Efektivitas penerapan media papan bergambar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ips kelas V di SD 299 RAPPA Kabupaten Bone
Irma Kumalasari/02.18.5003 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media papan bergambar dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di SD 299 RAPPA
kabupaten bone dan perbedaan keefektifan antara sebelum dan setelah di ajar
menggunakan media papan bergambar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa
kelas V di SD 299 RAPPA.
Adapun metode penelitian ini adalah Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif jenis
one sampel group pre-test post test. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
menggunakan teknik tes. Kemudian dilakukan teknik analisis data menggunakan
tekni statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan analisis
statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program Statiscal Package Sosial
(SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan media papan bergambar efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di SD 299 RAPPA kabupaten bone dengan nilai signifikansi yang
dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai alpha 0,05 (p-value< 0,05);dan terdapat
perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan media papan
bergambar dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V di SD 299
RAPPA dimana nilai signifikan yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-
value < 0,05).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas penerapan
media papan bergambar dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD 299
RAPPA, maka dapat di simpulkan:
1. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD 299 RAPPAsebelum diajar
menggunakan media papan bergambar memiliki nilai rata-rata, standar
deviasi,dan persentase ketutasan secara berurutan sebesar 43,00; 17,91;
16,00% dan setelah diajar menggunakan media media papan bergambar
memiliki nilai rata-rata, standar deviasi,dan persentase ketutasan secara
berurutan sebesar 80,40; 9,13; 84,00%.
2. pembelajaran dengan media papan bergambar efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial
dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai
alpha 0,05 (p-value< 0,05).
3. ada perbedaan antara sebelum dan setelah diajar menggunakan media papan
bergambar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD 299 RAPPA nilai
signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-value< 0,05).
Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis null ( ) ditolak.
B. Saran
berdasarkan hasil penelitian, pembahasan kesimpulan dan temuan yang
diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti memberikan saran
yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian ini berjalan lebih baik. Adapun saran-
saran-saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media papan
bergambar dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karasteristik
materi pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa
2. Setiap media pembelajaran mrmpunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia
serta sarana dan prasarana yang dimiliki
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di SD 299 RAPPA
kabupaten bone dan perbedaan keefektifan antara sebelum dan setelah di ajar
menggunakan media papan bergambar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa
kelas V di SD 299 RAPPA.
Adapun metode penelitian ini adalah Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif jenis
one sampel group pre-test post test. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
menggunakan teknik tes. Kemudian dilakukan teknik analisis data menggunakan
tekni statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dan analisis
statistik inferensial untuk menguji hipotesis melalui program Statiscal Package Sosial
(SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan media papan bergambar efektif dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di SD 299 RAPPA kabupaten bone dengan nilai signifikansi yang
dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai alpha 0,05 (p-value< 0,05);dan terdapat
perbedaan yang signifikan antara sebelum dan setelah menggunakan media papan
bergambar dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas V di SD 299
RAPPA dimana nilai signifikan yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-
value < 0,05).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas penerapan
media papan bergambar dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V SD 299
RAPPA, maka dapat di simpulkan:
1. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD 299 RAPPAsebelum diajar
menggunakan media papan bergambar memiliki nilai rata-rata, standar
deviasi,dan persentase ketutasan secara berurutan sebesar 43,00; 17,91;
16,00% dan setelah diajar menggunakan media media papan bergambar
memiliki nilai rata-rata, standar deviasi,dan persentase ketutasan secara
berurutan sebesar 80,40; 9,13; 84,00%.
2. pembelajaran dengan media papan bergambar efektif dalam meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajarn Ilmu Pengetahuan Sosial
dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil atau kurang dari nilai
alpha 0,05 (p-value< 0,05).
3. ada perbedaan antara sebelum dan setelah diajar menggunakan media papan
bergambar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V SD 299 RAPPA nilai
signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari nilai alpha 0,05 (p-value< 0,05).
Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis null ( ) ditolak.
B. Saran
berdasarkan hasil penelitian, pembahasan kesimpulan dan temuan yang
diperoleh selama proses pelaksanaan penelitian, maka peneliti memberikan saran
yang bertujuan agar pelaksanaan penelitian ini berjalan lebih baik. Adapun saran-
saran-saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media papan
bergambar dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karasteristik
materi pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa
2. Setiap media pembelajaran mrmpunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia
serta sarana dan prasarana yang dimiliki
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa
Ketersediaan
| STAR20220191 | 191/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
191/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
