Penerapan Total Quality Management Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus MTS Miftahul Khaer Mare Kab.Bone
Ghaydaa Awaatif/0218.3135 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang“ Penerapan Total Quality Management dalam
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19
(Studi kasus di Mts Miftahul Khaer Mare)”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana penerapan Total Quality Management di Mts
Miftahul Khaer Mare dan peningkatan kualitas pembelajaran dimasa pandemi
covid-19 di Mts Miftahul Khaer Mare.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan Total quality Mangement
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Mts Miftahul Khaer Mare
dapat memberikan kepada peserta didik baik dari segi pelayanan dengan
memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran di masa pandemi Covid-19 baik secara online maupun offline. Serta
berusaha melakukan perbaikan secara berkesinambungan dengan membuat
program kerja. Dengan penerapan TQM di Mts Miftahul Khaer Mare dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran karena dengan TQM proses pembelajaran di
Mts Miftahul Khaer Mare lebih terarah dan melibatkan seluruh pihak untuk
mencapai tujuan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan di Mts Miftahul
Khaer Mare Kab. Bone dengan judul penelitian Penerapan Total Quality
Management dalam upaya meningkatka kualitas pembelajaran di masa pandemi
covid-19 ( Studi Kasus Mts Mifathul Khaer Mare Kab. Bone), maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan Total Quality Management di Mts Miftahul Khaer Mare Kab.Bone
Dalam menerapkan TQM, pihak sekolah berusaha semaksimal mungkin
dalam menerapkan TQM di Mts Miftahul Khaer Mare Kab. Bone. Hal ini terbukti
dengan adanya enam prinsip utama yang telah diterapkan di Mts Miftahul Khaer
Mare Kab. Bone seperti kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang,
manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan dalam
meningkatkan kualitas pendidikan.
Penerapan lima prinsip TQM menjadi indikasi pelayanan yang baik yang
diberikan oleh pihak sekolah Mts Miftahul Khaer Mare Kab. Bone kepada
pelanggan jasa pendidikan (peserta didik) dengan memberikan pelayanan yang
sesuai dengan harapan dan keinginan.
Meskipun dalam memberikan pelayanan seringkali mengalami berbagai
macam hambatan, namun dengan pendekatan ilmiah pihak sekolah dapat
menyelesaikan permasalahan yang di hadapinya. Oleh karena itu, penting bagi
organisasi untuk menerapkan TQM agar lebih fokus pada pelanggan dala hal
memberikan kepuasan.
2. Upaya Peningkatan kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19
Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs
Miftahul Khaer Mare Kab. Bone yaitu pembelajaran yang memaksimalkan peran
aktif siswa, memanfaatkan media elektronik, memaksimalkan keterampilan
belajar, menjalin kerjasama yang baik antar siswa dan orang tua.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Pihak sekolah ada baiknya tetap menerapkan Total Quality Management
dalam menghadapi kondisi yang bisa berubah sewaktu-waktu
2. Kepada guru diharapkan berkomitmen, memiliki kesungguhan dalam
menyampaikan ilmu dan banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,
serta ,menggunakan strategi dan metode yang tepat demi tercapainya tujuan
pendidikan.
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi Covid-19
(Studi kasus di Mts Miftahul Khaer Mare)”. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan bagaimana penerapan Total Quality Management di Mts
Miftahul Khaer Mare dan peningkatan kualitas pembelajaran dimasa pandemi
covid-19 di Mts Miftahul Khaer Mare.
Untuk memperjelas masalah di atas, penulis menggunakan metode penelitian
kualitatif melalui field research (riset lapangan) yang pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan Total quality Mangement
dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di Mts Miftahul Khaer Mare
dapat memberikan kepada peserta didik baik dari segi pelayanan dengan
memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran di masa pandemi Covid-19 baik secara online maupun offline. Serta
berusaha melakukan perbaikan secara berkesinambungan dengan membuat
program kerja. Dengan penerapan TQM di Mts Miftahul Khaer Mare dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran karena dengan TQM proses pembelajaran di
Mts Miftahul Khaer Mare lebih terarah dan melibatkan seluruh pihak untuk
mencapai tujuan.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan selama satu bulan di Mts Miftahul
Khaer Mare Kab. Bone dengan judul penelitian Penerapan Total Quality
Management dalam upaya meningkatka kualitas pembelajaran di masa pandemi
covid-19 ( Studi Kasus Mts Mifathul Khaer Mare Kab. Bone), maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan Total Quality Management di Mts Miftahul Khaer Mare Kab.Bone
Dalam menerapkan TQM, pihak sekolah berusaha semaksimal mungkin
dalam menerapkan TQM di Mts Miftahul Khaer Mare Kab. Bone. Hal ini terbukti
dengan adanya enam prinsip utama yang telah diterapkan di Mts Miftahul Khaer
Mare Kab. Bone seperti kepuasan pelanggan, respek terhadap setiap orang,
manajemen berdasarkan fakta, dan perbaikan berkesinambungan dalam
meningkatkan kualitas pendidikan.
Penerapan lima prinsip TQM menjadi indikasi pelayanan yang baik yang
diberikan oleh pihak sekolah Mts Miftahul Khaer Mare Kab. Bone kepada
pelanggan jasa pendidikan (peserta didik) dengan memberikan pelayanan yang
sesuai dengan harapan dan keinginan.
Meskipun dalam memberikan pelayanan seringkali mengalami berbagai
macam hambatan, namun dengan pendekatan ilmiah pihak sekolah dapat
menyelesaikan permasalahan yang di hadapinya. Oleh karena itu, penting bagi
organisasi untuk menerapkan TQM agar lebih fokus pada pelanggan dala hal
memberikan kepuasan.
2. Upaya Peningkatan kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19
Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs
Miftahul Khaer Mare Kab. Bone yaitu pembelajaran yang memaksimalkan peran
aktif siswa, memanfaatkan media elektronik, memaksimalkan keterampilan
belajar, menjalin kerjasama yang baik antar siswa dan orang tua.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini sebagai berikut:
1. Pihak sekolah ada baiknya tetap menerapkan Total Quality Management
dalam menghadapi kondisi yang bisa berubah sewaktu-waktu
2. Kepada guru diharapkan berkomitmen, memiliki kesungguhan dalam
menyampaikan ilmu dan banyak memberikan motivasi kepada peserta didik,
serta ,menggunakan strategi dan metode yang tepat demi tercapainya tujuan
pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20220299 | 299/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
299/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
