Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone
Juwita/ 02.18.3005 - Personal Name
Skripsi ini berjudul tentang Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah dan Partisipasi
Masyarakat dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec.
Barebbo Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok permasalahan
dalam penelitian terkait pengaruh kinerja kepala madrasah dan partisipasi masyarakat
dalam manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field
research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 406 orang yang terdiri dari kepala madrasah, pendidik dan tenaga
kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan peserta didik yang sampelnya
sebanyak 54 sampel, yaitu kepala madrasah, 23 pendidik dan tenaga kependidikan,
15 orang tua/wali peserta didik, dan 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang
digunakan penulis yaitu menggunakan lembar angket (kuesioner). Dalam
menganalisis data, penulis menggunakan rumus analisis regresi linear berganda
dengan melakukan uji linieritas (Summary Output) dan uji signifikansi parameter
estimasi (Anova).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, rata-rata nilai variabel kinerja kepala
madrasah (X1) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 104 yang
berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 104-107. Kedua, rata-
rata nilai variabel partisipasi masyarakat (X2) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec.
Barebbo Kab. Bone adalah 51 yang berada dalam kategori kurang baik yaitu terletak
pada interval 51-52. Ketiga, rata-rata nilai variabel manajemen berbasis madrasah
(Y) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 74,1 yang berada
dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 73-75. Keempat, hasil analisis
linear berganda untuk nilai korelasi antara X1, X2, dan Y adalah 0,42 yang termasuk
dalam kategori sedang. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,177 atau 17,7% yang
berarti bahwa X1 (kinerja kepala madrasah) dan X2 (partisipasi masyarakat) dapat
menjelaskan Y (manajemen berbasis madrasah) sebesar 17,7% dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil uji signifikansi ANOVA yang menunjukkan
bahwa nilai F (statistik F) adalah 5,50 dengan nilai signifikansi 0,006, maka nilai F
hitung lebih kecil dari F tabel yaitu signifikansi 0,006 lebih kecil dari alpha 0,05
(0,006 < 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan beberapa hal penting
tentang pengaruh kinerja kepala madrasah dan partisipasi masyarakat dalam
manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone sebagai berikut:
1. Kinerja kepala madarasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone. Dari 23 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden diperoleh
total skor sebanyak 5598. Rata-rata nilai variabel kinerja kepala madrasah
(X1) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 104 yang
berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 104-107.
2. Partisipasi masyarakat di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone. Dari 12 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden diperoleh
total skor sebanyak 2743. Rata-rata nilai variabel partisipasi masyarakat
(X2) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 51 yang
berada dalam kategori kurang baik yaitu terletak pada interval 51-52.
3. Manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo
Kab. Bone. Dari 17 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden
diperoleh total skor sebanyak 4003. Rata-rata nilai variabel manajemen
berbasis madrasah (Y) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone adalah 74,1 yang berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval 73-75.
4. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa
untuk nilai korelasi antara X1, X2, dan Y adalah 0,42 yang termasuk dalam
kategori sedang. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,177 atau 17,7%
yang berarti bahwa X1 (kinerja kepala madrasah) dan X2 (partisipasi
masyarakat) dapat menjelaskan Y (manajemen berbasis madrasah) sebesar
17,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk uji T (T hitung)
dapat dibandingkan dengan signifikansinya (P-value), variabel X1 nilai
signifikansinya adalah 0,06 > 0,05 dan untuk variabel X2 nilai
signifikansinya (P-value) adalah 0,04 < 0,05. Dari hasil uji signifikansi
ANOVA yang menunjukkan bahwa nilai F (statistik F) adalah 5,50
dengan nilai signifikansi 0,006, maka nilai F hitung lebih kecil dari F
tabel yaitu signifikansi 0,006 lebih kecil dari alpha 0,05 (0,006 < 0,05).
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja kepala
madrasah dan partisipasi masyarakat dalam manajemen berbasis madrasah
di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
terkhususnya kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan, dan peserta
didik di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone dan juga kepada orang
tua/wali peserta didik.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kinerja kepala madrasah
dan partisipasi masyarakat memiliki korelasi yang sedang atau cukup baik
dalam manajemen berbasis madrasah. Diharapkan untuk kedepannya pihak
madrasah khususnya kepala madrasah senantiasa meningkatkan kinerjanya
begitupun dalam partisipasi masyarakat khususnya orang tua/wali siswa
untuk dapat memberikan konribusi yang baik bagi proses pendidikan.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan
pertimbangan/statistik, maka perlu ditetapkan metode pembelajaran
statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir semester agar dapat
mempermudah metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih mudah ditetapkan dalam aplikasi Microsoft exel 2010.
Masyarakat dalam Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec.
