EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LEARNING MANAJEMEN SYSTEM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS AS’ADIYAH ITTERUNG KECAMATAN TELLUSIATTINGE KABUPATEN BONE

No image available for this title
Skripsi ini berjudul tentang Efektivitas Pemanfaatan Learning Manajemen
System Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online Masa Pandemi Covid-19 Di
MTs As‟adiyah Itterung. Pokok permasalahanya adalah bagaimana pemanfaatan
learning manajemen system dan hambatan dalam penggunaan media pembelajaran
online masa pandemi di MTs As‟Adiyah Itterung.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif kemudian
dipaparkan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian pedagogic,
psikologis dan sosiologis artinya suatu penelitian yang dilakukan terhadap keadaan
nyata lingkungan sekolah dengan maksud dan tujuan menemukan fakta yang
kemudian menuju pada identifikasi dan pada akhirnya menuju kepada penyelesaian
permasalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Learning Manajemen
System dalam penggunaan media pembelajaran online masa pandemi di MTs
As‟Adiyah Itterung selama pandemi covid-19 terjadi perubahan pada model proses
pembelajaran dimana proses pembelajaran berpindah dari pembelajaran konvensional
atau tatap muka di kelas menjadi pembelajaran online atau daring.
Hambatan dan solusi dalam Penggunaan Media Pembelajaran OnlineMasa
Pandemi di MTs As‟Adiyah Itterung hambatannya yaitu media pembelajaran yang
digunakan pendidik monoton dan membuat para peserta didik merasa jenuh atau
bosan dan belum interaktif karena kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sarana
prasarana dan kesulitan akses internet serta keterbatasan kouta internet yang bisa
disediakan. Solusi dalam mengatasi hambatan di MTs As‟Adiyah Itterung yaitu
dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat dijangkau oleh pendidik dan
peserta didik, agar pendidik dan peserta didik tidak kesulitan dalam menggunakan
media pembelajaran tersebut
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Pemanfaatan Learning Manajemen System dalam penggunaan media
pembelajaran online masa pandemi di Mts As’Adiyah Itterung selama
pandemi covid-19 terjadi perubahan pada model proses pembelajaran
dimana
proses
pembelajaran
berpindah
dari
pembelajaran
konvensional atau tatap muka di kelas menjadi pembelajaran online
atau daring. Dengan demikian pendidik dan peserta didik harus siap
beradaptasi dan menghadapi terobosan maupun tantangan baru terhada
perubahan sistem dalam pembelajaran yang diterapkan. Learning
Manajemen System adalah suatu cara yang digunakan untuk
mendukung dan mengelola pebelajaran secara online agar proses
belajar mengajar tetap berjalan dengan baik selama pandemi.
2. Hambatan dan solusi dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online
Masa Pandemi di MTs As’Adiyah Itterung hambatannya yaitu media
pembelajaran yang digunakan pendidik monoton dan membuat para
peserta didik merasa jenuh atau bosan dan belum interaktif karena
kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sarana prasarana seperti
handphone yang dimiliki orang tua peserta didik di MTs As’Adiyah
Itterung dan kesulitan akses internet serta keterbatasan kouta internet
yang bisa disediakan orang tua peserta didik. Solusi dalam mengatasi
hambatan di MTs As’Adiyah Itterung yaitu dengan menggunakan
media pembelajaran yang dapat dijangkau oleh pendidik dan peserta
didik, agar pendidik dan peserta didik tidak kesulitan dalam
menggunakan media pembelajaran tersebut.
B. IMPLIKASI
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran yang penulis maksud adalah sebagai
berikut:
1. Bagi kepala sekolah tetap jadilah pemimpin pembelajar sepanjang hayat.
Dan perlu disadari bahwa dirinya wajib meningkatkan kompetensi terutama
untuk memudahkan implementasi pembelajaran daring agar pembelajaran
secara online dapat berjalan dengan efektif dan efesien.
2. Bagi guru sebaiknya tidak menggunakan media pembelajaran online yang
bakal menghabiskan banyak kouta seperti zoom, Google Meet. Ciptakan
pembelajaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan
siswa.
3. Bagi siswa tetap mengatur dan mengelola waktu belajar yang baik dan
mencari tempat pembelajaran daring yang nyaman serta persiapkan
peralatan sebelum kegiatan belajar dimulai.
Ketersediaan
STAR2022005555/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

55/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top