Peran Media Facebook sebagai Sarana Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Bone
Randi Purna Saputra/ 03.16.2083 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Peran Media Facebook sebagai Sarana
Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa
Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Bone. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran media sosial facebook sebagai sarana pomosi bisnis online
dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, untuk mengetahui peran media sosial
facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, mengidentifikasi kendala dan
menganalisis solusi dari kendala yang dihadapi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online
di media sosial facebook.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis peneliatian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Melakukan Pendekatan Sosiologis dan Pendekatan Komunikasi dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial facebook sebagai
sarana pomosi bisnis online dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yaitu media
sosial facebook sangat efektif dan dapat digunakan sebagai lahan berwirausaha
karena memiliki fitur-fitur yang membantu proses promosi bisnis online seperti
jangkauan pertemanan yang luas, grup dagang dan marketplace. Mahasiswa Program
Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone menerapkan jiwa-jiwa
kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha pada umumnya yaitu
memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga mempunyai jiwa inspirasi.
Namun kendala yang dialami oleh Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam IAIN Bone dalam promosi bisnis online yaitu kendala internal yang
berasal dari diri sendiri seperti susah mengatur kata-kata yang dapat menarik minat
konsumen, proses dalam mempromosikan produk kurang bagus, jaringan yang tidak
stabil, mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang
kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik sehingga
konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media sosial facebook.
Adapun kendala eksternal juga dialami oleh pebisnis online yaitu kendala yang
berasal dari luar seperti respon konsumen ataupun warga net. Dari kendala tersebut
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang
bergelut dibidang bisnis online mempunyai solusi agar produk yang dipromosikan
dapat laku terjual seperti memberikan promo yang menarik, memanfaatkan media
sosial lainnya dan juga menggunakan skill dalam berkomunikasi seperti meggunakan
ucapan yang sopan, mudah dimengerti dan sabar melayani konsumen. Dari solusi
tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal
yang sering dialami pebisnis online.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian pada bab hasil peneltian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
sebagai berikut:
1. Peran media facebook sebagai sarana bisnis online bagi Mahasiswa
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam meningkatkan jiwa
enterpreneurship yaitu facebook dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat
membatu mempromosikan produk atau barang dengan efektif dan dapat
memperluas jangkauan konsumen, sehingga dapat meningkatkan jiwa
enterpreneurship bagi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
dengan melakukan promosi bisnis online di media sosial facebook.
2. Peran media facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship yaitu
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
menerapkan jiwa-jiwa kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha
pada umumnya yaitu memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga
mempunyai jiwa inspirasi. Sebagaimana yang diterapkan di hasil penelitian,
bahwa Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
bertanggung jawab atas produk yang di promosikan di media facebook lalu
disiplin waktu dan juga mampu menginspirasi calon konsumen yang ada di
media facebook.
3. Dari kendala-kendala yang dihadapi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran
Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online di media sosial
facebook yaitu kendala internal yakni jaringan yang tidak stabil,
mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang
kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik
sehingga konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media
sosial facebook dan kendala eksternal yakni konsumen atau warga net yang ada
di media sosial facebook kendala tesebut pada umumnya dialami oleh semua
pengguna media sosial yang tersambung di jaringan internet atau yang
menggunakan data seluler, namun semua itu dapat diatasi dan tidak
mempengaruhi proses pemasaran produk-produk Mahasiswa Komunikasi dan
Penyiaran Islam IAIN Bone di media sosial facebook karena kendala tersebut
sudah menjadi resiko bagi pengusaha bisnis online khususnya di media sosial
facebook. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone mempunyai
solusi yang dapat mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal yang
sering dialami pada saat proses promosi bisnis online di media sosial facebook
antara lain yaitu menggunakan cara yang menarik dan komunikasi yang baik
dan sopan sebagai sarana menarik minat calon konsumen agar produk yang
dipromosikan dapat laku terjual dan solusi tersebut dapat digunakan untuk
mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada saat melakukan bisnis online di
media sosial facebook dan mampu meningkatkan jiwa enterpreneurship atau
kewirausahaan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam
melakukan bisnis online di media sosial facebook.
B. Implikasi
1. Diharapkan pada Mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam IAIN Bone agar
memanfaatkan media sosial sebagai ajang penghasilan dengan cara berbisnis
online.
2. Diharapkan bagi Mahasiswa khususnya Mahasiswa komunikasi dan penyiaran
Islam IAIN Bone untuk terus berkreasi dan mencari media sosial yang dapat
meningkatkan jiwa kewirausahaan agar dapat menambah pengetahuan maupun
dari sisi ekonomi melalui media sosial.
3. Diharapkan bagi pengusaha atau masyarakat pada umumnya yang belum
menggunakan media sosial facebook sebagai sarana promosi bisnis online
mungkin bisa memanfaatkan media sosial tersebut agar dapat menambah
konsumen dan bisa dijadikan sebagai lahan pekerjaan.
