Strategis Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Melalui Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di SMAN 14 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Menciptakan
Pembelajaran Yang Efektif Melalui Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di
SMAN 14 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam
menciptakan pembelajaran yang efektif melalui pemanfaatan teknologi
pembelajaran di SMAN 14 Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam
skripsi ini adalah 1) bagaimana strategi guru dalam menciptakan pembelajaran
yang efektif di SMAN 14 Bone 2) bagaimana pemanfaatan teknologi
pembelajaran dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di SMAN 14 Bone.
Untuk memudahkan pengkajian, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif (qualitatif research) dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk mendeskripsikan penelitian tentang Strategi Guru Dalam
Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Melalui Pemanfaatan Teknologi
Pembelajaran. Dalam data yang diperoleh diolah dengan menganalisis data,
penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimplan,
selanjutnya
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMAN 14 Bone strategi guru
dalam menciptakan pembelajaran yang efektif pertama mengenai pemilihan atau
penetapan metode dan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelum
pembelajaran dengan memperhatikan kondisi ruangan, karakter peserta didik,
waktu pembelajaran dan materi yang akan disampaikan perlu disesuaikan. kedua
mengenai pembelajaran yang efektif yang meliputi pengorgonisasian atau
penyusunan materi pelajaran, berkomunikasi yang efektif, penguasaan materi
pembelajaran, bersikap baik (positif), pendekatan pembelajaran dan hasil belajar
telah mampu dilaksanakan oleh guru di SMAN 14 Bone dalam menciptakan
pembelajaran yang efektif karena memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta
didik. Sedangkan pemanfaatan teknologi pembelajaran menunjukkan bahwa
teknologi pembelajaran sangat berperan penting baik dalam merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Hanya dibutuhkan sebuah
keterampilan dari seorang guru dalam menggunakan teknologi pembelajaran agar
dapat menentukan kondisi belajar peserta didik untuk menciptakan suasana belajar
yang nyaman dan menyenangkan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan pada
bab sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 14 Bone, maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di SMAN 14
Bone,yaitu mengenaipemilihan metode dan media pembelajaran. Pertama,
Metode pembelajaran seperti Metode Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
Demonstrasi dan Penugasan. Metode tersebut digunakan oleh guru dalam
proses belajar mengajar agar peserta didik lebih mudah dalam memahami
materi yang disampaikan.Kedua, Media pembelajaran seperti Leptop
Proyektor/LCD dan Computer Based Test, Google Classroom, Zoom,
Whatsapp dan Quiziz, dari beberapa aplikasi tersebut digunakan oleh
semua guru ketika pembelajaran berlangsung atau pada saat pengiriman
materi dan pemberian tugas kepada siswa.Media atau aplikasi tersebut
digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar materi atau bahan
pembelajaran yang diberikan tersampaikan secara menyeluruh kepada
peserta didik sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif.
2. Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam mencipatakan pembelajaran
yang efektif sangat berperan penting baik dalam merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Hal ini dapat dilihat
bahwa teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran yang mampu
memberikan penjelasan terhadap materi yang bukan hanya sekedar
penyampaian lisan atau teori. Tetapi pengajaran yang manarik perhatian
peserta didik, memberi motivasi belajar serta aktivitas belajar lainya
seperti mengamati, mendemonstrasikan atau melakukan. Hanya
dibutuhkan keterampilan dari seorang guru dalam menggunakan teknologi
pembelajaran agar dapat menentukan kondisi belajar peserta didik guna
menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
B. Implikasi
1. Dengan berjalannya proses pembelajaran secara efektif diharapkan
guru mampu memilih strategi pembelajaran yang memberikan
pengaruh positif terhadap kegiatan belajar mengajar peserta didik baik
dari ranah kognitif, psikomotirik dan afektif.
2. Dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran guru memiliki
keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap
proses pembelajaran dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.
3. Dengan adanya pemanfaatan teknologi pembelajaran mampu
memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik
dari ranah kognitif, psikomotirok dan efektif.
4. Mengadakan fasilitas dan sarana yang mampu memberikan pengaruh
terhadap penggunaan teknologi pembelajaran sebagai sumber dan
media pembelajaran.
5. Dengan hasil penelitian ini daiharapkan dapat dikembangkan oleh
peneliti berikutnya.
Ketersediaan
STAR2022002727/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

27/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top