Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Tahun 2020-2021 Di Smk Negeri 4 Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bone, prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone dan pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau persentase dan korelasi product moment, serta melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Rata-rata jawaban responden adalah 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara 62-60. Sedangkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebboo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai prestasi belajar siswa. Rata-rata dari jawaban responden adalah 60,83. Angka 62-60 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara62-60. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar1,78726854868> Ttabel0,00083333333 sebesar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bbone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
2. Prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari pada responden diperoleh nilai sebesar 60,83. Angka 60,83 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) terhadap kompetensi profesional guru (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar0,020800964. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,32, kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar 1,78726854868 > Ttabel sebesar 0,00083333333. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki korelasi yang baik terhadap prestasi belajar siswa. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah khususnya kepala sekolah senantiasa mengembangkan pembinaan kompetensi profesional guru agar tenaga pendidik lebih produktif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru.












Ketersediaan
STAR2022005454/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

54/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top