Kreativitas Guru Kelas dalam Menerapkan Keterampilan Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik di MI DDI Maspul

No image available for this title
Skripsi ini membahas kreativitas guru kelas dalam menerapkan keterampilan
mengadakan variasi pembelajaran tematik di MI DDI Maspul. Tujuan penelitian
ini adalah 1) untuk mengetahui bentuk variasi pembelajaran yang diterapkan guru
kelas dalam pembelajaran tematik di MI DDI Maspul. 2) untuk mengetahui
kreativitas guru dalam mengadakan variasi belajar pada pembelajaran tematik
khususnya aspek variasi gaya mengajar dan variasi pola interksi
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif (Qualitatif Desciptive). Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis. Teknik analisis data
yang digunakan adalah reduksi data,menyajikan data, kesimpulan dan verifikasi.
Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian dengan
teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara langsung dengan pihak
terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk variasi pembelajaran yang
diterapkan guru kelas dalam pembelajaran tematik di MI DDI Maspul berjalan
dengan baik. Guru melakukan berbagai variasi mengajar seperti penggunaan
variasi suara, pemusatan perhatian, membuat kesenyapan, mengadakan kontak
mata,gerakan badan dan mimik, mealkukan perpindahan posisi sehingga siswa
merasa antusias belajar. 2) Bentuk kreativitas guru dalam mengadakan variasi
belajar pada pembelajaran tematik khususnya pada aspek variasi gaya mengajar
dan pola interaksi, dimana guru cukup kreatif dalam pelaksanaan
pembelajarankarena iya sering menemukan ide mengenai variasi pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Bentuk variasi pembelajaran yang diterapkan guru kelas dalam
pembelajaran tematik di MI DDI Maspul meliputi dua variasi yakni
variasi gaya mengajar dan variasi pola interaksi. Variasi gaya mengajar
meliputi variasi suara, seperti pengunaan suara dari tinggi kerendah sesuai
pembelajaran kemudian pemusatan perhatian. Memusatkan perhatian pada
saat proses belajar berlangsung, melakukan kesenyapan seperti guru tiba-
tiba diam saat menjelaskan, mengadakan kontak mata seperti melihat
langsung ke siswa, melakukkan gerakan badan dan mimik seperti guru
menggerakkan tangan, kepala, bahu dan sebagainya. Perpindahan posisi
seperti guru menuju ke belakang siswa ke samping kanan dan kiri untuk
mengawasi siswa. Selanjutnya variasi pola interaksi guru melakukan
dialog dengan siswa-siswi secara keseluruhan kemudian secara individu
dan mengarahkan siswa untuk berdiskusi.
2. Kreativitas guru dalam mengadakan variasi belajar pada pembelajaran
tematik khususnya pada aspek variasi gaya mengajar dan variasi pola
interaksi. Guru cukup kreatif dalam pelaksanaan pembelajaran tematik
karena iya sering menemukan ide terkait mengenai variasi pembelajaran.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukankan implikasi secara
teoritis dan praktis sebagai berikut.
1. Implikasi teoritis
Penggunaan variasi mengajar yang tepat dapat mempengaruhi keaktifan
siswa. Siswa dengan minat belajar yang tinggi tentunya mempuanyai
prestasi belajar yang ebih baik dari pada siswa yang minat belajarnya
rendah.
2. Implikasi praktis
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru.
Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan
siswa merasa tidak bosan dengan memperhatikan variasi pembelajaran
yang tepat sehingga minat belajar siswa untuk belajar semakin baik.
Ketersediaan
STAR20220290290/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

290/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top