Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Tahun 2020-2021 Di Smk Negeri 4 Bone
Harfiana/02.18.3009 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bone, prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone dan pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada tahun 2020-2021 di SMK Negeri 4 Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau persentase dan korelasi product moment, serta melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Rata-rata jawaban responden adalah 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara 62-60. Sedangkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebboo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai prestasi belajar siswa. Rata-rata dari jawaban responden adalah 60,83. Angka 62-60 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara62-60. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar1,78726854868> Ttabel0,00083333333 sebesar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bbone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
2. Prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari pada responden diperoleh nilai sebesar 60,83. Angka 60,83 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) terhadap kompetensi profesional guru (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar0,020800964. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,32, kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar 1,78726854868 > Ttabel sebesar 0,00083333333. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki korelasi yang baik terhadap prestasi belajar siswa. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah khususnya kepala sekolah senantiasa mengembangkan pembinaan kompetensi profesional guru agar tenaga pendidik lebih produktif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan manajemen, pendekatan sosiologis, dan pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode kuantitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang pengaruh perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus proporsi atau persentase dan korelasi product moment, serta melakukan pengujian independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Rata-rata jawaban responden adalah 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara 62-60. Sedangkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebboo Kab. Bone adalah baik. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban angket yang dibagikan kepada 30 responden mengenai prestasi belajar siswa. Rata-rata dari jawaban responden adalah 60,83. Angka 62-60 berada pada kategori baik yang terletak pada interval antara62-60. Berdasarkan hasil uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar1,78726854868> Ttabel0,00083333333 sebesar. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 4 Bbone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari para responden diperoleh nilai sebesar 61,03. Angka 61,03 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
2. Prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone dikatakan baik karena rata-rata tanggapan angket dari pada responden diperoleh nilai sebesar 60,83. Angka 60,83 berada pada kategori baik yaitu terletak pada interval antara 62-60.
3. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) terhadap kompetensi profesional guru (variabel Y) dengan kuat hubungan antara dua variabel sebesar0,020800964. Dari nilai Rxy yang diperoleh sebanyak 0,32, kemudian dari uji anava nilai Fhitung sebesar 125,0817723 > Ftabel sebesar4,0087289, serta uji Thitung sebesar 1,78726854868 > Ttabel sebesar 0,00083333333. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran kepada pihak sekolah di SMK Negeri 4 Bone Kec. Barebbo Kab. Bone. Adapun saran-saran yang penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki korelasi yang baik terhadap prestasi belajar siswa. Jadi untuk kedepannya diharapkan kepada pihak sekolah khususnya kepala sekolah senantiasa mengembangkan pembinaan kompetensi profesional guru agar tenaga pendidik lebih produktif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
2. Bagi penelitian selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian-penelitian selanjutnya, khususnya penelitian-penelitian yang berkaitan dengan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi profesional guru.
Ketersediaan
| STAR20220054 | 54/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
54/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
