dalam mengelompokan siswa
pada saat proses pembelajaran. 3) pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana
dengan baik karena guru mampu mengelolah proses belajar mengajar, terkait dengan
bahan ajar, staregi mengajar dan media pembelajaran kelas sedangkan materi
pembelajaran disesuaikan dengan kelas. 4) kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan
pada kegiatan proses mengajar, tugas dan ujian akhir semester.Hasil belajar peserta
didik berdasarkan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pesrta didik
mmeningkatkan berdasarkan dari metode yang diterapkan oleh pendidik ketika
pembelajaran berlangsung, karena setiap pemahaman peserta didik berbeda-beda
dalam memahami pembelajaran. Adapun kendala dalam penerapan manajemen
pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi
kurangnya penguasaan dasar peserta didik sehingga guru harus menyiapkan waktu
untuk melakukan penguatan materi, kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran dalam mengatasi hal tersebut guru melakukan beberapa metode dalam
pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam meningkatkan
hasilbelajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone, sudah terlaksana dengan
baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya manajemen pembelajaran yang
meliputi a. perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Bone dilakukan
dengan penyusunan rencana pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru
sebagai pegangan dalam mengajar di dalam kelas, kemudian dilanjutkan
dengan penyusunan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kelas, hal
ini mempermudah guru dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar,
penggunaan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran dan
penggunaan beberapa metode pembelajaran untuk mendukung proses
pelajaran. b. pengorganisasian pembelajaran dilakukan oleh guru dalam
mengelompookan siswa pada saat proses pembelajaran. c. pelaksanaan
pembelajaran sudah terlaksana dengan baik karena guru mampu mengelolah
proses belajar mengajar di kelas, terkait dengan bahan ajar, strategi mengajar
dan media pembelajaran kelas sedangkan materi pembelajaran disesuaikan
dengan kelas. d. kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan pada kegiatan
proses mengajar, tugas dan ujian akhir semester dan penilaian sikap peserta
didik dilakukan pada saat peserta didik masih berada dalam lingkungan
sekolah terutama dalam proses pembelajaran berlangsung.
2. Hasil belajar peserta didik berdasarkan penelitian menunjukan bahwa hasil
belajar pesrta didik mmeningkatkan berdasarkan dari metode yang diterapkan
oleh pendidik ketika pembelajaran berlangsung, karena setiap pemahaman
peserta didik berbeda-beda dalam memahami pembelajaran.
3. Kendala dalam penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone ada beberapa
kendala yang ditemukan meliputi, kurangnya penguasaan dasar peserta didik
sehingga guru harus menyiapkan waktu untuk melakukan penguatan materi,
kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dalam
mengatasi hal tersebut guru melakukan beberapa metode dalam pembelajaran
yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone,
maka saran yang dapat penulis sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru diharapkan berkomitmen, memiliki kesungguhan dalam
menyapaikan ilmu dan banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,
serta menggunakan strategi dan metode yang tepat demi tercapainya tujuan
pendidikan.
2. Kepada peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan pelajaran yang
sedang berkangsung, karena suatu keberhasilan guru dalam mengajar ketika
peserta didik mampu mengikuti pelajaran dengan baik
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bone”. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone
dan kendala dalam penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian yang diperoleh bahwa penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ada beberapa manajemen
pembelajaran yang diterapkan meliputi 1)perencanaan pembelajaran, dalam
perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Bone dilakukan dengan penyusunan
rencana pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru sebagai pegangan dalam
mengajar di dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan materi
pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebagai pegangan dalam kegiatan belajar
mengajar, penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
untuk mendukung proses pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran. 2)
pengorganisasian pembelajaran dilakukan oleh guru dalam mengelompokan siswa
pada saat proses pembelajaran. 3) pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana
dengan baik karena guru mampu mengelolah proses belajar mengajar, terkait dengan
bahan ajar, staregi mengajar dan media pembelajaran kelas sedangkan materi
pembelajaran disesuaikan dengan kelas. 4) kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan
pada kegiatan proses mengajar, tugas dan ujian akhir semester.Hasil belajar peserta
didik berdasarkan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pesrta didik
mmeningkatkan berdasarkan dari metode yang diterapkan oleh pendidik ketika
pembelajaran berlangsung, karena setiap pemahaman peserta didik berbeda-beda
dalam memahami pembelajaran. Adapun kendala dalam penerapan manajemen
pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi
kurangnya penguasaan dasar peserta didik sehingga guru harus menyiapkan waktu
untuk melakukan penguatan materi, kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran dalam mengatasi hal tersebut guru melakukan beberapa metode dalam
pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan, maka penulis dapat mengemukakan
simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam meningkatkan
hasilbelajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone, sudah terlaksana dengan
baik, hal ini dapat dilihat dari terlaksananya manajemen pembelajaran yang
meliputi a. perencanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Bone dilakukan
dengan penyusunan rencana pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru
sebagai pegangan dalam mengajar di dalam kelas, kemudian dilanjutkan
dengan penyusunan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kelas, hal
ini mempermudah guru dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar,
penggunaan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran dan
penggunaan beberapa metode pembelajaran untuk mendukung proses
pelajaran. b. pengorganisasian pembelajaran dilakukan oleh guru dalam
mengelompookan siswa pada saat proses pembelajaran. c. pelaksanaan
pembelajaran sudah terlaksana dengan baik karena guru mampu mengelolah
proses belajar mengajar di kelas, terkait dengan bahan ajar, strategi mengajar
dan media pembelajaran kelas sedangkan materi pembelajaran disesuaikan
dengan kelas. d. kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan pada kegiatan
proses mengajar, tugas dan ujian akhir semester dan penilaian sikap peserta
didik dilakukan pada saat peserta didik masih berada dalam lingkungan
sekolah terutama dalam proses pembelajaran berlangsung.
2. Hasil belajar peserta didik berdasarkan penelitian menunjukan bahwa hasil
belajar pesrta didik mmeningkatkan berdasarkan dari metode yang diterapkan
oleh pendidik ketika pembelajaran berlangsung, karena setiap pemahaman
peserta didik berbeda-beda dalam memahami pembelajaran.
3. Kendala dalam penerapan manajemen pembelajaran matematika dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone ada beberapa
kendala yang ditemukan meliputi, kurangnya penguasaan dasar peserta didik
sehingga guru harus menyiapkan waktu untuk melakukan penguatan materi,
kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dalam
mengatasi hal tersebut guru melakukan beberapa metode dalam pembelajaran
yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan manajemen pembelajaran
matematika dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Bone,
maka saran yang dapat penulis sampaikan, yaitu sebagai berikut:
1. Kepada guru diharapkan berkomitmen, memiliki kesungguhan dalam
menyapaikan ilmu dan banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,
serta menggunakan strategi dan metode yang tepat demi tercapainya tujuan
pendidikan.
2. Kepada peserta didik diharapkan agar lebih memperhatikan pelajaran yang
sedang berkangsung, karena suatu keberhasilan guru dalam mengajar ketika
peserta didik mampu mengikuti pelajaran dengan baik
Ketersediaan
| STAR20220295 | 295/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
295/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
