Penerapan Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Prasarana di MI Al- Hidayah Mico Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone
Sulfiana/02.16.3061 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Prinsip Transparansi dan Akuntabilitas
Pengelolaan Keuangan dalam Meningkatkan Kualitas Sarana
Prasarana di MI Al-Hidayah Mico Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten
Bone: hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana penerapan prinsip
transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan kualitas sarana prasana?
Bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan dalam
meningkatkan kualitas sarana dan prasarana? Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Penerapan Prinsip Transparansi dan
Akuntabilitas dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Prasarana di MI Al-Hidayah
Mico Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone bahwa penerapan
prinsip transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana
sdi MI Al-Hidayah mico sudah baik, karena setiap program kegiatan dilakukan secara
terbuka. Transparansi dilakukan mulai dari perencanaan anggaran, penggunaan
anggaran, dan publikasi anggaran. Penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan
keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-Hidayah mico sudah
baik, karena setiap program kegiatan dilakukan disertai dengan pertanggungjawaban.
kegiatan yang dilakukan madrasah seperti perencanaan anggaran, penggunaan
anggaran dan pengarsipan laporan, dengan pertanggungjawaban dari kepala madrasah
dan bendahara madrasah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukaan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan prinsip transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan
sarana prasarana di MI Al-Hidayah Mico sudah berjalan dengan baik.
Pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan secara transparansi dan terbuka
dalam mengelola setiap kegiatan yang dilakukan madrasah dan pengeluaran
mengenai anggaran. Transparansi dilakukan mulai dari perencanaan anggaran,
penggunaan anggaran, dan publikasi anggaran. Penyedian informasi dan
menjamin kemudahan dalam memperoleh informasi yang akurat dan
memadai. Hal ini membuktikan bahwa penerapan prinsip transparansi
pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-
Hidayah mico sudah baik, karena setiap program kegiatan dilakukan secara
terbuka.
2. Penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan dalam meningkatkan
kualitas sarana prasana di MI Al-Hidayah Mico sudah berjalan dengan baik.
Pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasarana dilakukan
secara akuntabel, setiap kegiatan yang dilakukan madrasah seperti
perencanaan anggaran, penggunaan anggaran dan pengarsipan laporan.
Dengan pertanggungjawaban dari kepala madrasah dan bendahara madrasah.
Hal ini membuktikan bahwa penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan
keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-Hidayah mico
sudah baik, karena setiap program kegiatan seperti perencanaa sarana
prasarana, pengadaan saran prasana, pemeliharaan sarana prasana dilakukan
dengan pertanggungjawaban.
B. Implikasi
1. Kepada pengelola dana diharapkan agar setiap dana yang masuk sebagian
besar digunakan dalam pengadaan sarana dan prasarana karena ini sangat
penting dalam proses pembelajaran.
2. Seluruh pihak madrsah diharapkan agar terus memantau penggunaan
sarana dan prasarana agar kualitasnya tetap terjaga.
3. Kepala sekolah diharapkan lebih memfokuskan peningkatan sarana dan
prasana karena dengan adanya sarana dan prasarana yang berkualitas akan
ikut meningkatkan mutu madrasah.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didlam dunia pendidikan formal, nonformal maupun informal.
Pengelolaan Keuangan dalam Meningkatkan Kualitas Sarana
Prasarana di MI Al-Hidayah Mico Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten
Bone: hal penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana penerapan prinsip
transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan kualitas sarana prasana?
Bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan dalam
meningkatkan kualitas sarana dan prasarana? Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode penelitian lapangan (Field Research) melakukan dengan menggunakan teknik
wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif qualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi,
penyajian data (display data) dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Penerapan Prinsip Transparansi dan
Akuntabilitas dalam Meningkatkan Kualitas Sarana Prasarana di MI Al-Hidayah
Mico Desa Gattareng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone bahwa penerapan
prinsip transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana
sdi MI Al-Hidayah mico sudah baik, karena setiap program kegiatan dilakukan secara
terbuka. Transparansi dilakukan mulai dari perencanaan anggaran, penggunaan
anggaran, dan publikasi anggaran. Penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan
keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-Hidayah mico sudah
baik, karena setiap program kegiatan dilakukan disertai dengan pertanggungjawaban.
kegiatan yang dilakukan madrasah seperti perencanaan anggaran, penggunaan
anggaran dan pengarsipan laporan, dengan pertanggungjawaban dari kepala madrasah
dan bendahara madrasah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada bab pembahasan maka penulis dapat
mengemukaan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
1. Penerapan prinsip transparansi pengelolaan keuangan dalam meningkatkan
sarana prasarana di MI Al-Hidayah Mico sudah berjalan dengan baik.
Pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan secara transparansi dan terbuka
dalam mengelola setiap kegiatan yang dilakukan madrasah dan pengeluaran
mengenai anggaran. Transparansi dilakukan mulai dari perencanaan anggaran,
penggunaan anggaran, dan publikasi anggaran. Penyedian informasi dan
menjamin kemudahan dalam memperoleh informasi yang akurat dan
memadai. Hal ini membuktikan bahwa penerapan prinsip transparansi
pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-
Hidayah mico sudah baik, karena setiap program kegiatan dilakukan secara
terbuka.
2. Penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan dalam meningkatkan
kualitas sarana prasana di MI Al-Hidayah Mico sudah berjalan dengan baik.
Pengelolaan keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasarana dilakukan
secara akuntabel, setiap kegiatan yang dilakukan madrasah seperti
perencanaan anggaran, penggunaan anggaran dan pengarsipan laporan.
Dengan pertanggungjawaban dari kepala madrasah dan bendahara madrasah.
Hal ini membuktikan bahwa penerapan prinsip akuntabilitas pengelolaan
keuangan dalam meningkatkan sarana dan prasana sdi MI Al-Hidayah mico
sudah baik, karena setiap program kegiatan seperti perencanaa sarana
prasarana, pengadaan saran prasana, pemeliharaan sarana prasana dilakukan
dengan pertanggungjawaban.
B. Implikasi
1. Kepada pengelola dana diharapkan agar setiap dana yang masuk sebagian
besar digunakan dalam pengadaan sarana dan prasarana karena ini sangat
penting dalam proses pembelajaran.
2. Seluruh pihak madrsah diharapkan agar terus memantau penggunaan
sarana dan prasarana agar kualitasnya tetap terjaga.
3. Kepala sekolah diharapkan lebih memfokuskan peningkatan sarana dan
prasana karena dengan adanya sarana dan prasarana yang berkualitas akan
ikut meningkatkan mutu madrasah.
4. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi
didlam dunia pendidikan formal, nonformal maupun informal.
Ketersediaan
| STAR20200184 | 184/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
184/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
