Penerapan Prinsip Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Tenaga Pendidik (Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bon
Rukiawati/02.13.3097 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan
islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (studi di SMP Amir Islam
Panyula) Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan prinsip
kepemimpinan pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (
Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang penerapan prinsip kepemimpinan
pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (studi di SMP Amir
Islam Panyula) Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis
deskriptif kualitatif kemudian dijabarkan ke dalam cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Kepemimpinan
Pendidikan Islam (Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone telah dilaksanakan
dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan: Kemampuan kepala sekolah dalam
menerapkan sikap kejujuran kepada warga sekolah, Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan guru bekerja secara profesional, kemampuan dalam berkomitmen dalam
islam, kemampuan dalam jujur dalam bermuamalah, kemampuan dalam berfikir
secara sehat. Kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan sikap adil kepada warga
sekolah, hal tersebut ditandai dengan guru tidak memihak, sama hak, sah menurut
hukum, layak dan wajar dan benar secara moral. Kemampuan kepala sekolah dalam
menerapkan musyawarah kepada warga sekolah, hal tersebut ditandai sesuai dengan
kepentingan bersama, pembicaraan bisa diterima dengan akal sehat, pendapat yang
disampaikan mudah dipahami dan pertimbangan moral lebih diutamakan.
Kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan etika tauhid amar ma'ruf nahi
mungkar kepada warga sekolah, hal tersebut ditandai dengan kemampuan guru dalam
mengamalkan ilmu yang diketahuinya, kemampuan guru dalam berlemah lembut dan
kasih sayang terhadap warga sekolah, kemampuan guru dalam memberi hikmah dan
kemampuan menjadi tauladan yang baik bagi warga sekolah.
Kualitas tenaga pendidik (Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone
sudah tergolong baik. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan guru dalam
menerapkan kompetensi yang dimilikinya, seperti: Kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Oleh karena
itu kemampuan guru dalam menerapkan kompetensi yang dimilikinya menandakan
bahwa kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam Panyula sudah tergolong baik.
Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam berperan dalam
meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam panyula. Hal tersebut
ditandai dengan penerapan prinsip jujur, adil, musyawarah dan etika tauhid amar
ma'ruf nahi mungkar secara tidak sadar meningkatkan kinerja guru sehingga
berdampak pada kualitas guru itu sendiri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya,
penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam di SMP Amir Islam
Panyula sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan:
a. Kemampuan dalam menerapkan sikap jujur kepada warga sekolah
sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan guru dalam bekerja secara profesional, komitmen dalam
islam, jujur dalam bermuamalah dan akal yang sehat. Hal tersebut
menandakan adanya sikap jujur yang ditunjukkan setiap guru. Dengan
demikian penerapan prinsip kejujuran sudah terlaksana dengan baik.
b. Kemampuan dalam menerapkan sikap adil kepada warga sekolah
sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan dalam menyamakan hak dan tidak memihak, layak dan
wajar berdasarkan hukum yang sah dan benar secara moral. Hal
tersebut menandakan adanya sikap adil yang ditunjukkan oleh setiap
guru. Dengan demikian penerapan prinsip adil sudah tergolong baik.
c. Kemampuan dalam melakukan musyawarah kepada warga sekolah
sudah terlaksana dengan baik. Hal ini ditandai dengan kemampuan
guru dalam menyampaikan pendapat mudah dipahami, sesuai dengan
kepentingan bersama, mengutamakan pertimbangan moral dan
68
pembicaraan bisa diterima dengan akal sehat. Hal tersebut
menandakan adanya penerapan musyawarah. Dengan demikian
penerapan prinsip musyawarah sudah terlaksana dengan baik.
d. Kemampuan dalam menerapkan etika tauhid dan amar ma'ruf nahi
mungkar kepada warga sekolah sudah terlaksana dengan baik. Hal
tersebut ditandai dengan kemampuan guru mengetahui pentingnya
berilmu dan mengamalkan ilmu yang diketahui, berlemah lembut dan
kasih sayang terhadap orang lain, memberi hikmah dan menjadi
tauladan yang baik bagi orang lain. hal tersebut menandakan adanya
penerapan etika tauhid amar ma'ruf nahi mungkar. Dengan demikian,
penerapan prinsip etika tauhid amar ma'ruf nahi mungkar sudah
terlaksana dengan baik.
2. Kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam Panyula sudah tergolong
baik yang ditandai dengan kemampuan guru dalam menerapkan
kompetensi yang dimilikinya, yaitu: Kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Melalui empat
kompetensi tersebut diketahui kualitas tenaga pendidik di SMP Amir
Islam Panyula sudah baik.
3. Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam berperan penting
dalam meningkatnya kualitas tenaga pendidik. Hal tersebut ditandai
dengan penerapan prinsip jujur, adil, musyawarah dan etika tauhid amar
ma'ruf nahi mungkar secara sadar meningkatkan kinerja guru sehingga
berdampak pada meningkatnya kualitas guru.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis akan
mengemukakan implikasi penelitian yang berupa saran-saran kepada pihak
sekolah SMP Amir Islam Panyula. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini, yaitu:
1. Kepada kepala sekolah, sebagai pemimpin di dalam sekolah diharapkan agar
selalu meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan menjadi contoh yang
baik bagi warga sekolah, senantiasa selalu menjunjung tinggi prinsip
kepemimpinan pendidikan islam agar tercipta guru berkualitas yang berakhlak
mulia.
2. Kepada guru, sebagai pendidik diharapkan agar senantiasa menerapkan
prinsip kepemimpinan pendidikan islam, baik disekolah maupun luar sekolah
agar menjadi guru yang berkarakter islami.
3. Kepada siswa, sebagai peserta didik diharapkan agar senantiasa menghormati
guru dan kepala sekolah dengan selalu menerapkan prinsip kepemimpinan
pendidikan islam baik disekolah maupun luar sekolah agar tercipta siswa yang
berakhlak mulia.
islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (studi di SMP Amir Islam
Panyula) Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan prinsip
kepemimpinan pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (
Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang penerapan prinsip kepemimpinan
pendidikan islam dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik (studi di SMP Amir
Islam Panyula) Kab. Bone. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis
deskriptif kualitatif kemudian dijabarkan ke dalam cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip Kepemimpinan
Pendidikan Islam (Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone telah dilaksanakan
dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan: Kemampuan kepala sekolah dalam
menerapkan sikap kejujuran kepada warga sekolah, Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan guru bekerja secara profesional, kemampuan dalam berkomitmen dalam
islam, kemampuan dalam jujur dalam bermuamalah, kemampuan dalam berfikir
secara sehat. Kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan sikap adil kepada warga
sekolah, hal tersebut ditandai dengan guru tidak memihak, sama hak, sah menurut
hukum, layak dan wajar dan benar secara moral. Kemampuan kepala sekolah dalam
menerapkan musyawarah kepada warga sekolah, hal tersebut ditandai sesuai dengan
kepentingan bersama, pembicaraan bisa diterima dengan akal sehat, pendapat yang
disampaikan mudah dipahami dan pertimbangan moral lebih diutamakan.
Kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan etika tauhid amar ma'ruf nahi
mungkar kepada warga sekolah, hal tersebut ditandai dengan kemampuan guru dalam
mengamalkan ilmu yang diketahuinya, kemampuan guru dalam berlemah lembut dan
kasih sayang terhadap warga sekolah, kemampuan guru dalam memberi hikmah dan
kemampuan menjadi tauladan yang baik bagi warga sekolah.
Kualitas tenaga pendidik (Studi di SMP Amir Islam Panyula) Kab. Bone
sudah tergolong baik. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan guru dalam
menerapkan kompetensi yang dimilikinya, seperti: Kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Oleh karena
itu kemampuan guru dalam menerapkan kompetensi yang dimilikinya menandakan
bahwa kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam Panyula sudah tergolong baik.
Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam berperan dalam
meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam panyula. Hal tersebut
ditandai dengan penerapan prinsip jujur, adil, musyawarah dan etika tauhid amar
ma'ruf nahi mungkar secara tidak sadar meningkatkan kinerja guru sehingga
berdampak pada kualitas guru itu sendiri.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya,
penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam di SMP Amir Islam
Panyula sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan:
a. Kemampuan dalam menerapkan sikap jujur kepada warga sekolah
sudah diterapkan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan guru dalam bekerja secara profesional, komitmen dalam
islam, jujur dalam bermuamalah dan akal yang sehat. Hal tersebut
menandakan adanya sikap jujur yang ditunjukkan setiap guru. Dengan
demikian penerapan prinsip kejujuran sudah terlaksana dengan baik.
b. Kemampuan dalam menerapkan sikap adil kepada warga sekolah
sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan
kemampuan dalam menyamakan hak dan tidak memihak, layak dan
wajar berdasarkan hukum yang sah dan benar secara moral. Hal
tersebut menandakan adanya sikap adil yang ditunjukkan oleh setiap
guru. Dengan demikian penerapan prinsip adil sudah tergolong baik.
c. Kemampuan dalam melakukan musyawarah kepada warga sekolah
sudah terlaksana dengan baik. Hal ini ditandai dengan kemampuan
guru dalam menyampaikan pendapat mudah dipahami, sesuai dengan
kepentingan bersama, mengutamakan pertimbangan moral dan
68
pembicaraan bisa diterima dengan akal sehat. Hal tersebut
menandakan adanya penerapan musyawarah. Dengan demikian
penerapan prinsip musyawarah sudah terlaksana dengan baik.
d. Kemampuan dalam menerapkan etika tauhid dan amar ma'ruf nahi
mungkar kepada warga sekolah sudah terlaksana dengan baik. Hal
tersebut ditandai dengan kemampuan guru mengetahui pentingnya
berilmu dan mengamalkan ilmu yang diketahui, berlemah lembut dan
kasih sayang terhadap orang lain, memberi hikmah dan menjadi
tauladan yang baik bagi orang lain. hal tersebut menandakan adanya
penerapan etika tauhid amar ma'ruf nahi mungkar. Dengan demikian,
penerapan prinsip etika tauhid amar ma'ruf nahi mungkar sudah
terlaksana dengan baik.
2. Kualitas tenaga pendidik di SMP Amir Islam Panyula sudah tergolong
baik yang ditandai dengan kemampuan guru dalam menerapkan
kompetensi yang dimilikinya, yaitu: Kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Melalui empat
kompetensi tersebut diketahui kualitas tenaga pendidik di SMP Amir
Islam Panyula sudah baik.
3. Penerapan prinsip kepemimpinan pendidikan islam berperan penting
dalam meningkatnya kualitas tenaga pendidik. Hal tersebut ditandai
dengan penerapan prinsip jujur, adil, musyawarah dan etika tauhid amar
ma'ruf nahi mungkar secara sadar meningkatkan kinerja guru sehingga
berdampak pada meningkatnya kualitas guru.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis akan
mengemukakan implikasi penelitian yang berupa saran-saran kepada pihak
sekolah SMP Amir Islam Panyula. Adapun saran-saran penulis dalam
pembahasan skripsi ini, yaitu:
1. Kepada kepala sekolah, sebagai pemimpin di dalam sekolah diharapkan agar
selalu meningkatkan kualitas tenaga pendidik dengan menjadi contoh yang
baik bagi warga sekolah, senantiasa selalu menjunjung tinggi prinsip
kepemimpinan pendidikan islam agar tercipta guru berkualitas yang berakhlak
mulia.
2. Kepada guru, sebagai pendidik diharapkan agar senantiasa menerapkan
prinsip kepemimpinan pendidikan islam, baik disekolah maupun luar sekolah
agar menjadi guru yang berkarakter islami.
3. Kepada siswa, sebagai peserta didik diharapkan agar senantiasa menghormati
guru dan kepala sekolah dengan selalu menerapkan prinsip kepemimpinan
pendidikan islam baik disekolah maupun luar sekolah agar tercipta siswa yang
berakhlak mulia.
Ketersediaan
| STAR20190307 | 307/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
307/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
