Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Watampone

No image available for this title
Skripsi ini berjudul tentang Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap
Tingkat Pemahaman dan Minat Belajar Siswa pada Konsep Pelajaran IPS di SMP
Negeri 5 Watampone. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pelaksanaan
(respon/tingkat penerimaan peserta didik/siswa) pembelajaran online serta tingkat
pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran IPS di SMP Negeri 5
Watampone dan hubungan ketergantungan tingkat pemahaman dan minat belajar siswa
pada konsep pelajaran IPS atas pembelajaran online (respon penerimaan siswa) di SMP
Negeri 5 Watampone.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 117 dengan jumlah guru 14,
dan siswa terdiri dari kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX dengan jumlah 103 orang.
Dalam menentukan sampel apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil
semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah
subjeknya besar dapat diambil antara 10 – 15 % atau 20 – 25 % atau lebih. Jadi, dalam
penelitian ini digunakan sampel sebanyak 25 % dari populasi, sehingga diperoleh
sampel penelitian sebanyak 25,75. Jadi dibulatkan menjadi 26 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis regresi linear sedehana dengan melakukan uji
linearitas (Summary Output) dan uji signifikansi parameter estimasi (Anova) dan
teknik analisis statistik product momen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai variabel pelaksanaan
pembelajaran online (x) adalah 47,3 dan pemahaman dan minat belajar siswa (y) adalah
48,3 berada pada kategori baik. Sedangkan hasil analisis statistic product momen
menunjukkan hasil uji regresi diperoleh nilai r xy = 0,49, ini membuktikan bahwa
pembelajaran online memiliki pengaruh terhadap pemahaman dan minat belajar siswa.
Kemudian hasil analisis regresi linear sederhana untuk nilai korelasi antara X dan Y
adalah 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Nilai koefisien determinasinya 0,24
atau 24% yang berarti bahwa X (pembelajaran online) dapat menjelaskan Y
(pemahaman dan minat) sebesar 24% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dari
hasil uji signifikansi ANOVA yang menunjukkan bahwa nilai F hitung adalah 7,87
dengan nilai signifikansi 0,009 maka nilai 0,009 lebih kecil dari alpha 0,05 (0,009 <
0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan
pembelajaran online terhadap tingkat pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep
pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Watampone.
A. Simpulan
Simpulan merupakan sebuah gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh beberapa simpulan.
Simpulan dalam bab ini merupakan jawaban atas semua rumusan masalah. Adapun
simpulan-simpulan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pelaksanaan (respon/penerimaan peserta didik/siswa) pembelajaran online di
SMP Negeri 5 Watampone berdasarkan hasil penelitian adalah 47,3, berada
pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 41-47. Dengan demikian,
dapat dibuktikan bahwa pelaksanaan (respon peserta didik/siswa)
pembelajaran online serta tingkat pemahaman dan minat belajar siswa pada
konsep pelajaran IPS di SMP Negeri 5 watampone termasuk dalam kategori
baik.
2. Pemahaman dan minat belajar di SMP Negeri 5 Watampone adalah 48,3,
berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 44-49. Dengan
demikian, dapat dibuktikan bahwa hubungan ketergantungan tingkat
pemahaman dan minat belajar siswa pada konsep pelajaran IPS atas
pembelajaran online (respon penerimaan siswa) di SMP Negeri 5 Watampone
termasuk dalam kategori baik.
3. Berdasarkan hasil analisis statistic product momen menunjukkan hasil uji
regresi diperoleh nilai r xy = 0,49, ini membuktikan bahwa pembelajaran online
memiliki pengaruh terhadap pemahaman dan minat belajar siswa. Kemudian
hasil analisis regresi linear sederhana untuk nilai korelasi antara X dan Y
adalah 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Nilai koefisien
determinasinya 0,24 atau 24% yang berarti bahwa X (pembelajaran online)
dapat menjelaskan Y (pemahaman dan minat) sebesar 24% dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil uji signifikansi ANOVA yang
menunjukkan bahwa bahwa nilai F hitung adalah 7,87 dengan nilai
signifikansi 0,009 maka nilai 0,009 lebih kecil dari alpha 0,05 (0,009 < 0,05).
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan
pembelajaran online terhadap tingkat pemahaman dan minat belajar siswa
pada konsep pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Watampone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi guru
terkhususnya guru yang ada di SMP Negeri 5 Watampone, maupun mahasiswa lain
yang berkaitan dengan pengaruh pembelajaran online terhadap tingkat pemahaman dan
minat belajar siswa pada konsep pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Watampone. Adapun
saran-saran yang dapat diberikan penulis yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran
online memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap pemahaman dan minat
belajar siswa. Jadi diharapkan kepada semua pihak-pihak yang terkait di SMP
Negeri 5 Watampone hendaknya senantiasa meningkatkan pelaksanaan
pembelajaran online agar pemahaman dan minat belajar siswa semakin baik.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan pertimbangan/statistik
maka perlu ditetapkan metode pembelajaran statistic pada mahasiswa di awal
dan di akhir semester agar dapat mempermudah mahasiswa dalam
menggunakan metode perhitungan statistic baik dari manual maupun program
mudah diaplikasikan dalam Microsoft excel.
Ketersediaan
STAR20220388388/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

388/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top