Manajemen dan Pengembangan Karir Guru (periode 2017-2021) di SMP Negeri 3 Palakka
Fitriani/02.18.3040 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang manajemen dan pengembangan karir guru (priode
2017-2021) di SMP Negeri 3 palakka. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam
penelitian ini yaitu Implementasi manajemen guru (periode 2017-2021) di SMP
Negeri 3 Palakka, pengembangan karir guru (perioe 2017-2021) di SMP Negeri 3
Palakka, hambatan dan kendala pengembangan karir guru (periode 2017-2021) di
SMP Negeri 3 Palakka. .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan
pendekatan manajemen dan pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction,
data display dan cinclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen guru pada priode
2017-2021 di SMP Negeri 3 Palakka dapat dilihat dari bagaimana perencanaan dan
pengadaan guru, pelatihan serta pengembangan guru, evaluasi guru, hingga
pemberhentian guru. 2) Pengembangan karir guru di SMP Negeri 3 Palakka pada
priode 2017-2021 dapat dilihat dari tiga rana yaitu yang pertama rana penugasan
guru bahwa sudah ditempatkan pada tugas masing-masing terutama pada tugas
pokok dan tugas tambahan sesuai dengan kompetensi masing-masing guru. Kedua
yaitu dengan promosi guru dipromosikan yang dulunya guru mata pelajaran
kemudian dikembangkan menjadi wali kelas. ketiga kenaikan pangkat guru dilihat
guru yang memang sudah cukup waktunya dan sudah cukup kreditnya maka
diusulkan untuk melengkapi berkas kenaikan pangkat guru. Hal tersebut dapat
dianggap bahwa pengembangan karir sudah berjalan dengan baik sesuai yang
diharapkan sekolah tersebut. 3) Hambatan dan pengembangan karir guru priode
2017-2021 di SMP Negeri 3 Palakka yaitu kurangnya pemahaman tentang penulisan
karya ilmiah, guru hanya mementingkan budaya kerjanya, kurangnya guru yang
mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah atau pelatihan lainnya serta hambata
administraif yang menghambat dalam pengembangan karir guru.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:
1. Manajemen guru di SMP Negeri 3 Palakka pada priode 2017-2021 setelah
melakukan penelitian, dilihat dari kepala sekolah yang antusiasi terhadap
manajemen guru di sekolah tersebut mulai dari perencanaan dan pengadaan
guru, pelatihan serta pengembangan guru, evaluasi guru, hingga
pemberhentian guru terlaksana sesuai apa yang diharapkan.
2. Pengembangan karir guru di SMP Negeri 3 Palakka pada priode 2017-2021
dapat dilihat dari tiga rana yaitu pertama rana penugasa guru bahwa sudah
ditempatkan pada tugas masing-masing terutama pada tugas pokok dan tugas
tambahan sesuai dengan kompetensi masing-masing guru. Kedua yaitu
dengan promosi guru dipromosikan yang dulunya guru mata pelajaran
kemudian dikembangkan menjadi wali kelas. Ketiga kenaikan pangkat guru
dilihat guru yang memang sudah cukup waktunya dan sudah cukup kreditnya
maka diusulkan untuk melengkapi berkas kenaikan pangkat guru. Hal
tersebut dapat anggap bahwa pengembangan karir sudah berjalan dengan baik
sesuai yang diharapkan sekolah tersebut.
3. Hambatan dan pengembangan karir guru priode 2017-2021 di SMP Negeri 3
Palakka yaitu kurangnya pemahaman tentang penulisan karya ilmiah, guru
yang hanya mementingkan budaya kerjanya, kurangnya guru yang mengikuti
pelatihan karya tulis ilmiah atau pelatihan lainnya serta hambata administraif
yang menghambat dalam pengembangan karir guru.
B. Implikasi
Selesainya karya tulis berupa skripsi maka penulis mengemukakan beberapa
implikasi sebagai berikut:
1. Untuk kepala sekolah yang merupakan pelaku terhadap manajemen dan
pengembangan karir di SMP Negeri 3 Palakka agar kedepannya bisa lebih
baik lagi dari yang sebelumnya karena melihat hambatan dalam
pengembangan karir guru itu masih perlu diperbaiki agar lebih maju lagi.
Di sinilah peran kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya karena
keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala sekolah.
2. Untuk guru di SMP Negeri 3 Palakka agar selalu mengikuti pelatihan-
pelatihan guna untuk pengembangan karir kedepannya terutama dalam
hal pelatihan karya tulis ilmiah karena itu sudah menjadi suatu syarat
untuk kenaikan pangkat terhadap pengembangan karir guru.
