Efektivitas Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng

No image available for this title
Skripsi ini menyajikan penelitian tentang Efektivitas Penggunaan Metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan
Siswa Kelas 2 SD Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-
eksperimental design One-Group Pretest-Posttest. Peneliti memberikan pre-test,
treatment, dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa setelah penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik
(SAS) efektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD
Negeri 73 Lamogo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai
pretest dan posttest keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai
probabilitas (signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan
membaca permulaan siswa.
A. Simpulan
Penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap
keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 73 Lamogo,
Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini dapat dilihat dari hasil
uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai pretest dan posttest
keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai probabilitas
(signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi siswa, penggunaan metode ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan
dan membuat siswa lebih aktif serta dapat meningkatlkan keterampilan
siswa.
2. Bagi guru kelas, melalui hasil penelitian ini diharapkan guru dapat
menerapkan metode SAS dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran
tercapai maksimal.
3. Bagi peneliti, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti
yang akan datang, metode SAS sangat cocok untuk diterapkan dikelas
membaca permulaan.
Ketersediaan
STAR20250241241/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

241/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top