Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Potensi Berorganisasi Siswa Di SMP Negeri 4 Watampone
Satriani Sabir/02.18.3028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan
Potensi Berorganisasi Siswa Di SMP Negeri 4 Watampone. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Kesiswaan di SMP Negeri 4 Watampone,
Potensi Berorganisasi Siswa di SMP Negeri 4 Watampone serta mengetahui
konstribusi dari peran manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
berorganisasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Manajemen, sosiologis dan Psikologi.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Manajemen Kesiswaan di SMP
Negeri 4 Watampone Meliputi perencanaan kesiswaan dalam kegiatan
penerimaan siswa baru. Pelaksanaan kesiswaan yang dilakukaan dengan
memberikan pembinaan melalui kegiatan orientasi, penempatan siswa dalam
penempatan belajar serta pembinaan melalaui kegiatan ekstarakurikuler. Evaluasi
kesiswaan dilakukan pada hasil dari kegiatan apa yang perlu ditingkatkan dari
kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Mengenai Potensi Berorganisasi
Siswa di SMP Negeri 4 Watampone yaitu Manajemen kesiswaan berperan positif
meningkatkan bakat siswa yaitu dapat membina siswa meningkatakan prestasi
yang dimilikinya, pembina organisasi sangat berperan penting terhadap prestasi
siswa yang selalu bertanggung jawab dan mendorong siswa untuk terus
berprestasi. Minat siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, pembina
organisasi meminta para anggotanya menampilkan parade barisan pada saat masa
pengenalan lingkungan sekolah untuk menarik perhatian siswa baru dan pembina
mewajibkan siswa untuk mengikuti organisasi mnimal satu organisasi untuk dapat
dibina.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahsan mengenai Peran
Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Potensi Berorganisasi
Siswa di SMP Negeri 4 Watampone, Maka ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Perencanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
berorganisasi siswa di SMP Negeri 4 Watampone
Perencanaan kegiatan kesiswaan diawali dengan penerimaan
siswa baru yang dimulai dengan penentuan jumalah siswa yang
akan diterima selanjutnya langkah dalam merekrut siswa baru dan
pembentukan panitia penrimaan siswa baru yang bertanggung
jawab untuk mengurus dan mengatur segala kegiatan yang
dibutuhkan dalam penerimaan siswa baru..
2. Pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatakan potensi berorganisasi
siswa di SMP Negeri 4 Watampone.
Kegiatan kesiswaan dalam pelaksanaannya dalam
meningkatkan potensi berorganisasi yaitu melalu kegiatan
ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Paskibra, PKS, Ssb dan
Bidang Keolahragaan yaitu dengan melakukan pemataan pada
potensi yang dimiliki siswa agar ditingkatkan lagi. kegaiatan
ekstrakurikuler sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan .
3. Evaluasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
brorganisasi siswa di SMP Negeri 4 Watmpone.
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil dari kegiatan dan
apa yang perlu ditingkatkan dari kegiatan kurikuler maupun
ekstrakurikuler selain itu mengadakan perlombaan antar siswa pada
saat porseni untuk mengukur kemampuan siswa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai Peran Manajemen
Kesiswaan Dalam Meningkatkan Potensi Brorganisasi Siswa di SMP
Negeri 4 Watampone, Maka saran yang penulis akan sampaikan sebagai
berikut:
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan penyelenggaraan
manajemen kesiswaan agar kegiatan yang berkaitan dengan
kesiswaan dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
2. Pembina organisasi diharapkan lebih meningkatkan lagi
kreativitas siswa dan penyediaan sarana dan prasarana dalam
kegiatan ekstrakurikuler lebih dioptimalkan lagi karena dengan
adanya sarana dan prasaran akan menunjang berjalannya
proses ekstrakurikuler.
Potensi Berorganisasi Siswa Di SMP Negeri 4 Watampone. Tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengetahui Manajemen Kesiswaan di SMP Negeri 4 Watampone,
Potensi Berorganisasi Siswa di SMP Negeri 4 Watampone serta mengetahui
konstribusi dari peran manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
berorganisasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Manajemen, sosiologis dan Psikologi.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Manajemen Kesiswaan di SMP
Negeri 4 Watampone Meliputi perencanaan kesiswaan dalam kegiatan
penerimaan siswa baru. Pelaksanaan kesiswaan yang dilakukaan dengan
memberikan pembinaan melalui kegiatan orientasi, penempatan siswa dalam
penempatan belajar serta pembinaan melalaui kegiatan ekstarakurikuler. Evaluasi
kesiswaan dilakukan pada hasil dari kegiatan apa yang perlu ditingkatkan dari
kegiatan kurikuler maupun ekstrakurikuler. Mengenai Potensi Berorganisasi
Siswa di SMP Negeri 4 Watampone yaitu Manajemen kesiswaan berperan positif
meningkatkan bakat siswa yaitu dapat membina siswa meningkatakan prestasi
yang dimilikinya, pembina organisasi sangat berperan penting terhadap prestasi
siswa yang selalu bertanggung jawab dan mendorong siswa untuk terus
berprestasi. Minat siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, pembina
organisasi meminta para anggotanya menampilkan parade barisan pada saat masa
pengenalan lingkungan sekolah untuk menarik perhatian siswa baru dan pembina
mewajibkan siswa untuk mengikuti organisasi mnimal satu organisasi untuk dapat
dibina.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahsan mengenai Peran
Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Potensi Berorganisasi
Siswa di SMP Negeri 4 Watampone, Maka ditarik kesimpulan sebagai
berikut:
1. Perencanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
berorganisasi siswa di SMP Negeri 4 Watampone
Perencanaan kegiatan kesiswaan diawali dengan penerimaan
siswa baru yang dimulai dengan penentuan jumalah siswa yang
akan diterima selanjutnya langkah dalam merekrut siswa baru dan
pembentukan panitia penrimaan siswa baru yang bertanggung
jawab untuk mengurus dan mengatur segala kegiatan yang
dibutuhkan dalam penerimaan siswa baru..
2. Pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatakan potensi berorganisasi
siswa di SMP Negeri 4 Watampone.
Kegiatan kesiswaan dalam pelaksanaannya dalam
meningkatkan potensi berorganisasi yaitu melalu kegiatan
ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Paskibra, PKS, Ssb dan
Bidang Keolahragaan yaitu dengan melakukan pemataan pada
potensi yang dimiliki siswa agar ditingkatkan lagi. kegaiatan
ekstrakurikuler sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan .
3. Evaluasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan potensi
brorganisasi siswa di SMP Negeri 4 Watmpone.
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil dari kegiatan dan
apa yang perlu ditingkatkan dari kegiatan kurikuler maupun
ekstrakurikuler selain itu mengadakan perlombaan antar siswa pada
saat porseni untuk mengukur kemampuan siswa.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai Peran Manajemen
Kesiswaan Dalam Meningkatkan Potensi Brorganisasi Siswa di SMP
Negeri 4 Watampone, Maka saran yang penulis akan sampaikan sebagai
berikut:
1. Pihak sekolah perlu memperhatikan penyelenggaraan
manajemen kesiswaan agar kegiatan yang berkaitan dengan
kesiswaan dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
2. Pembina organisasi diharapkan lebih meningkatkan lagi
kreativitas siswa dan penyediaan sarana dan prasarana dalam
kegiatan ekstrakurikuler lebih dioptimalkan lagi karena dengan
adanya sarana dan prasaran akan menunjang berjalannya
proses ekstrakurikuler.
Ketersediaan
| STAR20230148 | 148/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
148/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