2017-2021) di SMP Negeri 3 palakka. Ada tiga sub masalah yang dikaji dalam
penelitian ini yaitu Implementasi manajemen guru (periode 2017-2021) di SMP
Negeri 3 Palakka, pengembangan karir guru (perioe 2017-2021) di SMP Negeri 3
Palakka, hambatan dan kendala pengembangan karir guru (periode 2017-2021) di
SMP Negeri 3 Palakka. .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan
pendekatan manajemen dan pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction,
data display dan cinclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi manajemen guru pada priode
2017-2021 di SMP Negeri 3 Palakka dapat dilihat dari bagaimana perencanaan dan
pengadaan guru, pelatihan serta pengembangan guru, evaluasi guru, hingga
pemberhentian guru. 2) Pengembangan karir guru di SMP Negeri 3 Palakka pada
priode 2017-2021 dapat dilihat dari tiga rana yaitu yang pertama rana penugasan
guru bahwa sudah ditempatkan pada tugas masing-masing terutama pada tugas
pokok dan tugas tambahan sesuai dengan kompetensi masing-masing guru. Kedua
yaitu dengan promosi guru dipromosikan yang dulunya guru mata pelajaran
kemudian dikembangkan menjadi wali kelas. ketiga kenaikan pangkat guru dilihat
guru yang memang sudah cukup waktunya dan sudah cukup kreditnya maka
diusulkan untuk melengkapi berkas kenaikan pangkat guru. Hal tersebut dapat
dianggap bahwa pengembangan karir sudah berjalan dengan baik sesuai yang
diharapkan sekolah tersebut. 3) Hambatan dan pengembangan karir guru priode
2017-2021 di SMP Negeri 3 Palakka yaitu kurangnya pemahaman tentang penulisan
karya ilmiah, guru hanya mementingkan budaya kerjanya, kurangnya guru yang
mengikuti pelatihan karya tulis ilmiah atau pelatihan lainnya serta hambata
administraif yang menghambat dalam pengembangan karir guru.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:
1. Manajemen guru di SMP Negeri 3 Palakka pada priode 2017-2021 setelah
melakukan penelitian, dilihat dari kepala sekolah yang antusiasi terhadap
manajemen guru di sekolah tersebut mulai dari perencanaan dan pengadaan
guru, pelatihan serta pengembangan guru, evaluasi guru, hingga
pemberhentian guru terlaksana sesuai apa yang diharapkan.
2. Pengembangan karir guru di SMP Negeri 3 Palakka pada priode 2017-2021
dapat dilihat dari tiga rana yaitu pertama rana penugasa guru bahwa sudah
ditempatkan pada tugas masing-masing terutama pada tugas pokok dan tugas
tambahan sesuai dengan kompetensi masing-masing guru. Kedua yaitu
dengan promosi guru dipromosikan yang dulunya guru mata pelajaran
kemudian dikembangkan menjadi wali kelas. Ketiga kenaikan pangkat guru
dilihat guru yang memang sudah cukup waktunya dan sudah cukup kreditnya
maka diusulkan untuk melengkapi berkas kenaikan pangkat guru. Hal
tersebut dapat anggap bahwa pengembangan karir sudah berjalan dengan baik
sesuai yang diharapkan sekolah tersebut.
3. Hambatan dan pengembangan karir guru priode 2017-2021 di SMP Negeri 3
Palakka yaitu kurangnya pemahaman tentang penulisan karya ilmiah, guru
yang hanya mementingkan budaya kerjanya, kurangnya guru yang mengikuti
pelatihan karya tulis ilmiah atau pelatihan lainnya serta hambata administraif
yang menghambat dalam pengembangan karir guru.
B. Implikasi
Selesainya karya tulis berupa skripsi maka penulis mengemukakan beberapa
implikasi sebagai berikut:
1. Untuk kepala sekolah yang merupakan pelaku terhadap manajemen dan
pengembangan karir di SMP Negeri 3 Palakka agar kedepannya bisa lebih
baik lagi dari yang sebelumnya karena melihat hambatan dalam
pengembangan karir guru itu masih perlu diperbaiki agar lebih maju lagi.
Di sinilah peran kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya karena
keberhasilan suatu sekolah dilihat dari kepemimpinan kepala sekolah.
2. Untuk guru di SMP Negeri 3 Palakka agar selalu mengikuti pelatihan-
pelatihan guna untuk pengembangan karir kedepannya terutama dalam
hal pelatihan karya tulis ilmiah karena itu sudah menjadi suatu syarat
untuk kenaikan pangkat terhadap pengembangan karir guru.
Ketersediaan
| STAR20220218 | 218/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
218/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
