Analisis Pelaksanaan Total Quality Management Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan SMAN 2 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Analisis Pelaksanaan Total Quality
Management Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan SMAN
2 Bone”. hal ini penting dikaji dalam skripsi untuk mengetahui pokok permasalahan
dalam penelitian meliputi: Pelaksanaan Total Quality Management di Perpustakaan
SMAN 2 Bone, Kontribusi Total Quality Management dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan di Perpustakaan SMAN 2 Bone, Peningkatan Kualitas Pelayanan di
Perpustakaan SMAN 2 Bone.
Untuk memudahkan pengkajian tersebut, penulis menggunakan jenis
penelitian kualitatif (Qualitative Research). Data dikumpulkan melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Melakukan pendekatan manajemen, psikologis dan
sosiologis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaanTotalQuality
Management di perpustakaan SMAN 2 Bone dapat memberikan kepada pemustaka
baik dari segi pelayanan maupun etika dengan mengedepankan sikap sopan santun
dan menanamkan sifat jujur dan rasa tanggung jawab serta berusaha melakukan
perbaikan secara berkesinambungan dengan membuat perencanaan program kerja.
Dengan pelaksanaan TQM di perpustakaan dapat memberikan kontribusi dalam
meningkatkan kualitas pelayanan di perpustakaan, khususnya dapat memberikan
nilai-nilai yang positif karena dengan diterapkannya TQM proses manajemen di
perpustakaan lebih terarah dengan melibatkan seluruh jajaran untuk mencapai tujuan.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Pelaksanaan Total Quality
Management Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di Perpsutakaan SMAN
2 Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan Total Quality Management di perpustakaan SMAN 2 Bone:
a. Kepuasan pada pelanggan, memberikan kepuasan kepada pemustaka
baik dari segi pelayanan maupun etika dalam pelayanan sehingga
pemustaka merasa puas atas pelayanan yang yang diberikan.
b. Menaruh rasa hormat terhadap setiap orang, perlu mengedepankan
sikap sopan santun kepada setiap pemustaka atau pengunjung
perpustakaan, respek terhadap setiap orang tidak membeda-bedakan
pemustaka yang ada serta berpartisipasi dalam melakukan tugas/bagiannya.
c. Berbicara berdasarkan fakta, pihak perpustakaan selalu menanamkan
sifat jujur dan rasa tanggung jawab yang penuh serta melakukan
pelayanan secara tepat waktu.
d. Perbaikan berkesinambungan dengan membuat perencanaan yang di
mana terdapat program kerja jangka panjang dan program kerja jangka
pendek.
2. Kontribusi Total Quality Management dalam meningkatan kualitas
pelayanan di perpustakaan SMA Negeri 2 Bone.Kontribusi TQM dalam
meningkatan kualitas pelayanan di perpustakaan khususnya dapat
memberikan nilai-nilai yang positif karena dengan diterapkannya TQM
proses manajemen di perpustakaan lebih terarah dengan melibatkan
seluruh jajaran untuk mencapai tujuan.
3. Upaya peningkatan kualitas pelayanan di Perpustakaan SMAN 2 Bone
a. Tangibel (berwujud), tempat dan suasana yang nyaman merupakan hal
yang terpenting dalam menunjang popularitas dan kualitas perpustakaan.
b. Reliability (kehandalan), menambah pengetahuan dan keterampilan
pustakawan maka ada setiap tahunya pelatihan khusus untuk pengelola
perpustakaan dengan tujuan agar lebih professional dalam mengelola
perpustakaan
c. Responsiviness (respon/ketanggapan), memberikan pelayanan dengan
baik, memberikan respon yang sopan dan cepat. Perilaku dan sikap
pustakwan harus dijaga dan harus memberikan respon yang baik
kepada pemustaka.
d.
Assurance
(jaminan), jaminan pelayanan yang dilakukan staf
perpustakaan sudah melakukan pelayanan secara baik dan tepat waktu.
Pada jaminan biaya mereka mengikuti aturan yang berlaku.
e. Empathy (empati), pihak pengelola perpustakaan selalu
memperhatikan apa yang terbaik untuk pemustaka dan selalu terapkan
yang dikenal dengan 3S (salam, sapa, senyum) agar pemustaka merasa
lebih nyaman.
Ketersediaan
STAR2022001717/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

17/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top