Peran Kompensasi Non Finansial Dalam Membangun Komunikasi Internal Di UPT SMKN 1 Bone
Mutia Nirwana/02.18.3108 - Personal Name
ngun Komunikasi Internal di UPT SMKN 1 Bone. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bentuk kompensasi non finansial, komunikasi internal dan
Kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun komunikasi internal di
UPT SMKN 1 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif (Qualitative
research) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini yang menjadi objek wawancara yaitu kepala sekolah, guru maupun staf
pada UPT SMKN 1 Bone sedangkan observasi dalam penelitian ini digunakan untuk
mengamati terkait kompensasi non finansial dan komunikasi internal di UPT SMKN
1 Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: bentuk kompensasi non
finansial di UPT SMKN 1 Bone terdiri dari pemberian jaminan sosial, promosi,
pelatihan/pendidikan
maupun
adanya
penghargaan
sebagai
motivasi
serta
memberikan semangat untuk saling bekerjasama dalam menciptakan hubungan yang
harmonis. Pengelolaan ruang kerja yang digunakan pegawai sudah cukup memadai
karena tersedianya fasilitas-fasilitas yang memberikan rasa nyaman serta membantu
dalam kelancaran pemberian informasi kepada seluruh pihak. Kedua: komunikasi
internal pada UPT SMKN 1 Bone melibatkan semua anggota organisasi yaitu antara
kepala sekolah, guru maupun staf. Seperti adanya pemberian instruksi baik secara
langsung maupun tidak langsung untuk memberikan pemahaman terkait informasi,
penawaran ide atau saran kepada kepala sekolah yang membuat guru maupun staf
merasa didengar dan dihargai, pengambilan keputusan dengan memberikan solusi,
serta menyampaikan keluhan untuk memberikan kenyamanan dalam lingkungan
internal. Komunikasi dengan rekan kerja dijalin dengan saling berkoordinasi dan
bekerja sama untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Ketiga:
kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun komunikasi internal
pada UPT SMKN 1 Bone yaitu kompensasi non finansial yang diberikan menjadi
motivasi untuk saling bekerja sama antara kepala sekolah, guru maupun staf.
Komunikasi yang terjalin tidak terlepas dari adanya kenyamanan maupun
ketentraman pada lingkungan karja maka adanya ruang kerja yang bersih serta
menyediakan fasilitas-fasilitas memadai mampu memberikan kenyamanan dan
membantu kelancaran pemberian informasi kepada seluruh pihak. Selain itu, guru
maupun staf merasa lebih dihargai dan memiliki rasa kekeluargaan dalam menjalin
hubungan yang harmonis sehingga menandakan komunikasi internal terbangun.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di UPT SMKN 1 Bone Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kompensasi non finansial di UPT SMKN 1 Bone terdiri dari berbagai
bentuk meliputi pemberian jaminan sosial, promosi, pelatihan/
pendidikan maupun adanya penghargaan sebagai motivasi serta
memberikan semangat terhadap tenaga pendidik maupun tenaga
kependidikan untuk saling bekerjasama dalam menciptakan hubungan
yang harmonis. Selain itu, pengelolaan ruang kerja yang digunakan
oleh pegawai sudah cukup memadai karena tersedianya fasilitas-
fasilitas yang memberikan rasa nyaman, membantu dalam kelancaran
pemberian informasi kepada seluruh pihak, adanya lingkungan yang
bersih dan rapi. Peran kompensasi non finansial bertujuan untuk
membuat guru maupun staf merasa lebih dihargai melalui pemberian
pujian dan memiliki rasa kekeluargaan antara satu sama lain dalam
rangka membangun komunikasi internal.
2. Komunikasi internal pada UPT SMKN 1 Bone melibatkan semua
anggota organisasi yaitu antara kepala sekolah, guru maupun staf
karena komunikasi merupakan kebutuhan bagi setiap individu untuk
saling berinteraksi satu sama lain dan menjalin keakraban. Seperti
adanya pemberian instruksi dan petunjuk baik secara langsung maupun
tidak langsung untuk memberikan pemahaman terkait informasi serta
sebagai acuan atau pedoman dalam melaksanakan pekerjaan untuk
mencapai tujuan dan menjadi teladan, penawaran ide ataupun saran
kepada kepala sekolah sehingga guru maupun staf merasa dihargai dan
didengar, membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputusan
dengan memberikan solusi, menyampaikan keluhan kepada atasan
71
untuk memberikan kenyamanan dalam lingkungan internal. Selain itu,
komunikasi antara rekan kerja dijalin dengan saling berkoordinasi
untuk berbagi informasi, saling bekerja sama serta memberikan
kemudahan dalam melakukan pekerjaan.
3. Kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun
komunikasi internal pada UPT SMKN 1 Bone yaitu kompensasi non
finansial yang diberikan menjadi motivasi untuk saling bekerja sama
antara kepala sekolah, guru maupun staf. Komunikasi yang terjalin
antara seluruh stakeholder tidak terlepas dari adanya kenyamanan
maupun ketentraman pada lingkungan kerja maka melalui ruang kerja
yang bersih serta menyediakan fasilitas-fasilitas memadai mampu
memberikan kenyamanan dan membantu kelancaran pemberian
informasi untuk saling berkoordinasi kepada seluruh pihak. Selain itu,
guru maupun staf merasa lebih dihargai dan memiliki rasa
kekeluargaan dalam menjalin hubungan yang harmonis sehingga
menandakan komunikasi internal terbangun.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan. Adapun implikasi yang
diharapkan penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah UPT SMKN 1 Bone, diharapkan untuk lebih
memaksimalkan pemberian kompensasi non finansial kepada tenaga
pendidik maupun tenaga kependidikan, agar komunikasi internal dapat
berjalan lebih harmonis dan guru maupun staf merasa puas terhadap
kompensasi yang diterima.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan
untuk saling bekerjasama dan senantiasa memberikan masukan kepada
kepala sekolah terkait kompensasi non finanasial yang belum terpenuhi
secara maksimal karena dengan adanya kerja sama dan masukan dari
semua pihak maka akan mempermudah dalam mencapai tujuan
sekolah.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi kepada semua pihak melalui pemberian kompensasi non
finansial yang diterima oleh guru maupun staf.
untuk mengetahui bentuk kompensasi non finansial, komunikasi internal dan
Kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun komunikasi internal di
UPT SMKN 1 Bone.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif (Qualitative
research) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini yang menjadi objek wawancara yaitu kepala sekolah, guru maupun staf
pada UPT SMKN 1 Bone sedangkan observasi dalam penelitian ini digunakan untuk
mengamati terkait kompensasi non finansial dan komunikasi internal di UPT SMKN
1 Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: bentuk kompensasi non
finansial di UPT SMKN 1 Bone terdiri dari pemberian jaminan sosial, promosi,
pelatihan/pendidikan
maupun
adanya
penghargaan
sebagai
motivasi
serta
memberikan semangat untuk saling bekerjasama dalam menciptakan hubungan yang
harmonis. Pengelolaan ruang kerja yang digunakan pegawai sudah cukup memadai
karena tersedianya fasilitas-fasilitas yang memberikan rasa nyaman serta membantu
dalam kelancaran pemberian informasi kepada seluruh pihak. Kedua: komunikasi
internal pada UPT SMKN 1 Bone melibatkan semua anggota organisasi yaitu antara
kepala sekolah, guru maupun staf. Seperti adanya pemberian instruksi baik secara
langsung maupun tidak langsung untuk memberikan pemahaman terkait informasi,
penawaran ide atau saran kepada kepala sekolah yang membuat guru maupun staf
merasa didengar dan dihargai, pengambilan keputusan dengan memberikan solusi,
serta menyampaikan keluhan untuk memberikan kenyamanan dalam lingkungan
internal. Komunikasi dengan rekan kerja dijalin dengan saling berkoordinasi dan
bekerja sama untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Ketiga:
kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun komunikasi internal
pada UPT SMKN 1 Bone yaitu kompensasi non finansial yang diberikan menjadi
motivasi untuk saling bekerja sama antara kepala sekolah, guru maupun staf.
