Implementasi Strategi Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Strategi Keterampilan Proses
dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
gambaran penerapan strategi keterampilan proses pada pembelajaran fikih siswa
kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi, Bagaimana Kualitas
pembelajaran fikih siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi
dan Bagaimana Implementasi penerapan strategi keterampilan proses pada bidang
studi fikih siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi. Masalah
ini dianalisis dengan pendekatan psikologis selalu melibatkan aspek kejiwaan atau
tingkah laku manusia. Pendekatan psikologis tertujuan pada pemahaman manusia,
khususnya tentang pembelajaran fikih dan pendekatan teologi normatif, yaitu
pendekatan dengan berdasarkan pada al-Qur’an dan sunnah Nabi, termasuk
penafsiran atas ayat ayat dalam al-Qur’an, serta dibahas dengan metode kulitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
gambaran penerapan
strategi
keterampilan proses pada pembelajaran fikih siswa kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi yaitu para siswa dapat mengamplikasikan
pembelajaran fikih dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat terkait
dari metode dan strategi tang diterapkan oleh guru dalam memberikan pengajaran di
kelas, sehingga para siswa dapat menerima baik materi yang disampaikan oleh
guru.
Kualitas pembelajaran fikih siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-
Mubarak Taccipi yaitu 1) dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, 2)
kreativitas siswa dapat lebih meningkat dan 3) keterampilan siswa dapat lebih
berkembang sehingga mampu menghasilkan hal-hal yang berguna baik untuk
dirinya sendiri maupun untuk orang lain.
Implementasi penerapan strategi keterampilan proses pada bidang studi fikih
siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi
yaitu 1) mengarahkan siswa untuk mengamati masalah, 2) mengarahkan siswa untuk
menggolongkan hal yang terkait dengan pembelajaran fiqhi, 3) mengarahkan siswa
untuk menafsirkan, 4) mengarahkan siswa untuk merencanakan, 5) mengarahkan
siswa untuk melakukan praktik dan
6) mengarahkan siswa untuk
mengkomunikasikan makna dari pembelajaran fiqhi.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran penerapan strategi keterampilan proses pada pembelajaran fikih
siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi yaitu para
siswa dapat mengamplikasikan pembelajaran fikih dengan baik dalam
kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat terkait dari metode dan strategi tang
diterapkan oleh guru dalam memberikan pengajaran di kelas, sehingga para
siswa dapat menerima baik materi yang disampaikan oleh guru.
2. Kualitas pembelajaran fikih siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-
Mubarak Taccipi yaitu
(a) dapat mengaktifkan siswa dalam proses
pembelajaran,
(b) kreativitas siswa dapat lebih meningkat dan
(c) keterampilan siswa dapat lebih berkembang sehingga mampu menghasilkan
hal-hal yang berguna baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.
3. Implementasi penerapan strategi keterampilan proses pada bidang studi fikih
siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarak Taccipi yaitu (a)
mengarahkan siswa untuk mengamati masalah, (b) mengarahkan siswa untuk
menggolongkan hal yang terkait dengan pembelajaran fiqhi, (c) mengarahkan
siswa untuk menafsirkan, (d) mengarahkan siswa untuk merencanakan, (e)
mengarahkan siswa untuk melakukan praktik dan (f) mengarahkan siswa
untuk mengkomunikasikan makna dari pembelajaran fiqhi.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan
pembinaan kepada siswa.
2. Diharapkan kepada semua orang tua siswa agar memberikan dukungan dan
tetap membina anak-anaknya di dalam rumah tangga sebagai salah satu
wujud partisipasi dalam dunia pendidikan.
3. Diharapkan kepada guru agar tetap sabar dan ikhlas dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik serta mengaplikasikan pendekatan-pendekatan
mengajar yang dapat mengaktifkan siswa di kelas.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
STAR20200187187/2020Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

187/2020

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top