Barebbo Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pokok permasalahan
dalam penelitian terkait pengaruh kinerja kepala madrasah dan partisipasi masyarakat
dalam manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field
research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu
sebanyak 406 orang yang terdiri dari kepala madrasah, pendidik dan tenaga
kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan peserta didik yang sampelnya
sebanyak 54 sampel, yaitu kepala madrasah, 23 pendidik dan tenaga kependidikan,
15 orang tua/wali peserta didik, dan 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang
digunakan penulis yaitu menggunakan lembar angket (kuesioner). Dalam
menganalisis data, penulis menggunakan rumus analisis regresi linear berganda
dengan melakukan uji linieritas (Summary Output) dan uji signifikansi parameter
estimasi (Anova).
Hasil penelitian menunjukkan pertama, rata-rata nilai variabel kinerja kepala
madrasah (X1) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 104 yang
berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 104-107. Kedua, rata-
rata nilai variabel partisipasi masyarakat (X2) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec.
Barebbo Kab. Bone adalah 51 yang berada dalam kategori kurang baik yaitu terletak
pada interval 51-52. Ketiga, rata-rata nilai variabel manajemen berbasis madrasah
(Y) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 74,1 yang berada
dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 73-75. Keempat, hasil analisis
linear berganda untuk nilai korelasi antara X1, X2, dan Y adalah 0,42 yang termasuk
dalam kategori sedang. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,177 atau 17,7% yang
berarti bahwa X1 (kinerja kepala madrasah) dan X2 (partisipasi masyarakat) dapat
menjelaskan Y (manajemen berbasis madrasah) sebesar 17,7% dan sisanya
dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil uji signifikansi ANOVA yang menunjukkan
bahwa nilai F (statistik F) adalah 5,50 dengan nilai signifikansi 0,006, maka nilai F
hitung lebih kecil dari F tabel yaitu signifikansi 0,006 lebih kecil dari alpha 0,05
(0,006 < 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan beberapa hal penting
tentang pengaruh kinerja kepala madrasah dan partisipasi masyarakat dalam
manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone sebagai berikut:
1. Kinerja kepala madarasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone. Dari 23 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden diperoleh
total skor sebanyak 5598. Rata-rata nilai variabel kinerja kepala madrasah
(X1) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 104 yang
berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak pada interval 104-107.
2. Partisipasi masyarakat di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone. Dari 12 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden diperoleh
total skor sebanyak 2743. Rata-rata nilai variabel partisipasi masyarakat
(X2) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone adalah 51 yang
berada dalam kategori kurang baik yaitu terletak pada interval 51-52.
3. Manajemen berbasis madrasah di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo
Kab. Bone. Dari 17 pernyataan yang diberikan kepada 54 responden
diperoleh total skor sebanyak 4003. Rata-rata nilai variabel manajemen
berbasis madrasah (Y) di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab.
Bone adalah 74,1 yang berada dalam kategori cukup baik yaitu terletak
pada interval 73-75.
4. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa
untuk nilai korelasi antara X1, X2, dan Y adalah 0,42 yang termasuk dalam
kategori sedang. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,177 atau 17,7%
yang berarti bahwa X1 (kinerja kepala madrasah) dan X2 (partisipasi
masyarakat) dapat menjelaskan Y (manajemen berbasis madrasah) sebesar
17,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk uji T (T hitung)
dapat dibandingkan dengan signifikansinya (P-value), variabel X1 nilai
signifikansinya adalah 0,06 > 0,05 dan untuk variabel X2 nilai
signifikansinya (P-value) adalah 0,04 < 0,05. Dari hasil uji signifikansi
ANOVA yang menunjukkan bahwa nilai F (statistik F) adalah 5,50
dengan nilai signifikansi 0,006, maka nilai F hitung lebih kecil dari F
tabel yaitu signifikansi 0,006 lebih kecil dari alpha 0,05 (0,006 < 0,05).
Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja kepala
madrasah dan partisipasi masyarakat dalam manajemen berbasis madrasah
di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone.
B. Implikasi
Implikasi merupakan suatu konsekuensi atau akibat langsung dari hasil
penemuan suatu penelitian ilmiah. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka
berikut akan disampaikan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi
terkhususnya kepala madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan, dan peserta
didik di MTs Al-Hidayah Bakke Kec. Barebbo Kab. Bone dan juga kepada orang
tua/wali peserta didik.
Adapun saran-saran yang dapat diberikan penulis sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kinerja kepala madrasah
dan partisipasi masyarakat memiliki korelasi yang sedang atau cukup baik
dalam manajemen berbasis madrasah. Diharapkan untuk kedepannya pihak
madrasah khususnya kepala madrasah senantiasa meningkatkan kinerjanya
begitupun dalam partisipasi masyarakat khususnya orang tua/wali siswa
untuk dapat memberikan konribusi yang baik bagi proses pendidikan.
2. Dalam penelitian kuantitatif sangat berkaitan dengan
pertimbangan/statistik, maka perlu ditetapkan metode pembelajaran
statistik pada mahasiswa diawal dan diakhir semester agar dapat
mempermudah metode perhitungan statistik baik dari manual ataupun yang
lebih mudah ditetapkan dalam aplikasi Microsoft exel 2010.
Ketersediaan
| STAR20220159 | 159/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
159/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