Komunikasi yang terjalin tidak terlepas dari adanya kenyamanan maupun
ketentraman pada lingkungan karja maka adanya ruang kerja yang bersih serta
menyediakan fasilitas-fasilitas memadai mampu memberikan kenyamanan dan
membantu kelancaran pemberian informasi kepada seluruh pihak. Selain itu, guru
maupun staf merasa lebih dihargai dan memiliki rasa kekeluargaan dalam menjalin
hubungan yang harmonis sehingga menandakan komunikasi internal terbangun.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di UPT SMKN 1 Bone Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kompensasi non finansial di UPT SMKN 1 Bone terdiri dari berbagai
bentuk meliputi pemberian jaminan sosial, promosi, pelatihan/
pendidikan maupun adanya penghargaan sebagai motivasi serta
memberikan semangat terhadap tenaga pendidik maupun tenaga
kependidikan untuk saling bekerjasama dalam menciptakan hubungan
yang harmonis. Selain itu, pengelolaan ruang kerja yang digunakan
oleh pegawai sudah cukup memadai karena tersedianya fasilitas-
fasilitas yang memberikan rasa nyaman, membantu dalam kelancaran
pemberian informasi kepada seluruh pihak, adanya lingkungan yang
bersih dan rapi. Peran kompensasi non finansial bertujuan untuk
membuat guru maupun staf merasa lebih dihargai melalui pemberian
pujian dan memiliki rasa kekeluargaan antara satu sama lain dalam
rangka membangun komunikasi internal.
2. Komunikasi internal pada UPT SMKN 1 Bone melibatkan semua
anggota organisasi yaitu antara kepala sekolah, guru maupun staf
karena komunikasi merupakan kebutuhan bagi setiap individu untuk
saling berinteraksi satu sama lain dan menjalin keakraban. Seperti
adanya pemberian instruksi dan petunjuk baik secara langsung maupun
tidak langsung untuk memberikan pemahaman terkait informasi serta
sebagai acuan atau pedoman dalam melaksanakan pekerjaan untuk
mencapai tujuan dan menjadi teladan, penawaran ide ataupun saran
kepada kepala sekolah sehingga guru maupun staf merasa dihargai dan
didengar, membantu kepala sekolah dalam pengambilan keputusan
dengan memberikan solusi, menyampaikan keluhan kepada atasan
71
untuk memberikan kenyamanan dalam lingkungan internal. Selain itu,
komunikasi antara rekan kerja dijalin dengan saling berkoordinasi
untuk berbagi informasi, saling bekerja sama serta memberikan
kemudahan dalam melakukan pekerjaan.
3. Kontribusi peran kompensasi non finansial dalam membangun
komunikasi internal pada UPT SMKN 1 Bone yaitu kompensasi non
finansial yang diberikan menjadi motivasi untuk saling bekerja sama
antara kepala sekolah, guru maupun staf. Komunikasi yang terjalin
antara seluruh stakeholder tidak terlepas dari adanya kenyamanan
maupun ketentraman pada lingkungan kerja maka melalui ruang kerja
yang bersih serta menyediakan fasilitas-fasilitas memadai mampu
memberikan kenyamanan dan membantu kelancaran pemberian
informasi untuk saling berkoordinasi kepada seluruh pihak. Selain itu,
guru maupun staf merasa lebih dihargai dan memiliki rasa
kekeluargaan dalam menjalin hubungan yang harmonis sehingga
menandakan komunikasi internal terbangun.
B. Implikasi
Setelah peneliti menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi dari penelitian yang telah dilakukan. Adapun implikasi yang
diharapkan penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepala sekolah UPT SMKN 1 Bone, diharapkan untuk lebih
memaksimalkan pemberian kompensasi non finansial kepada tenaga
pendidik maupun tenaga kependidikan, agar komunikasi internal dapat
berjalan lebih harmonis dan guru maupun staf merasa puas terhadap
kompensasi yang diterima.
2. Diharapkan kepada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan
untuk saling bekerjasama dan senantiasa memberikan masukan kepada
kepala sekolah terkait kompensasi non finanasial yang belum terpenuhi
secara maksimal karena dengan adanya kerja sama dan masukan dari
semua pihak maka akan mempermudah dalam mencapai tujuan
sekolah.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan
kontribusi kepada semua pihak melalui pemberian kompensasi non
finansial yang diterima oleh guru maupun staf.
Ketersediaan
| 02.18.3108 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
10/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
