Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas V Di MTs Al-Huffadz Tajong Kec. Tellu Siatingnge Kab. Bone
Nurtang/ 862322019064 - Personal Name
Tujuan dalam skripsi ini membahas tentang strategi guru akidah akhlak dalam
pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas V di MIS Al-Huffadzh Tajong
Kec.Tellu Siattinge Kab. Bone. Ada dua hal penting yang dikaji sekaligus menjadi
tujuan penelitian ini yakni Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak di MIS Al-
Huffaszh Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, dan yang kedua bentuk-bentuk
akhlakul karimah peserta didik di MIS Al-Huffadzh Tajong Kec. Tellu Siatingge
Kab. Bone.
Penelitian ini adalah pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis. Dengan
menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan dari berbagai sumber,
maka dapat disimpulkan upaya pembinaan ahklakul karimah di MIS Al-Huffadzh
Tajong sesuai Strategi yang dilakukan guru akidah ahklak dalam membina ahklakul
Karimah peserta didik kelas V ada empat diantaranya yaitu pembiasaan, contoh
tauladan, penyadaran dan pengawasan. Sedangkan bentuk-bentuk akhlakul karimah
peserta didik di MIS Al-Huffadzh Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, yaitu
sesuai yang terkandung dalam tata tertib yang berlaku di madrasah tersebut. Adapun
bentuk-bentuk akhlakul karimah yang ada dilingkup madrasah ini seperti sopan satun
dan jujur, disiplin.Implikasi peneltian diharapkan semua pihak madrasah agar
menjunjung tinggi akhlakul karimah dimanapun berada baik kepada Allah maupun
sesama ciptaan Allah swt.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Dalam pembelajaran akidah akhlak di MIS Al-Huffadzh Tajong
Strategi yang dilakukan guru akidah ahklak dalam pembelajaran
akidah akhlak peserta didik kelas V ada 4 diantaranya yaitu
pembiasaan, contoh tauladan, penyadaran dan pengawasan
2. Bentuk-bentuk akhlakul karimah peserta didik di MIS Al-Huffaszh
Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, yaitu sesuai yang terkandung
dalam tata tertib yang berlaku di madrasah ini. Adapun bentuk-bentuk
akhlakul karimah yang ada dilingkup madrasah ini seperti disiplin,
sopan satun dan jujur.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada kepala madrasah agar terus membantu guru Akidah Akhlak dan
guru-guru yang lain dalam pembinaan akhlakul karimah di
madrasahnya.
2. Kepada guru Akidah Akhlak untuk tetap membina, mengarahkan,
mengawasi peserta didiknya agar menjadi peserta didik yang
berakhlakul karimah, serta menjadi suri tauladan yang baik bagi peserta
didiknya.
3. Kepada guru-guru yang ada di MIS Al huffadzh Tajong hendak ikut
aktif dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didiknya
4.Kepada seluruh peserta didik di MIS Al huffadzh Tajong hendaknya
berperilaku sesuai dengan tata tertib yang berlaku di madrasahnya serta
menjadi manusia yang berakhlakul karimah dimanapun berada.
pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas V di MIS Al-Huffadzh Tajong
Kec.Tellu Siattinge Kab. Bone. Ada dua hal penting yang dikaji sekaligus menjadi
tujuan penelitian ini yakni Untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak di MIS Al-
Huffaszh Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, dan yang kedua bentuk-bentuk
akhlakul karimah peserta didik di MIS Al-Huffadzh Tajong Kec. Tellu Siatingge
Kab. Bone.
Penelitian ini adalah pendekatan paedagogik dan pendekatan psikologis. Dengan
menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan tiga tahap
yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan dari berbagai sumber,
maka dapat disimpulkan upaya pembinaan ahklakul karimah di MIS Al-Huffadzh
Tajong sesuai Strategi yang dilakukan guru akidah ahklak dalam membina ahklakul
Karimah peserta didik kelas V ada empat diantaranya yaitu pembiasaan, contoh
tauladan, penyadaran dan pengawasan. Sedangkan bentuk-bentuk akhlakul karimah
peserta didik di MIS Al-Huffadzh Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, yaitu
sesuai yang terkandung dalam tata tertib yang berlaku di madrasah tersebut. Adapun
bentuk-bentuk akhlakul karimah yang ada dilingkup madrasah ini seperti sopan satun
dan jujur, disiplin.Implikasi peneltian diharapkan semua pihak madrasah agar
menjunjung tinggi akhlakul karimah dimanapun berada baik kepada Allah maupun
sesama ciptaan Allah swt.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya, penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Dalam pembelajaran akidah akhlak di MIS Al-Huffadzh Tajong
Strategi yang dilakukan guru akidah ahklak dalam pembelajaran
akidah akhlak peserta didik kelas V ada 4 diantaranya yaitu
pembiasaan, contoh tauladan, penyadaran dan pengawasan
2. Bentuk-bentuk akhlakul karimah peserta didik di MIS Al-Huffaszh
Tajong Kec. Tellu Siatingge Kab. Bone, yaitu sesuai yang terkandung
dalam tata tertib yang berlaku di madrasah ini. Adapun bentuk-bentuk
akhlakul karimah yang ada dilingkup madrasah ini seperti disiplin,
sopan satun dan jujur.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi peneltian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis kepada:
1. Kepada kepala madrasah agar terus membantu guru Akidah Akhlak dan
guru-guru yang lain dalam pembinaan akhlakul karimah di
madrasahnya.
2. Kepada guru Akidah Akhlak untuk tetap membina, mengarahkan,
mengawasi peserta didiknya agar menjadi peserta didik yang
berakhlakul karimah, serta menjadi suri tauladan yang baik bagi peserta
didiknya.
3. Kepada guru-guru yang ada di MIS Al huffadzh Tajong hendak ikut
aktif dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didiknya
4.Kepada seluruh peserta didik di MIS Al huffadzh Tajong hendaknya
berperilaku sesuai dengan tata tertib yang berlaku di madrasahnya serta
menjadi manusia yang berakhlakul karimah dimanapun berada.
Ketersediaan
| 862322019064 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
246/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
