Efektivitas Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng
Sry Nur Afifa/02.18.5060 - Personal Name
Skripsi ini menyajikan penelitian tentang Efektivitas Penggunaan Metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan
Siswa Kelas 2 SD Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-
eksperimental design One-Group Pretest-Posttest. Peneliti memberikan pre-test,
treatment, dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa setelah penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik
(SAS) efektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD
Negeri 73 Lamogo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai
pretest dan posttest keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai
probabilitas (signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan
membaca permulaan siswa.
A. Simpulan
Penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap
keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 73 Lamogo,
Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini dapat dilihat dari hasil
uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai pretest dan posttest
keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai probabilitas
(signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi siswa, penggunaan metode ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan
dan membuat siswa lebih aktif serta dapat meningkatlkan keterampilan
siswa.
2. Bagi guru kelas, melalui hasil penelitian ini diharapkan guru dapat
menerapkan metode SAS dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran
tercapai maksimal.
3. Bagi peneliti, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti
yang akan datang, metode SAS sangat cocok untuk diterapkan dikelas
membaca permulaan.
Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan
Siswa Kelas 2 SD Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-
eksperimental design One-Group Pretest-Posttest. Peneliti memberikan pre-test,
treatment, dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa setelah penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik
(SAS) efektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD
Negeri 73 Lamogo, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai
pretest dan posttest keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai
probabilitas (signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan
membaca permulaan siswa.
A. Simpulan
Penggunaaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap
keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 73 Lamogo,
Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng. Dengan Hal ini dapat dilihat dari hasil
uji-t menggunakan SPSS for windows versi 19 pada nilai pretest dan posttest
keterampilan membaca permulaan siswa, dapat diketahui nilai probabilitas
(signifikansi) 2- tailed adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
keterampilan membaca permulaan siswa lebih baik setelah penggunaan metode
Struktural Analitik Sintetik (SAS). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) efektif terhadap keterampilan membaca
permulaan siswa.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi siswa, penggunaan metode ini diharapkan dapat mengatasi kejenuhan
dan membuat siswa lebih aktif serta dapat meningkatlkan keterampilan
siswa.
2. Bagi guru kelas, melalui hasil penelitian ini diharapkan guru dapat
menerapkan metode SAS dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran
tercapai maksimal.
3. Bagi peneliti, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti
yang akan datang, metode SAS sangat cocok untuk diterapkan dikelas
membaca permulaan.
Ketersediaan
| STAR20250241 | 241/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
241/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