Promosi Bisnis dalam Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship bagi Mahasiswa
Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Bone. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui peran media sosial facebook sebagai sarana pomosi bisnis online
dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, untuk mengetahui peran media sosial
facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone, mengidentifikasi kendala dan
menganalisis solusi dari kendala yang dihadapi Mahasiswa Program Studi
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online
di media sosial facebook.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis peneliatian
kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Melakukan Pendekatan Sosiologis dan Pendekatan Komunikasi dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data,
penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media sosial facebook sebagai
sarana pomosi bisnis online dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship bagi
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yaitu media
sosial facebook sangat efektif dan dapat digunakan sebagai lahan berwirausaha
karena memiliki fitur-fitur yang membantu proses promosi bisnis online seperti
jangkauan pertemanan yang luas, grup dagang dan marketplace. Mahasiswa Program
Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone menerapkan jiwa-jiwa
kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha pada umumnya yaitu
memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga mempunyai jiwa inspirasi.
Namun kendala yang dialami oleh Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam IAIN Bone dalam promosi bisnis online yaitu kendala internal yang
berasal dari diri sendiri seperti susah mengatur kata-kata yang dapat menarik minat
konsumen, proses dalam mempromosikan produk kurang bagus, jaringan yang tidak
stabil, mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang
kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik sehingga
konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media sosial facebook.
Adapun kendala eksternal juga dialami oleh pebisnis online yaitu kendala yang
berasal dari luar seperti respon konsumen ataupun warga net. Dari kendala tersebut
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone yang
bergelut dibidang bisnis online mempunyai solusi agar produk yang dipromosikan
dapat laku terjual seperti memberikan promo yang menarik, memanfaatkan media
sosial lainnya dan juga menggunakan skill dalam berkomunikasi seperti meggunakan
ucapan yang sopan, mudah dimengerti dan sabar melayani konsumen. Dari solusi
tersebut bisa digunakan untuk mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal
yang sering dialami pebisnis online.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian pada bab hasil peneltian dan pembahasan maka
penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
sebagai berikut:
1. Peran media facebook sebagai sarana bisnis online bagi Mahasiswa
Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam meningkatkan jiwa
enterpreneurship yaitu facebook dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat
membatu mempromosikan produk atau barang dengan efektif dan dapat
memperluas jangkauan konsumen, sehingga dapat meningkatkan jiwa
enterpreneurship bagi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
dengan melakukan promosi bisnis online di media sosial facebook.
2. Peran media facebook dalam meningkatkan jiwa enterpreneurship yaitu
Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
menerapkan jiwa-jiwa kewirausahaan yang semestinya dimiliki oleh pengesaha
pada umumnya yaitu memliki jiwa tanggung jawab, tepat waktu dan juga
mempunyai jiwa inspirasi. Sebagaimana yang diterapkan di hasil penelitian,
bahwa Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone
bertanggung jawab atas produk yang di promosikan di media facebook lalu
disiplin waktu dan juga mampu menginspirasi calon konsumen yang ada di
media facebook.
3. Dari kendala-kendala yang dihadapi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran
Islam IAIN Bone dalam melakukan promosi bisnis online di media sosial
facebook yaitu kendala internal yakni jaringan yang tidak stabil,
mengkhawatikan produk tidak laku, cara menyikapi konsemen, bahasa yang
kurang komunikatif, dan tidak bisa mendesain gambar produk dengan baik
sehingga konsumen tidak tertarik pada produk yang dipromosikan di media
sosial facebook dan kendala eksternal yakni konsumen atau warga net yang ada
di media sosial facebook kendala tesebut pada umumnya dialami oleh semua
pengguna media sosial yang tersambung di jaringan internet atau yang
menggunakan data seluler, namun semua itu dapat diatasi dan tidak
mempengaruhi proses pemasaran produk-produk Mahasiswa Komunikasi dan
Penyiaran Islam IAIN Bone di media sosial facebook karena kendala tersebut
sudah menjadi resiko bagi pengusaha bisnis online khususnya di media sosial
facebook. Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone mempunyai
solusi yang dapat mengatasi kendala internal ataupun kendala eksternal yang
sering dialami pada saat proses promosi bisnis online di media sosial facebook
antara lain yaitu menggunakan cara yang menarik dan komunikasi yang baik
dan sopan sebagai sarana menarik minat calon konsumen agar produk yang
dipromosikan dapat laku terjual dan solusi tersebut dapat digunakan untuk
mengatasi kendala-kendala yang terjadi pada saat melakukan bisnis online di
media sosial facebook dan mampu meningkatkan jiwa enterpreneurship atau
kewirausahaan Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Bone dalam
melakukan bisnis online di media sosial facebook.
B. Implikasi
1. Diharapkan pada Mahasiswa komunikasi dan penyiaran Islam IAIN Bone agar
memanfaatkan media sosial sebagai ajang penghasilan dengan cara berbisnis
online.
2. Diharapkan bagi Mahasiswa khususnya Mahasiswa komunikasi dan penyiaran
Islam IAIN Bone untuk terus berkreasi dan mencari media sosial yang dapat
meningkatkan jiwa kewirausahaan agar dapat menambah pengetahuan maupun
dari sisi ekonomi melalui media sosial.
3. Diharapkan bagi pengusaha atau masyarakat pada umumnya yang belum
menggunakan media sosial facebook sebagai sarana promosi bisnis online
mungkin bisa memanfaatkan media sosial tersebut agar dapat menambah
konsumen dan bisa dijadikan sebagai lahan pekerjaan.
Ketersediaan
| SDKU20200025 | 25/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
25/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi DKU
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
